Manfaat

10 Manfaat Kurma Bagi Kesehatan Yang Masih Jarang Diketahui

Tak hanya menawarkan kelezatan terlebih saat berbuka puasa, buah kurma juga ternyata menyimpan berbagai khasiat bagi kesehatan. Bahkan sejumlah manfaatnya telah terbukti secara ilmiah lho. Lalu, apa saja manfaat kurma bagi kesehatan? sebaiknya Anda ketahui informasi selengkapnya dalam ulasan berikut.

Mengenal kurma dan kandungan nutrisi istimewa didalamnya

manfaat kurma

Siapa yang tak kenal dengan buah kurma. Buah dengan rasa manis legit dan berasal dari kawasan jazirah arab ini sangat dicari-cari terlebih saat bulan puasa tiba. Selain karena disunatkan berbuka dengan kurma oleh Nabi, hal tersebut juga dikarenakan buah ini dapat mengembalikan energi seharian setelah berpuasa.

Adapun kurma sendiri merupakan salah satu jenis buah yang dapat tumbuh kapan saja sepanjang tahun. Hanya saja, buah ini sering kali dipanen pada musim gugur atau awal musim dingin di negara asalnya. Alasannya lantaran di musim dingin, buah ini berada dalam kondisi paling segar.

Kurma yang juga disebut sebagai buah Nabi ini tak hanya lezat, namun juga diketahui kaya akan berbagai nutrisi penting untuk tubuh. Umumnya, kandungan kurma terdiri dari pada karbohidrat sederhana, terlebih gula seperti halnya sukrosa dan fruktosa. Adapun dalam 100 gr buah kurma diketahui mengandung nutrsrisi sebagai berikut.

  • Kalori 277 kal
  • Karbohidrat 75 gr
  • Serat 7 gr
  • rotein 2 gr
  • Kalium 20%
  • Magnesium 14% AKG
  • Tembaga 18% AKG
  • Mangan 15% AKG
  • Besi 5% AKG
  • Vitamin B5 12% AKG

Selain dari pada itu, kurma juga diketahui kaya akan asupan lainnya seperti zat besi, asam folat, vitamin K, serta berbagai jenis antioksidan seperti karoten, fenolik, flavonoid serta anthocyanin. Kandungan nutrisi dalam kurma juga bisa bervariasi, tergantung tingkat kematangannya. Seperti, kurma segar diketahui mengandung kalori dan gula yang lebih sedikit dibanding kurma kering.

Khasiat dan manfaat kurma bagi kesehatan

Sejatinya, kurma terdiri dari banyak jenis. Bahkan mungkin terdiri dari ribuah varietas di dunia ini. Adapun beberapa jenis kurma yang terkenal di dunia diantaranya seperti kurma barhi, deglet noor, halawy, khadrawy, ajwa, tunisia, medjool, thoory dan zahidi. Dan secara umum, berikut berbagai manfaat yang dimiliki oleh kurma untuk kesehatan.

1. Membantu melancarkan pencernaan

Kurma merupakan salah satu sumber serat yang baik bagi tubuh. Bagaimana tidak, dalam 3,5 ons kurma diketahui terkandung 7 gr serat. sSerat sendiri baik untuk membantu melancarkan oencernaan dan mencegah sembelit. Menurut suatu studi, orang yang mengonsumsi kurma setiap hari sebanyak 7 buah maka ia akan buang air besar secara teratur dibanding dengan sebelum mengonsumsi kurma.

2. Mengontrol gula darah

Kandungan fruktosa yang terkandung dalam kurma disebut-sebut sebagai pemanis alami yang baik bagi tubuh. Bahkan, kandungan gula dan serat yang cukup tinggi dalam kurma dipercaya sebagai komposisi tepat untuk mengontrol gula darah. Serat juga diduga mampu mencegah terjadinya lonjakan pada gula darah yang terlalu tinggi setelah makan. Kehadiran serat dalam kurma memiliki indeks glikemik rendah yang baik dikonsumsi oleh penderita diabetes.

3. Menjaga kesehatan otak

Dalam sebuah penelitian menyebutkan, bahwasannya kurma mampu mengurangi inflamasi di otak hingga mengurangi resiko penyakit neurodegeneratif seperti alzheimer. Bahkan studi lain pada hewan menemukan, bahwasannya kurma mampu mengurangi protein beta amiloid yang mana dapat membentuk plak di otak. Kondisi tersebut mampu menyebabkan kematian sel.

Selain itu, kurma juga diyakini mampu meningkatkan daya ingat dan kemampuan belajar secara signifikan, hingga dapat mengurangi gejala kecemasan.

4. Membantu melancarkan proses persalinan

Studi menunjukkan, bahwasannya ibu hamil yang rutin mengonsumsi kurma, dapat membantu meringankan proses persalinan secara normal dengan waktu empat jam lebih sedikit dibanding ibu hamil yang tidak mengonsumsi kurma. Hal tersebut lantaran kandungan senyawa yang mengikat resiptor oksitosin dalam kurma disinyalir dapat memicu kontraksi saat melahirkan.

Kurma juga diketahui mengandung tanin, dimana senyawa tersebut juga dapat membantu terjadinya kontraksi alami. Maka dari itu, ada baiknya para ibu hamil untuk mengonsumsi kurma di minggu-minggu terakhir kehamilan, sehingga dapat menurunkan resiko persalinan dengan induksi.

5. Menjaga kesehatan tulang

Sejumlah kandungan mineral didalam kurma disinyalir menjadi alasan mengapa buah ini juga baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan tulang. Sehingga Anda dapat terhindardari penyakit tulang, seperti osteoporosis. Berbagai mineral tersebut diantaranya meliputi fosfor, kalsium dan juga magnesium.

6. Membantu mengatasi disfungsi seksual

Manfaat kurma lainnya yang perlu Anda ketahui ialah khasiatnya yang baik untuk kesehatan seksual. Bahkan sejumlah penelitian menyebutkan, bahwasannya kurma diyakini mampu meringankan masalah disfungsi seksual. Dikutip secara langsung dari Organic Facts, kadar estradiol dan flavonoid yang terkandung dalam kurma mampu meningkatkan jumlah serta kualitas sperma pada pria.

Sedangkan menurut suatu studi di India, kurma dapat digunakan untuk meningkatkan kesuburan pada pria. Sifat afrodisiak dalam kurma juga diketahui mampu meningkatkan gairah seksual.

7. Mencegah kanker

Didalam kurma juga diketahui terkandung sejumlah antioksidan yang mana mampu mencegah sejumlah penyakit kronis. Hal tersebut karena senyawa ini mampu melindungi sel-sel tubuh terhadap ancaman radila bebas yang tak lain merupakan penyebab peradangan serta keruksakan organ.

Adapun antioksidan yang terdapat dalam kurma diantaranya seperti flavonoid, yang mana memiliki manfaat mampu mengurangi resiko diabetes, alzheimer hingga kanker. Selain itu, ada juga karotenoid yang mana mampu menjaga kesehatan jantung dan mata. Jenis kandungan antioksidan asam fenolik yang terdapat dalam kurrma juga diduga mampu mencegah inflamasi hingga berbagai jenis kanker.

Nah itulah berbagi manfaat buah kurma dengan segera kandungan nutrisi terbaik didalamnya yang baik bagi kesehatan. Selain itu, buah kurma juga dipercaya baik untuk mencegah anemia dan baik untuk ibu menyusui. Untuk bisa mendapatkan berbagai manfaat buah kurma diatas, Anda bisa mengonsumi buah ini secara langsung, bisa juga dicampur dengan susu, mafu, jahe, lemon timun atau bahan lainnya sesuai selera dan kebutuhan. Semoga bermanfaat.

Artikel Lainnya

Back to top button
Close
Close