Manfaat

5 Manfaat Daun Mangga Efektif Obati Asam Urat Hingga Diabetes

Manfaat daun mangga untuk kesehatan sebaiknya jangan Anda abaikan. Karena setelah banyaknya penelitian di temukan, ternyata tanaman ni mengandung senyawa bermanfaat untuk tubuh. Bahkan khasiatnya digadang-gadang efektif untuk mengatasi penyakit seperti asam urat hingga diabetes. Untuk mengetahui informasi selanjutnya, simak ulasan berikut ini.

manfaat daun mangga

Siapa tak kenal dengan buah mangga. Rasanya yang manis dan warna oranye nya yang begitu menggiurkan, menjadikan buah ini menjadi primadona di kalangan masyarat. Ditambah lagi dengan berbagai kandungan nutrisi dan gizi didalamnya yang menyehatkan tubuh.

Namun ternyata tak hanya buahnya, daun mangga juga ternyata menyimpan berbagi kandungan dan nutrisi alami didalamnya. Diantaranya seperti vitamin A, Vitamin B, vitamin C dan juga antioksidan, termasuk fenol juga flavonoid.

Khasiat dan manfaat daun mangga efektif obati asam urat hingga diabetes

Berikut adalah berbagai khasiat daun mangga muda hingga daun mangga kering untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui.

1. Mengatasi asam urat dengan manfaat daun mangga

manfaat daun mangga untuk asam urat

Daun mangga juga diyakini mampu menjadi alternatif untuk pengobatan asam urat secara alami. Didalam herbal ini sendiri terkandung pelarut purin yang mampu mengurangi kristal penyebab terhambatnya aliran darah.

Adapun daun mangga yang digunakan adalah daun mangga apel yang memiliki tekstur lebih kasar. Untuk cara pemanfaatannya, Anda bisa merebus daun mangga muda dengan beberapa tanaman lainnya seperti tanaman sidaguri, babandotan atau daun salam.

2. Mengatasi masalah pernapasan

khasiat daun mangga untuk masalah pernapasan

Kualitas udara yang kini kita hirup cenderung menurun seiring dengan terpaparnya udaranya oleh debu, kotoran rokok hingga asap kendaraan. Hal ini tak jarang memicu terjadinya masalah pada pernapasan seperti halnya asam juga bronkitis. Dan untuk mencegah sekaligus mengatasi berbagai permasalahan pernapasan tersebut, Anda disarankan untuk mengonsumsi air rebusan daun mangga.

3. Mengatasi batuk dan demam

demam

Di musim pancaeroba atau musim hujan seperti sekarang, batuk dan demam ditambah dengan flu merupakan penyakit yang kerap menyerang. Nah, memanfaatkan daun mangga bisa menjadi solusi untuk mengatasinya. Caranya yakni dengan mengonsumsi air rebusan daun mangga.

4. Mengobati disentri

disentri

Diare dan disentri merupakan 2 masalah yang berbeda. Meski kedunya menyebabkan feses orang yang buang air besar bertekstur cair, namun kasus disentri biasanya disertai dengan darah.

Untuk mendapatkan manfaat daun mangga untuk disentri ini, Anda bisa merebus daun mangga kering dengan air secukupnya. Kemudian setelah itu, minum air rebusan daun mangga secara teratur hingga kondisi Anda pulih.

5. Mengontrol penyakit diabetes

khasiat daun mangga untuk diabetes

Khasiat daun mangga untuk diabetes ternyata bukan hanya uisapan jempol semata. Menurut situs lybrate, daun mangga muda kemungkinan mengandung tanin juga antosianin yang efektif dalam mengobati penyakit diabetes dalam tahap awal.

Dan tak hanya itu, daun mangga juga dapat meningkatkan produksi insulin dalam tubu, melancarkan distribusi glukosa membantu mengobati angiopati diabetik, retinopati diabetik hingga hiperglikemia.

Daun mangga juga diketahui mengandung senyawa yang disebut dengan teraxerol 3-beta serta ekstrak etil asetat. Kandungan tersebut diketahui dapat merangsang sintesis glikogen. Adapun untuk meringankan gejala diabetes, rendam daun mangga semalaman dalam air semalaman, kemudian saring dan minum airnya.

Selain dari pada 5 manfaat daun mangga untuk kesehatan diatas, masih banyak lagi khasiat yang terkandung didalamnya. Diantaranya yakni baik untuk rambut, mengatasi sakit perut, mengurangi kecemasan berlebih, mengatasi gangguan telinga, mempercepat penyembuhan luka bakar hingga menghiangkan varises.

Artikel Lainnya

Back to top button
Close
Close