Manfaat

5 Manfaat Daun Andong Atau Hanjuang Yang Masih Jarang Diketahui

Dengan warna daunnya ang cantik, Andong sering kali dijadikan sebagai tanaman hias. Namun tahukah Anda, selain dari pada itu, tanaman ini juga ternyata tak jarang dimanfaatkan sebagai Tanaman Obat Keluarga (TOGA) guna mengobati berbagai keluhan kesehatan. Nah bagi Anda yang penasaran ataupun ingin mengetahui informasi selengkapnya mengenai manfaat daun andong, sebaiknya Anda simak ulasan berikut.

manfaat daun andong

Bagi Anda yang suka sekali dengan tanaman hias, mungkin Anda tidak asing lagi dengan tanaman yang satu ini. Ya, andong atau yang lebih sering dikenal dengan nama hanjuang merupakan salah satu tumbuhan monokotil yang tak jarang ditanam oleh masyarakat sebagai tanaman hias. Daunnya yang berwarna merah keunguan atau hijau kemerahan, menjadikan tanaman ini cukup cantik menjadi tanaman hias di pekarangan rumah.

Namun di samping itu, tanaman yang memiliki nama latin cordyline ini ternyata memiliki beragam manfaat kesehatan yang umumnya masih jarang diketahui. Hal tersebut lantaran kandungan yang dimilikinya. Adapun berbagai nutrisi serta zat alami yang dimiliki oleh tanaman andong adalah sebagai berikut:

  • Flavonoid
  • Tannin
  • Saponin
  • Timidin
  • Zat bes
  • Kalsium oksalat
  • Steroida
  • Polisakarida
  • Polifenol
  • Antibakteri
  • Antikoagulan
  • Antiproliferatif

Dengan banyaknya nutrisi yang dimilikinya, tak heran apabila daun andong termasuk ke dalam jenis TOGA (tanaman obat keluarga), yang sering dimanfaatkan dalam berbagai pengobatan tradisional.

Khasiat dan manfaat daun andong bagi kesehatan dan cara mengolahnya

Berikut adalah berbagai khasiat daun andong yang perlu Anda ketahui.

1. Mengobati disentri

Gangguan pencernaan seperti disentri bisa di alami oleh anak maupun dewasa. Gejala yang dialami ialah rasa sakit pada bagian perut yang disertai dengan diare berlebih. Jika Anda atau salah satu anggota Anda mengalami kondisi ini, sebaiknya segera diatasi, lantaran bisa menimbulkan dehidrasi akut yang berujung pada kondisi terburuk seperti kematian.

Salah satu tanaman herbal yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi penyakit disentri ini adalah daun hanjuang atau andong. Untuk pemakaiannya sendiri, Anda bisa mengonsusi air rebusan daun dan akar a ndong sebanyak 3 kali dalam sehari.

2. Mengobati ambeien

Gangguan pencernaan lainnya yang juga sering terjadi adalah ambeien atau wasir. Kondisi ini biasanya ditandai dengan terjadinya pembengkakan lantaran pecahnya pembuluh darah yang berada di sekitar anus. Apabila Tak hanya mengganggu penampilan, wasir juga nyatanya mampu mengganggu aktivitas Anda. Bahkan, Anda akan mengalami nyeri saat duduk, terlebih saat BAB.

Jika Anda ingin mencoba mengatasinya secara tradisional, maka Anda bisa memanfaatkan daun andong. Caranya sangat sederhana. Anda bisa mendidihkan air, dan memasukan pucuk daun andong. Setelah diangkat dan dingin, Anda bisa mengonsumsi air rebusan daun andong tersebut sebanyak 3 kali dalam sehari.

3. Mengobati radang gusi

Kandungan yang terdapat didalam daun andong juga baik untuk mengobati radang gusi. Kondisi ini sendiri tak jarang membuat penderitanya sulit mengunyah makanan lantaran rasa sakit yang dialami. Caranya, cukup dengan mengoleskan tumbukan kulit batang andong yang telah di campur dengan sedikit garam. Setelah itu, oleskan pada bagian gusi yang meradang.

4. Membantu melacarkan haid

Memiliki siklus haid normal dan teratur merupakan suatu hal yang penting bagi seorang wanita. Karena hal tersbut juga berpengaruh terhadap kondisi kesehatan tubuh. Namun pada beberapa wanita, sering kali mengalami haid tidak lancar. Nah untuk mengatasinya secara alami, Ada bisa mencoba mengonsumsi air rebusan akar andong secara teratur.

5. Melancarkan saluran kemih

Tak hanya manfaat kunyit, daun Andong juga memiliki kebaikan yang sama dalam hal membantu melancarkan saluran kemih. Namun untuk disarankan sebelum mengonsumsi herbal yang satu ini, ada baiknya Anda berdiskusi dulu dengan ahli kesehatan sebelumnya.

Nah itulah kelima manfaat daun hanjuang untuk kesehatan yang mungkin masih minim diketahui oleh masyarakat. Selain itu, masih banyak lagi manfaat daun hanjuang lainnya untuk tubuh. Diantaranya seperti mengobati batuk berdahak, Tuberculosis (TBC), sembelit, sesak napas menyehatkan lambung dan pencernaan, bagus untuk kesehatan hati hingga mengatasi luka. Semoga bermanfaat!

Artikel Lainnya

Back to top button
Close
Close