Parenting

5 Cara Alami Mengatasi Diabetes Yang Mudah Dilakukan Sehari-hari

Pada dasarnya, diabetes memang bukan penyakit yang dapat disembuhkan secara total. Hanya saja itu bukan berarti Anda harus berputus asa. Anda tetap bisa menikmati hari dengan penuh sukacita bersama keluarga dan orang-orang yang Anda sayangi. Karena kunci hidup dari pada diabetes hanya satu, yakni mengontrol kadar gula darah Anda tetap normal. Dan berikut kami informasikan berbagai cara alami mengatasi diabetes yang dapat mudah Anda lakukan sehari-hari, hanya dalam ulasan berikut.

cara alami mengatasi diabetes

Penyakit diabetes merupakan salah satu masalah kesehatan yang mungkin sering Anda dengar. Tak hanya diderita oleh usia lanjut, penyakit ini juga kini tak jarang dialami oleh anak muda. Menurut International Diabetes Federation (IDF) Atlas pada tahun 2017 melaporkan, bahwasannya epidemi diabetes di Indonesia kian meningkat. Bahkan Indonesia diketahui menduduki peringkat ke-6 dengan jumlah penyandang diabetes usia 20-79 tahun sebanyak sekitar 10,3 juta orang.

Diabetes sendiri diketahui sebagai penyakit kronis dan tidak dapat di sembuhkan. Meski begitu, itu bukan akhir dari segalanya bagi Anda yang kini telah divonis menderita penyakit ini. Karena penderita diabetes tetap bisa hidup secara normal dengan syarat, mereka tetap bisa menjaga kadar gula darah normal.

Cara alami mengatasi diabetes yang mudah dilakukan sehari-hari

Berikut adalah beberapa tips sekaligus cara alami mengatasi diabetes yang berguna untuk mengontrol gula darah Anda tetap normal selain mengonsumsi insulin dan obat diabetes yang dianjurkan dokter.

1. Mengonsumsi makanan sehat dan bergizi

Sejatinya, makanan yang dikonsumsi oleh penderita diabetes hampir sama dengan makanan yang dikonsumsi orang sehat pada umumnya. Hanya saja, lebih diatur dari mereka. Pola makannya juga lebih teratur dan tentunya lebih sehat setiap harinya. Adapun makanan sehat yang baik bagi penderita diabetes adalah makanan bergizi, rendah lemak, sehingga gula darah tetap terkontrol. Adapun berbagai jenis makanan tersebut diantaranya ialah:

  • Biji-bijian utuh lantaran mengandung karbohidrat kompleks didalamnya. Diantaranya seperti nasi merah, gandum utuh, kentang panggang, oatmeal dan lainnya.
  • Pemanis rendah kalori dan mengandung kromium sebagai pengganti gula sekaligus untuk meningkatkan fungsi insulin didalam tubuh.
  • Daging tanpa lemak yang dimasak dengan cra dikukus, direbus
  • Sayuran hijau seperti bayam dan brokoli yang dimasak dengan cara direbus, dikukus, dipanggang atau dikonsumsi mentah.
  • Buah-buahan segar, terutama buah beri dan buah citrus. Apabila diolah menjadi jus sebaiknya tidak ditambah gula.
  • Kacang-kacangan. termasuk olahan kacan kedelai seperti tahu yang dikukus, dimasak sup dan ditumis.
  • Popcorn tawar.
  • Produk olahan susu yang rendah lemak.
  • Ikan yang mengandung asam lemak essenial. Diantaranya seperti ikan tuna, salmon, makarel dan sarden.

Apabila Anda saat ini tengah atau tidak menggunakan insulin, maka sebagaiknya makan dengan jumlah sama pada waktu yang bersamaan pula setiap harinya. Selain itu, jangan lewatkan waktu makan Anda.

2. Berolaharga secara teratur

Tak hanya menyehatkan tubuh, bagi penderita diabetes olahraga sangat bermanfaat untuk menurunkan berat badan, memaksimalkan kerja insulin untuk menurunkan kadar gula darah, membantu paru dan jantung bekerja lebih baik, serta menambah energi untuk Anda. Sehingga cara alami ini tak heran disebut-sebut mampu mengatasi iabetes Anda.

Adapun oahraga yang disarankan adalah berjalan, berenang, bersepeda didekat rumah, rajin membersihkan rumah atau mulai hobi berkebun agar tubuh tetap aktif bergerak. Cobalah berolahraga secara teratur, minimal tiga kali dalam seminggu selama 30 hingga 45 menit. Sebaiknya berolahraga setelah makan dan tidak berolahraga apabila kadar gula darah Anda kurang dari 70. Selain itu, hindari juga berolahraga sebelum tidur, karena dapat memicu turunnya kadar gula darah pada malam hari.

3. Melakukan tes gula darah setiap hari

Pemantauan gula darah secara rutin merupakan cara alami mengatasi diabetes yang tak kalah penting untuk mengetahui kadar glukosa darah Anda saat itu juga. Sehingga Anda sebaiknya memiliki alat untuk memeriksa kadar gula darah atau glukometer di rumah. Adapun untuk petunjuk cara pemakaiannya adalah sebagai berikut:

  • Masukkan test strip ke alat ukur gula darah setelah sebelumnya Anda mencuci tangan.
  • Tusuk ujung jari Anda dengan jarum yang telah disediakan untuk mengeluarkan darah.
  • Remas atau pijat ujung jari hingga darah ke luar (ukuran sampel darah yang diperlukan berbeda-beda tergantung alat ukurnya).
  • Pegang serta tahan ujung test strip sampai darah menetes tes strip, kemudian tunggu hasilnya.
  • Kadar glukosa darah akan muncul dilayar alat ukur.

Kadar gula darah sendiri pada umumnya sering mengalami perubahan, terlebih sebelum dan setelah makan. Untuk kadar gula darah normal sebelum makan adalah 70-130 mg/dl,L, sedangkan setelah delapan jam berpuasa seharusnya kurang dari 100 mg/dL. Sedangkan, kadar gula darah setelah dua jam makan seharusnya kurang dari 180 md/dL dan menjelang tidur berkisar 140 mg/dL. Tingkat kadar gula sendiri menggambarkan kondisi kesehatan Anda. Dan adapaun kadar gula darah tinggi bisa dianggap sebagai pertanda tubuh sedang tidak sehat.

4. Lakukan diet kategonik

Cara alami mengatasi diabetes selanjutnya adalah dengan diet kategonik. Diet ini merupakan diet yang yang tinggi lemak dan protein namun rendah karbohidrat. Sehingga tubuh akan membakar lemak dan menggunakan hasilnya, yang tak lain badan keton menjadi sumber energi.

Adapun untuk proses peralihan sumber energi dari glukosa mnejadi keton, rata-rata terjadi dalam rentan waktu 2-4 hari, setelah Anda melakukan diet rendah karbohidrat ini. Adapun pada diet ini sendiri, asupan karbohidrat yang boleh Anda konsumsi dibatasi hanya 30 gr perharinya.

5. Lakukan diet puasa (intermittent fasting)

Pada dasarnya, cara mengobati diabetes secara alami ini terbagi ke dalam beberapa metode yang bisa dilakukan. Salahsatunya seperti membagai 16 jam waktu berpuasa serta 8 jam untuk mengonsumsi makanan. Misal, Anda diperbolehkan makan dari jam 1 siang hingga jam 9 malam. Nah kemudian setelah itu dialanjutkan dengan berpuasa hingga 16 jam kedepan.

6. Kurangi stres

Sebaiknya Anda segera temukan cara untuk mengurangi aktivitas yang tidak membuat stres dan menikmati ketenangan. Karena hal ini juga merupakan salah satu cara mengatasi diabetes agar gula darah tidak melonjak tinggi. Ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi stres. Diantaranya seperti:

  • Menjadwalkan hari libur rutin serta memanfaatkan waktu cuti guna melakukan hal yang menyenangkan.
  • Mencari akar masalah yang dihadapi, dan segera temukian jalan keluarnya.
  • Sebaiknya prioritaskan waktu bersama keluarga ataupun orang yang Anda sayangi.

7. Istirahat yang cukup

Tidur yang cukup dan berkualitas tinggi juga turut menjadi salah satu cara mengatasi penyakit diabetes secara alami. Adapun tidur yang berkualitas sendiri yakni tidur selama 8-9 jam setiap malamnya. Hal tersebut sendiri diketahui mampu mengurangi peradangan sel juga mampu meningkatkan pensinyalan terhadap gula darah.

Adapaun jika Anda ingin memiliki tidur yang berkualitas, Anda bisa mengganti lampu tidur dengan warna yang hangat seperti orange dan merah. Dan yang terpenting jauhkan alat elektronik seperti handphone saat Anda hendak tidur.

Nah itulah berbagai cara alami mengatasi diabetes yang mudah dilakukan setiap hari. Pastikan juga Anda selalu kontrol kesehatan Anda dalam jangka waktu tertentu ke pusat kesehatan terdekat. Semoga bermanfaat dan salam sehat!

Artikel Lainnya

Back to top button
Close
Close