Parenting

5 Cara Efektif Untuk Mengatasi Bayi Rewel Karena Tumbuh Gigi

Si kecil kini rewel karena sedang tumbuh gigi? Bunda jangan terlalu khawatir, karna itu merupakan hal yang lumrah. Karena memang pada saat tumbuh gigi, bayi biasanya akan lebih sering menangis hingga mengalami demam. Hal tersebut kemungkinan disebabkan rasa gatal pada gusinya. Agar si kecil tidak rewel lagi, bunda bisa melakukan beberapa tips dan cara mengatasi bayi rewel karena tumbuh gigi berikut ini.

Kapan gigi bayi mulai tumbuh?

c ara efektif untuk mengatasi bayi rewel karena tumbuh gigi

Pada dasarnya, pertumbuhan gigi bayi (theeting) merupkan fase normal yang terjadi pada setiap bayi. Bahkan saat dilahirkan, bayi sejatinya telah memiliki 20 set gigi didalam gusi. Setiap bayi akan mulai tumbuh gigi dalam rentang waktu yang berbeda. Beberapa bayi mungkin akan tumbuh gigi lebih cepat maupun lebih lambat dari bayi pada umumnya.

Adapun menurut American Dental Association, bayi akan tumbuh gigi pada usia 6 hingga 12 bulan. Gigi yang pertama kali muncul biasanya adalah gigi depan bagian bawah. Dan pada usia 3 tahun anak sudah harus memiliki gigi pertama atau primer secara lengkap sebanyak 20 gigi.

Ada beberapa gejala tumbuh gigi yang bisa bunda kenali. Diantaranya yaitu sering menggigit benda, lebih sering menangis, air liur berlebihan, sulit tidur hingga terjadi demam pada bayi. Nah, apabila bunda mendapati berbagai gejala tersebut pada bayi yang masih berusia 6-12 bulan, maka kemungkinan besar si kecil tengah tumbuh gigi.

Cara mengatasi bayi rewel karena tumbuh gigi secara alami dan efektif

Berikut adalah beberapa hal yang bisa dilakukan saat bayi tumbuh gigi, sehingga ia tidak rewel lagi.

1. Mengusap gusi si kecil dengan lembut

Saat tumbuh gigi, gusi bayi biasanya akan mengalami pembengkakan dan terasa sakit juga gatal. hal ini pula yang sering kali menjadi penyebab terjadinya demam pada bayi ketika tumbuh gigi. Untuk meredakan rasa sakit sekaligus gatal pada gusi yang dialami si kecil tersebut, bunda bisa mengusap gusinya dengan lembut menggunakan kain lap bersih yang dibasahi dengan air dingin.

2. Memberikan pijatan lembut di gusi

Cara mengatasi bayi rewel karena tumbuh gigi juga bisa dilakukan dengan menggosok atau memijat gusi tempat tumbuh gigi si kecil secara perlahan. Bunda bisa menggosoknya secara langung dengan jari yang bersih. Cara ini sendiri bertujuan untuk mengurangi rasa sakit pada gusi.

3. Gunakan Teether

Pada saat ini, tak sedikit mainan yang diketahui mampu mengalihkan rasa tidak nyaman yang dirasakan pada saat bayi sedang tumbuh gigi. Mainan tersebut dikenal dengan teether. Anda bisa memberikan jenis mainan ini, apabila si kecil telah berusia 5-6 bulan.

Bahkan menariknya, teether saat ini tak hanya di desain guna mengurangi rasa gatal dan sakit saat bayi tumbuh gigi pertama. Aka tetapi, mainan ini juga dapat digunakan untuk bermain dan belajar guna mengembangkan kemampuannya. Dan karena desain unik dan warnanya yang khas, menggunakan teether menjadi lebih menyenangkan untuk bayi.

4. Berikan ia camilan dingin

Apabila si kecil kini telah bisa mengonsumi makanan padat, maka bunda bisa mencoba memberikan camilan dingin dan renyah saat si kecil tumbuh gigi. Diantaranya seperti seledri, wortel atau semangka. selain itu, Anda juga bisa memebrikan makanan padat seperti biskuit khusus bayi. Ini merupakan cara yang efektif sekaligus bernutrisi, guna memberikan tekanan pada gusi kecil yang mengalami pembengkakan.

Hanya saja, pastikan Anda tidak memberikan camilan yang teralu dingin dan potongan yang besar untuknya. Sehingga ia akan terhindar dari kemungkinan terdesak.

Nah itulah berbagai cara mengatasi bayi rewel karena tumbuh gigi yang mudah dilakukan secara alami. Jadi bunda tak perlu khawatir lagi. Karena fase pertumbuhan gigi pertama bayi ini mungkin akan sangat mengganggu si kecil. Namun yang perlu Anda ingat, bahwa fase ini merupakan bagian dari periode perkembangan anak yang tdak akan berlangsung selamnya. Untuk itu, kami harap bunda bisa bersabar dan terus perhatikan si kecil. Apabila ada hal yang menghawatirkan, bunda bisa langsung berkonsultasi dengan tenaga medis secara langsung.

Artikel Lainnya

Back to top button
Close
Close