ParentingPilihan Editor

5 Cara Mengobati Flu Pada Ibu hamil Secara Alami Dengan Herbal

Cara mengobati flu pada ibu hamil yang baik juga aman sangat penting diketahui, guna menghindari dampak terhadap bayi dalam kandungan. Dan selain dengan obat di apotik, penanganan gejala flu pada ibu hamil juga bisa diredakan dengan berbagai bahan alami yang biasa kita temukan di rumah lho. Apa saja? simak informasi selengkapnya ulasan dari herbal TV berikut.

cara mengobati flu

Flu atau influenza merupakan salah satu penyakit yang bisa dialami oleh siapa saja, termasuk ibu hamil. Bahkan, daya tahan tubuh wanita selama hamil cenderung melemah, yang menyebabkan semakin rentan terserang flu. Lebih dari itu, banyak penelitian yang menunjukkan bahwasannya flu pada ibu hamil dapat berlangsung tiga kali lebih lama.

Adapun gejala flu pada ibu hamil tak jauh berbeda dengan penderita flu pada umumnya. Diantaranya seperti batuk, sakit tenggorokan, pilek hingga demam tinggi. Selain itu, gejala lainnya mungkin dapat dialami seperti sakit kepala, lelah, muntah, diare hingga rasa sakit pada tubuh.

Keloreena Ekstrak Daun Kelor

Hanya saja, flu yang terjadi pada ibu hamil memiliki resiko terjadinya komplikasi lebih tinggi. Misal, bronkitis hingga pneumonia. Selain itu, dikhawatirkan juga flu berat dapat mempengaruhi pertumbuhan bayi, sehingga mampu memicu persalinan prematur atau berat badan bayi lebih rendah.

5 Cara mengobati flu pada ibu hamil secara alami dengan herbal

Sejatinya, ibu hamil tidak diperkenankan untuk mengonsumsi obat-obatan secara sembarangan. Maka dari itu, apabila Anda kini mengalami gejala flu disaat Anda tengah berbadan dua, maka beberapa alternatif berikut bisa Anda coba untuk digunakan. Diantaranya sebaik berikut.

1. Cara mengobati flu pada ibu hamil dengan madu

Apabila Anda kini terserang flu, maka mengonsumsi madu bisa menjadi salah satu cara mengatasi flu pada ibu hamil yang efektif dan aman tentunya. Herbalyang satu ini sendiri dikatehui mengandung antibakteri, yang mampu mengatasi virus flu didalam tubuh. Selain itu, madu juga mengandung antioksidan yang mampu melawan virus, bakteri dan jamur.

Bahkan tak hanya mampu melawan virus flu. Madu juga dikenal memiliki banyak manfaat lainnya untuk ibu hamil. Adapun berbagai kandungan nutrisi yang terkandung didalam madu diantaranya adalah karbohidrat, kalsium, protein, asam lemak, asam folat dan berbagai jenis vitamin. Selain mengonsumsinya secara langsung, Anda juga bisa mencampur madu ke dengan air rebusan jahe atau rebusan air kayu manis.

2. Atasi flu pada ibu hamil dengan bawang putih

Tak hanya dimanfaatkan sebagai salah satu bumbu masakan, bawang putih juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Salah satunya untuk mengatasi flu pada ibu hamil secara alami. Hal tersebut dikarenakan bawang putih mengandung senyawa sulfur, yang diduga mampu menyembuhkan penyakit flu.

Selain itu, berbagai kandungan alami lainnya jugat erdapat dalam bawang putih. Diantaranya vitamin C dan berbagai jenis mineral seperti selenium dan enzim. Jika Anda kini terserang flu saat hamil, Anda bisa mengonsumsi satu buah bawang putih saja dalam satu hari.

3. Obati gejala flu pada ibu hamil dengan jeruk nipis

Kandungan vitamin C yang cukup tinggi didalam buah yang satu ini sudah tidak diragukan lagi khasiatnya. Salah satunya berperan sebagai antibakteri dan antivirus. Sehingga jeruk nipis maupun lemon diketahui memiliki khasiat tinggi untuk memulihkan kesehatan ibu hamil dari penyakit flu atau batuk yang dideritanya.

Hanya saja, apabila ibu hamil juga memiliki riwayat penyakit lambung disarankan untuk mencampur air perasan jeruk nipios atau lemon dengan minuman hangat lainnya. Misal, Anda bisa mencampunya dengan madu maupun minuman lainnya.

4. Cara alami mengobati flu pada ibu hamil dengan jahe

Bahan alami yang satu ini juga dipercaya efektif mengatasi flu pada ibu hamil. Bahkan tak hanya mengatasi masalah flu, jahe juga dapat membuat pernapasan ibu hamil menjadi lebih lega dan menghindarkan ibu hamil dari paparan virus flu yang semakin menyabar.

Adapun jahe sendiri diketahui mengandung sederet senyawa alami. Diantaranya seperti zingiberena, gingerol, mineral serta antioksidan alami yang memiliki manfaat untuk mengurangi gejala flu. Dan tak cukup sampai disana, jahe juga diketahui mengandung asam amino dan kineral yang mampu melancarkan peredaran darah pada ibu hamil.

5. Atasi flu di saat hamil dengan air kacang hijau

Tahukah Anda? ternyata air rebusan kacang hijau mengandung banyak sekali vitamin didalamnya. Dan salah satu khasiat air rebusan kacang hijau ini mampu meningkatkan daya imunitas tubuh untuk mencegah berbagai jenis penyakit, termasuk flu.

Anda bisa menambhakan sedikit susu atau gula alami guna mendapatkan rasa yang manis. Konsumsi air rebusan kacang hijau ini selagi hangat untuk mendapatkan rasa yang nikmat.

Tips alami lainnya mengatasi flu saat hamil tanpa obat

Diatas, telah kami informasikan 5 cara mengobati flu pada ibu hamil muda hingga ibu hamil 9 bulan secara alami dengan herbal yang biasa Anda temui di rumah. Selain dari pada itu, beberapa tips juga dapat membantu mempercepat penyembuhan flu pada ibu hamil.

Diantaranya banyak minum, mengonsumsi sop, dengan steam, mengonsumsi masala teh, istirahat yang cukup, membuang lendir hingga menggunakan bantal lebih saat tidur. Semoga apa yang telah kami sampaikan bermanfaat dan Anda lekas sembuh.

Keloreena Ekstrak Daun Kelor

Artikel Lainnya

Back to top button
Close
Close