Parenting

4 Tips Yang Perlu Dilakukan Agar Program Hamil Sukses

Tak sedikit dari pada pasangan yang baru saja menikah, berharap ingin segera dikaruniai momongan. Sehingga tak jarang, mereka langsung merencanakan untuk melakukan program hamil dan mengupayakan segala cara agar hal tersebut bisa berhasil. Nah, apabila program kehamilan yang dilakukan ingin sukes, sebaiknya Anda menyimak beberapa tips dari tim Herbal Tv berikut ini.

program hamil

Pada dasarnya, waktu dan peluang hamil pada setiap pasangan akan berbeda-beda. Meski begitu, kehamilan bisa di upayakan secara dini dengan banyak cara. Misal dengan menyiapkan program kehamilan yang tepat. Dan program kehamilan tak sepenuhnya menjadi tanggung jawab istri lho. Karena dalam hal ini, baik istri maupun suami memiliki peran masing-masing. Bahkan, kondisi kesehatan serta kesiapan pria menjadi salah satu faktor penentu berhasil atau tidaknya program kehamilan yang dilakukan.

Tips yang perlu dilakukan agar program hamil sukses

Kehamilan dapat terjadi lantaran adanya proses pembuahan pada rahim wanita. Setidaknya, terdapat berbagai faktor yang sering kali disebut-sebut mampu membantu meningkatkan peluang terjadinya kehamilan. Dan agar tingkat keberhasilan program hamil bertambah, Ada beberapa hal yang perlu Anda dan pasangan lakukan seperti berikut.

1. Tidak membatasi waktu seks

Pada saat wanita memasuki masa subur, itu merupakan waktu yang baik untuk melakukan hubungan intim. Karena dalam rentan waktu tersebut, kemungkinan proses pembuahan yang terjadi berhasil. Sehingga, peluang untuk wanita hamil menjadi lebih tinggi. Hanya saja, apabila Anda kini tengah mejalani program kehamilan, maka sebaiknya Anda dan pasangan tidak melakukan hubungan intim pada masa subur saja.

Hal ini bertujuan agar peluang kehamilan terjadi lebih cepat. Untuk itu, sebaiknya Anda hindari membatasi waktu seks. Meski terlalu banyak atau sering melakukan hubungan bisa memberikan efek samping, namun terlalu jarang juga bisa menurunkan potensi terjadinya kehamilan. Selain dari pada itu, sering melakukan hubungan suami istri juga diketahui dapat membantu pria untuk memproduksi sperma yang lebih aktif dan sehat.

2. Mengonsumsi makanan sehat

Selain wanita, tingkat kesuburan sperma pria juga dianggap mempengaruhi peluang pasangan untuk segera mendapatkan momongan. Adapun untuk pria, dianjurkan untuk mengonsumsi jenis makanan untuk program hamil guna meningkatkan kesuburan. Diantaranya seperti sayuran hijau yang kaya akan vitamin dan mineral, alpukat, wortel serta tauge.

Adapun untuk wanita yang sedang menjalani program kehamilan, dianjurkan untuk mengonsumsi ikan. Hal tersebut dikarenakan ikan sendiri dipercaya mampu mengoptimalkan kinerja reproduksi. Namun ikan yang dimaksud disini adalah ikan yang mengandung zat baik omega-3. Diantaranya seperti salmon, sarden, tuna dan ikan lele. Meski memiliki banyak manfaat yang baik, namun Anda tetap perlu membatasinya agar terhindar dari hal yang tidak diinginkan.

3. Terapkan pola hidup sehat

Pola hidup yang dijalani juga diketahui mampu mempengaruhi peluang sang istri agar cepat hamil. Maka dari itu, agar program hamil yang kini tengah Anda jalani menuai kesuksesan, maka pastikan Anda bersama pasangan mulai menjalani pola hidup sehat. Diantaranya seperti menghentikan kebiasaan konsumsi minuman beralkohol, berhenti merokok juga hindari stres. Kelelahan fisik secara danemosional juga diketahui mampu menurunkan peluang kehamilan.

4. Jangan lewatkan untuk berolahraga

Rutin berolahraga bersama pasangan juga ternyata dapat meningkatkan peluang kehamilan lho. Karena tak hanya membuat tubuh menjadi bugar, aktivitas fisik juga bantu tingkatkan kesuburan khususnya pada pria. Dengan rutin berolahraga juga diketahui mampu menjaga berat badan wanita menjadi lebih terkontrol. Karena menjaga berat badan merupakan satu hal yang perlu dilakukan saat wanita ingin segera hamil.

5. Istirahat yang cukup

Apabila pasangan memiliki waktu tidur yang cukup, maka tingkat kesuburan keduanyapun akan menjadi lebih baik. Sebaiknya Anda hindari kebiasaan kurang tidur, apabila kini Anda juga pasangan tengah merencanakan kehamilan dalam waktu dekat. Pria idealnya membutuhkan tidur 7-8 dalam setiap malam. Kurang tidur juga bisa berdampak pada kesuburan. Diantaranya mampu memicu terjadinya penurunan performa saat behubungan intim dan kualitas sperma.

6. Konsumsi vitamin

Sejatinya, ada beberapa jenis vitamin atau suplemen yang diketahui mampu tingatkan kesuburan. Diantaranya seperti vitamin B, C, D, E, selenium, zinc, zat besi, koenzim Q10 serta suplemen folat. Selain itu untuk membantu mensukseskan program kehamilan yang tengah dilakukan, Anda juga bisa mengonsumsi suplemen asam folat 400 mcp setiap hari selama Anda menjalani program kehamilan.

Nah itulah berbagai tips yang perlu Anda lakukan saat melakukan program hamil. Selain itu, masih terdapat tips lainnya yang dapat menunjang suksesnya program kehamilan Anda. Diantaranya ialah tidak memakai pelumas saat akan berhubungan suami istri dan tidak dianjurkan memakai celana dalam ketat bagi pria. Adapun apabi la beberapa tips diatas tidak membuahkan hasil, maka Anda bisa langsung berkonsultasi dengan dokter kandungan. Semoga apa yang telah kami sampaikan pada kesempatan kali ini bermanfaat.

Artikel Lainnya

Back to top button
Close
Close