KesehatanPilihan Editor

3 Penyebab Serangan Jantung Pemicu Meninggalnya Ashraf Sinclair

Ashraf sinclair

Kabar duka kembali menyelimuti ranah hiburan Indonesia. Pasalnya, Ashraf Sinclair atau suami dari Bunga Citra Lestari (BCL) dikabarkan meninggal dunia pagi ini, selasa (18/02/2020) pada usia 40 tahun akibat terkena serangan jantung. Dari informasi yang telah berhasil kami himpun, pria yang memiliki nama lengkap Ashraf Daniel Mohammed Sinclair ini menghembuskan napas terakhirnya pada pukul 04.51 WIB, di Rumah Sakit MMC Kuningan, Jakarta Selatan.

Kabar ini tentunya sangat mengejutkan publik. Selain terkenal masih muda di usia medis, semasa hidupnya ashraf juga dikenal sebagai orang yang memiliki gaya hidup sehat. Bahkan Ayah dari Noah Aidan Sinclair ini diketahui sangat gemar berolahraga di pusat Kebugaran. Lantas sebenarnya apa faktor resiko dan penyebab serangan jantung yang jadi pemicu meninggalnya suami BCL ini? selengkapnya simak dalam ulasan berikut.

Mengenal berbagai penyebab serangan jantung dan faktor resikonya

penyebab serangan jantung

Serangan jantung atau sindrom koroner akut merupakan salah satu gangguan jantung yang cukup serius. Kondisi ini terjadi ketika otot jantung tidak mendapatkan aliran darah. Dan pada akhirnya, kondisi ini akan mengganggu fungsi jantung dalam mengalirkan darah ke seluruh tubuh.

Dalam beberapa dekade, kondisi yang dalam istilah kedokteran disebut dengan infark miokard ini, umumnya menyerang orang lanjut usia. Sehingga pria diatas 50 tahun dan wanita diatas 65 tahun sangat rentan alami masalah kesehatan ini.

Hanya saja untuk sekarang umur tidak bisa menjadi patokan. Karena berdasarkan sebuah riset yang terbit pada april 2019 menunjukkan, bahwasannya tingkat serangan jantung untuk orang yang berusia dibawah 40 tahun kini kian meningkat. Dan diketahui bahwa gangguan kesehatan ini sering kali terjadi secara tiba-tiba dan tanpa gejala (asimtomatik).

Baca juga: Ashraf Sinclair Meninggal Karena Serangan Jantung, Kenali Gejalanya!

Penyebab serangan jantung

Berikut adalah berbagai pemicu yang dapat menyebabkan terjadinya serangan jantung.

1. Penyakit jantung korener

Gangguan kesehatan ini merupakan penyebab utama dari serangan jantung. Penyakit jantung koroner sendiri merupakan kondisi dimana satu atau lebih pembuluh darah yang memberi pasokan darah ke jantung (pembuluh darah koroner) mengalami penyumbatan akibat tumpukan plak kolesterol (aterosklerosis) maupun gumpalan darah.

2. Penyalahgunaan NAPZA

Penyalahgunaan narkoba atau NAPZA adalah suau pola perilaku dimana seseorang menggunakan obat-obatan golongan narkotika, psikotoprika maupun zat aditif yang tidak sesuai dengan fungsinya. Hal ini juga mampu menyebabkan terjadinya penyempitan pada pembuluh darah koroner hingga memicu terjadinya serangan jantung.

3. Mengalami hipoksia

Penyebab serangan jantung lainnya dapatterjadi karena sesorang mengalami hipoksia atau kondisi dimana kadar oksigen dalam darah menurun. Kondisi tersebut bis terjadi karena keracunan karbonmonoksida maupun keruksakan paru-paru. Dan sebagai akibatnya, otot jantung mengalami kekurangan oksigen dan terjadilah serangan jantung.

Faktor resiko

Terdapat berbagai faktor resiko yang menimbulkan penimbunan lemak juga peyempitan pembuluh darah (aterosklerosis) pada penyakit jantung koroner yang tak lain merupakan pemicu utama terjadinya serangan jantung. Beberapa faktor resiko tersebut diantaranya seperti:

  • Orang yang telah lanjut usia (pria berumur 45 tahun ke atas dan wanita 55 tahun ketas).
  • Memiliki pola hidup tidak sehat. Seperti jarang berolahraga, merokok.
  • Menderita penykit kronis. Seperti hipertesi, diabetes, kolesterol tinggi, trigliserida tinggi.
  • Mengalami obesitas.
  • Sering mengalami stres.
  • Memiliki riwayat keluarga dengan riwayat pernah mengalami serangan jantung.

Selain dari pada itu, resiko terjadinya serangan jantung juga diketahui lebih tinggi pada penderita penyakit autoimun seperti lupus serta rentan menyerang wanita hamil yang mengalami preeklamsia. Bahkan sering melakukan olahraga berat juga diketahui mampu memicu serangan jantung. Untuk itu, jaga kesehatan dan tetap terapkan pola hidup sehat agar kita semua bisa terhindar dari penyakit yang satu ini.

Momen Ashraf Sinclair dan Bunga Citra Lestari (BCL)

Menurut Informasi yang beredar, Jenazah Ashraf Sinclair akan di kebumikan sore ini di pemakaman San Diego Hills di Karawang Jawa Barat, setelah sebelumnya jenazah disemayamkan di rumah duka di Kawasan Jakarta Selatan, Selasa (18/02/2020).

Di akhir kata, kami dari segenap tim Herbal TV turut berbela sungkawa yang sedalam-dalam. Mudah-mudahan semua amal ibadah almarhum diterima oleh Alloh SWT dan husnul khatimah serta keluarga yang di tinggalkan diberi ketabahan.

Artikel Lainnya

Back to top button
Close
Close