Parenting

5 Cara Mengeluarkan Dahak Pada Bayi Yang Aman Secara Alami

Cara mengeluarkan dahak pada bayi ternyata dapat dilakukan dengan mudah secara alami. Hal ini tentunya perlu diketahui oleh para orang tua. Terlebih pada saat musim seperti sekarang yang mana bayi sangat rentan terkena flu maupun batuk, dimana masalah tersebut mampu memicu dahak pada bayi. Nah untuk mengetahui informasi selengkapnya mengenai cara mengusir dahak pada bayi, sebaiknya Anda simak ulasan singkat berikut.

cara mengeluarkan dahak pada bayi

Dahak merupakan lendir yang dikeluarkan oleh tubuh manusia atas reaksi terjadinya gangguan di saluran pernapasan atas. Sehingga dahak biasanya akan muncul saat seseorang mengalami batuk, flu maupun pilek. Dan dahak sendiri tak hanya muncul pada anak maupun dewasa, melainkan juga pada bayi. Dan repotnya, bayi tidak dapat mengeluarkan dahaknya sendiri.

Padahal adanya dahak sendiri dapat mengganggu pernapasan serta proses menelan ASI. Maka tak jarang bayi akan menjadi rewel akibat ketidaknyamanan tersebut. Untuk itu, orang tua perlu membantu mengeluarkan dahak pada si kecil dengan segera. Dengan begitu, bayi tidak akan rewel dan merasa tidak nyaman lagi.

Cara mengeluarkan dahak pada bayi secara alami

Selain dengan obat maupun bantuan dokter, ternyata ada berbagai cara mengeluarkan dahak pada bayi usia 1 bulan, 2 bulan, 4 bulan bahkan baru lahir sekalipun secara alami yang aman dan mudah dilakukan. Diantaranya seperti berikut.

1. Posisikan secara telungkup

Cara mengeluarkan dahak pada bayi yang satu ini merupakan cara paling umum dan mudah untuk dilakukan. Meski begitu, Anda harus tetap melakukan nya dengan hati-hati. Anda juga bisa mengikuti beberapa langkah berikut:

  • Posisikan bayi dalam kondisi tengkurap
  • Kemudian tepuk-tepuk punggung bayo secara perlahan
  • Dahak pada bayi biasanya akan dimuntahkan bisa juga dikeluaarkan bersamaan dengan kotoran maupun urinnya.

Namun yang perlu diingat, cara ini sebaiknya dilakukan sebelum memberi ASI atau susu formula pada si kecil. Hal ini untuk menghindari resiko tersedak. Mengingat ASI yang telah diminum oleh si kecil bisa saja dimuntahkan dengan dahak.

2. Dengan mengirup uap

Cara yang satu ini dipercaya mampu mengatasi masalah dahak pada bayi lantaran air uap ini mampu membuat dahak menjadi lebih encer. Adapun cara mengluarkan dahak pada bayi dengan menghirup uap bisa dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Siapkan baskom berisi air hangat. Bisa juga air hangat tersebut dicampur dengan minyak kayu putih atau minyak telon secukupnya.
  • Bawa bayi dan dekatkan ke baskom tersebut agar ia bisa bisa menghirup uang hangat dari dalam baskom.
  • Posisikan bayi dalam keadaan tengkurap
  • Tepuk-tepuk punggung bayi secara perlahan, maka dahak akan menjadi encer dan mudah dikeluarkan.

Hanya saja, saat melakukan cara ini sebaiknya Anda lebih berhati-hati. Jangan sampai bayi malah jatuh kedalam baskom dan basah kuyup dengan air hangat tersebut. Selain itu, pastikan pula uapnya tidk terlalu panas, karena bisa berakibat buruk untuk wajah si bayi.

3. Hangatkan tubuh bayi

Pada umumnya menghangatkan tubuh bayi bisa dilakukan dengan berbagai cara. Misal dengan memandikan bayi atau berendam beberapa saat di air hangat agar tubuhnya menjadi hangat. Dengan begitu, suhu tubuh bayi akan menjadi hangat dn dahak bisa menjadi lebih encer dan mudah untuk dikeluarkan.

Selain itu, Anda juga bisa memakaikan bayi baju hangat dan mengoleskan minyak telon pada tubuhnya untuk menghangatkannya. Ruangan untuk bayi beristirahat juga harus dijaga kehangatannya serta kebersihannya dari debu agar dahak tidak semakin menumpuk. Dengan menghangatkan tubuh bayi, maka diharapkan bayi tidak akan rewel dan gelisah lagi lantaran dahaknya telah bisa dikeluarkan.

4. Berjemur di pagi hari

Selain untuk orang dewasa, sinar matahari di pagi hari juga sangat bermanfaat untuk kesehatan bayi. Salah satunya dipercaya mampu mengeluarkan dahak pada bayi. Selain itu, manfaat lainnya juga baik untuk kesehatan pernapasan dan tulang si kecil. Dan berikut langkah-langkah yang perlu dilakukan saat menjemur si kecil di pagi hari:

  • Sebaiknya bayi berjemur sekitar 10 mit di bawah sinar matahari antara pukul 7-8 pagi.
  • Posisikan bayi dengan tengkurap di pangkuan , kepalanya sedikit lebih rendah dibandingkan tubuhnya.
  • Oleskan minyak telkon pada dada dan punggungnya.
  • Tepuk-tepuk punggung bayi secara lembut

Dengan mengikuti beberapa langkah tersebut diharapkan dahak pada tenggorokan bayi dapat secara mudah dikeluarkan. Selain itu, dahak yang susah keluar dari tenggorokan bayi nantinya akan tertelan dan keluar bersamaan dengan kotoran maupun urinnya.

5. Menggunakan daun sirih

Cara mengeluarkan dahak pada bayi dengan dun sirih juga bisa Anda coba di rumah. Caranya, panaskan terlebih dahulu daun sirih dengan cara dilayukan pada api. Dan apabila sudah dalam keadaan hangat, segera tempelkan daun sirih tersebut pada punggung si kecil. Biarkan sensasi hangat dari daun sirih membantu si kecil untuk mengencerkan dahak dan membuangnya melalui kotoran.

Selain daun sirih beberapa bahan alami lainnya juga dipercaya dapat menjadi obat pengencer dahak herbal guna membantu mengeluarkan dahak pada bayi. Diantaranya seperti bawang putih dan bawang merah.

Nah itulah berbagai cara mengeluarkan dahak pada bayi secara alami yang aman dilakukan di rumah. Meskipun beberapa cara diatas sederhana, namun orang tua harus tetap melakukannya dengan hati-hati dan penuh konsentrasi agar si kecil bisa sembuh secepatnya. Hanya saja, apabila masalah dahak pada si kecil tak kunjung mereda, ada baiknya Anda segera memeriksakan kondisi si kecil ke pusat kesehatan terdekat. Hal ini juga bertujuan untuk mengetahui apakah ada masalah kesehatan lainnya yang dialami oleh si kecil.

Artikel Lainnya

Back to top button
Close
Close