Manfaat

5 Manfaat Daun Singawalang Untuk Kesehatan Yang Perlu Diketahui

Manfaat daun singawalang telah populer di kawasan benua Amerika sebagai tanaman obat herbal. Tanaman yang berasal dari hutan Amazon ini dipercaya memiliki segudang kebaikan untuk kesehatan, terutama untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Lalu apa saja manfaat dari tanaman yang memiliki nama latin Petiveria alliacea ini? Selengkapnya simak dalam ulasan berikut.

Khasiat dan manfaat daun singawalang untuk kesehatan yang perlu diketahui

manfaat daun singawalang

Menurut berbagai penelitian, tanaman singawalang atau yang juga disebut dengan anamu diketahui mengandung senyawa bermanfaat bagi kesehatan. Diantaranya seperti antibakteri, antioksidan hingga antiinflamasi. Tanaman ini biasanya dikonsumsi dalam beberapa bentuk ketersediaan. Mulai dari ekstrak, teh dan juga kapul.

Hanya saja sebelum Anda mengonsumsinya, ketahui terlebih dahulu khasiat daun singalawang yang sering dimanfaatkan dalam pengobatan tradisional berikut.

1. Menetralisir bahaya radikal bebas

Kandungan antioksidan yang terdapat dalam tanaman anamu ini menjadi alasan, mengapa tanaman ini dapat membantu mengurangi bahaya radikal bebas. Pada sebuah penelitian dari Journal of Ethnoppharmacology membuktikan, bahwasannya tanaman singalawang mengandung senyawa myricitrin atau glikosida flavonoid. Dimana senyawa tersebut memiliki sifat antioksidan, analgesik serta anti-peradangan.

Adapun antioksidan sendiri memiliki peranan penting dalam menetralisir senyawa berbahaya yang dihasilkan dari radikal bebas. Apabila dibiarkan, radikal bebas mampu mempengaruhi kesehatan tubuh secara menyeluruh. Mulai daripada keruksakan sel pada tubuh yang sehat, hingga menjadi sumber pemicu berbagai permasalahan kesehatan, mulai dari diabetes, penyakit jantung hingga penyakit alzheimer.

2. Mengurangi rasa sakit akibat peradangan

Sebagaimana disebutkan dalam penelitian terlebih dahulu, bahwasannya didalam daun singawalang memiliki sifat antiinflamasi. Kandungan tersebut cukup berkhasiat dapat membantu mengurangi rasa sakit juga peradangan.

Untuk meneliti khasiat daun singawalang, penelitian Chinese Journal of Integrative berhasil membuktikan dengan melibatkan tikus yang memiliki asma dan diberikan tanaman ini. Dan hasilnya, tanaman ini mampu menghambat peradangan saliran napas, mengatur sitokin, kemokin hingga meningkatkan fungsi paru pada tikus tersebut. hanya saja, untuk memastikan manfaat yang satu ini pada manusia, diperlukan penelitian lebih lanjut.

3. Meningkatkan fungsi otak

Manfaat daun anamu atau singawalang lainnya yakni baik untuk mmebantu meningkatkan fungsi otak. Sebuah penelitian pada tahun 2015 yang dilansir dalam Journal of Ethnopharmacology telah menteliti manfaat ekstrak singawalang pada tikus. Dan hasilnya dapat membantu meningkatkan memori dalam jangka panjang pada tikus.

Meski begitu, lagi-lagi manfaat yang satu ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut. Hanya saja, tidak ada salahnya untuk mengonsumsi ekstrak singawalang untuk mendapatkan kebaikan tanaman ini untuk tubuh Anda.

4. Mengobati Tuberculosis (TBC)

Pemanfaatan tanaman singawalang juga memberikan secercah harapan dalam upaya penyembuhan penyakit tuberkulosis. Mnueur pengujian etnobotani yang dilakukan di salah satu daerah Bogor menunjukkan, pemanfaatan tanaman ini mampu mengurangi lamanya terapi pada penderita TBC. Dan karena khasiatnya yang dapat menjadi obat herbal tuberculosis, pada tahun 10 april 1993, Presiden Soeharto, yang mana merupakan Presiden Republik Indonesia pada saat itu, menjuluki daun singalawang sebagai ‘daun tangguh’.

5. Mencegah kanker

Pada tahun 2008, sebuah penelitian mengungkapkan, bahwa singalawang memiliki potensi mengandung senyawa antikanker. Bahkan penelitian tersebut didukung dengan fakta bahwa ekstrak tanaman ini dapat membantu mengaktifkan apoptosis atau kematian sel yang telah terprogram dalam sel kanker tertentu. Kondisi tersebut secara alami dapat terjadi pada saat sel lebih tua mati dan digantikan oleh sel yang lebih baru.

Apabila jenis sel kanker menyerang tubuh, maka pergantian sel tersebut akan terganggu bahkan bisa membuat sel kanker bertahan dan berlipat ganda tanpa diperiksa. Dan menurut penelitian dari Pharmacognosy Reviews, bahwasannya manfaat singawalang dapat digunakan untuk meningkatkan apoptosis. Dan hasilnya cukup baik pada kanker payudara, kanker usus besar leukimia hingga melanoma.

Nah itulah berbagai manfaat daun singawalang bagi kesehatan yang perlu Anda ketahui. Adapun untuk dosis penggunaannya, sejatinya tidak ada rekomendasi khusus. Hanya saja tidak dianjurkan mengonsumsinya secara berlebihan diatas 1.450 mg. Karena apabila dikonsumsi dengan dosis berlebih diketahui dapat memicu munculnya efek samping. Mulai dari ngantuk berlebih, tubuh bergetar hingga kejang. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa mngkonsultasikannya dengan dokter. Salam sehat!

Artikel Lainnya

Back to top button
Close
Close