Video Kesehatan

2 WNI Positif Corona, Kenali Kontak Langsung yang Beresiko Menularan Virus Corona

Kontak Langsung yang Beresiko Menularan Virus Corona – Belum lama ini virus corona COVID-19 dikabar telah masuk ke Indonesia, dan menginfeksi dua WNI di Depok. Presiden Joko Widodo sendiri yang mengumumkan hal ini yang tepatnya pada Senin (2/3/2020). Diumumkannya bahwa dua warga depok, jawa barat resmi positif terinfeksi virus corona Covid-19.

Adanya 2 WNI yang postif ini ternyata terinfeksi virus corona Wuhan atau SARS-CoV-2 melalui close contact atau telah melakukan kontak langsung dengan warga negara jepang yang ternyata positif Covid-19. Namun apakah yang dimaksud dengan kontak langsung ? Kontak seperti apa yang dapat menyebabkan adanya penularan virus corona ? Simak penjelasannya berikut ini :

Kontak Langsung yang Beresiko Menularan Virus Corona

Hal pertama yang harus kita ingat bahwa untuk penularan dari virus corona ini tidak akan terjadi bila hanya dengan sekali kontak dengan orang positif terinfeksi. Seperti yang dilansir dari salah satu laman kompas.com. bahwa penularan virus corona ini membutuhkan kontak langsung yang erat, dekat serta dalam jangka waktu yang cukup lama serta intens sekali dengan pasien yang positif. Dan inilah yang disebut dengan kontak langsung.

Baca Juga : Gejala Virus Corona Mirip Dengan Flu Biasa? Ini Cara Membedakannya

CDC atau Pusat Pengendalian dan Pencegaah Penyakit Amerika Serikat juga telah mengdeteksi kontak langsung bila berada dalam jarak dua meter dari seseorang yang dinyatakan terinfeksi Covid-19 dalam jangka waktu yang lama. Kontak langsung ini juga bisa terjadi apabila Anda merawat, hidup bersama serta mengunjungi atau berada dalam ruang tunggu atau kamar yang sama dengan pasien positif virus corona.

Namun perlu diingat bahwa kontak langsung juga dapat terjadi tanpa melalui kriteria yang disebutkan sebelumnya. Hal ini mungkin terjadi juga apabila seseorang terpapar droplet atau sebuah percikan dari pasien postif yang sedang batuk ataupun bersin. Bila Anda mengalami kondisi kondisi diatas dan tanpa menggunakan alat pelindung, maka tentunya ada resiko bila Anda akan tertular virus corona.

Akan tetapi ada langkah yang bisa kita lakukan sebagai upaya pencegahan penularan virus. Dan berikut ini diantaranya :

  • Rajin mencuci tangan dengan sabun
  • Pakailah masker apabila sedang batuk dan bersin
  • Konsumsi gizi seimbang dan juga memperbanyak makan sayur dan buah
  • Lebih berhati hati apabila kontak langsung dengan hewan
  • Beristirahat cukup dan melakukan olahraga secara rutin
  • Jangan mengkonsumsi daging yang belum dimasak
  • Apabila batuk dan juga pilek yang disertai dengan sesak napas, maka segera ke fasilitas kesehatan

Artikel Lainnya

Back to top button
Close
Close