KesehatanParenting

5 Tanda Awal Dan Gejala DBD ini Tidak Boleh Di Abaikan

Gejala DBD atau pada dasarnya memiliki ciri atau tanda awal seperti demam biasa pada umumnya. Sehingga kondisi ini sering kali diabaikan dan dianggap sebagai tanda dari masalah kesehatan lainnya. Padahal DBD sendiri merupakan jenis penyakit yang harus segera mendapatkan penanganan medis yang tepat. Lalu, apa saja tanda-tanda awal DBD? untuk mengetahui informasi selengkapnya, simak ulasan berikut.

gejala dbd

Salah satu penyakit yang mewabah saat musim hujan datang adalah demam berdarah dengue (DBD). Penyakit yang bersifat menular ini diketahui disebabkan oleh gigitan nyamuk Aedes aegypti yang terinfeksi. Adapun gjala DBD umumnya akan dimulai sektar empat sampai sepuluh hari setelah terkena gigitan nyamuk aedes aegypti dan Aedes albocpictus.

Menurut data dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), setiap tahunnya terdapat sekitar 400 juta orang yang terinfeksi degue. Dan sekitar 100 juta orang sakit lantaran infeksi dan 22 ribu diantaranya meninggal dunia. Sehingga masalah kesehatan ini sebaiknya tidak boleh disepelakan dan harus benar-benar dipahami terlebih pada gejala yang terjadi.

Tanda awal dan gejala DBD yang tak boleh di abaikan

Mulai sekarang, sebaiknya Anda tidak mengsalah artikan gejala penyakit DBD sebagai penyakit lain. Karena penyakit DBD sendiri harus segera mendapatkan penanganan medis segera untuk menghindari dampak buruk. Dan berikut berbagai gejala umum DBD yang sebaiknya Anda ketahui.

1. Demam tinggi secara tiba-tiba

Demam mungkin bisa saja terjadi pada banyak penyakit. Hanya saja pada gejala DBD, demam terjadi secara mendadak. Selain itu, perbedaan kontras lainnya antara demam biasa dengan demam yang disebabkan oleh DBD adalah demam DBD yang terjadi sangat tinggi bahkan bisa mencapai 40 derajat celsius.

Demam yang dipicu lantaran flu atau infeksi virus maupun bakteri, biasanya disertai dengan gejala bersin maupun batuk, namun pada gejala demam DBD tidak demikian. Adapun demam pada DBD biasanya bisa terjadi selama dua hingga tujuh hari.

2. Alami nyeri otot

Tak hanya demam, gejala awal DBD lainnya juga dapat dialami adalah nyeri pada bagian otot juga sendi. Gejala ini umumnya disertai dengan tubuh yang menggigil juga berkeringat.

3. Sakit kepala parah

Saat penderita DBD telah mengalami demam, maka beberapa jam setelah itu penderita juga biasanya mengalami sakit kepala parah yang disertai dengan sakit pada bagian belakang mata. Kondisi ini sendiri merupakan salah satu gejala umum yang sering dialami oleh penderita DBD.

4. Mual dan muntah

Pada beberapa penderita DBD, masalah pencernaan juga bisa saja terjadi, seperti halnya mual dan muntah. Selain dari pada itu, bagian punggung juga biasanya akan terasa kurang nyaman. Gejala ini biasanya akan terjadi selama dua sampai empat hari.

5. Kelelahan

Berbagai gejala DBD seperti demam, nyeri otot dan masalah pencernaan dapat menyebabkan penderintanya menjadi tidak napsu makan. Hal inilah yang menyebabkan tubuh menjadi mudah lelah dan lesu lantran kurangnya asupan makanan serta sistem imun tubuh yang melemah.

Berbagai gejala awal DBD diatas pada umumnya berlangsung selama 2-7 hari. Dan berbag ai gejala tersebut biasanya dapat lekas sembuh dengan penanganan medis yang tepat. Hanya saja, apabila kondisi tersebut tidak segera ditangani, maka bisa berkembang menjadi DBD berat dengan berbagai tanda. Dan tanda peringatan ini biasanya dimulai dalam 24-48 jam setelah demam turun. Dan berikut adalah berbagai gejala DBD parah:

  • Mengalami sakit perut
  • Muntah hingga 3x dalam 24 jam
  • Terjadinya pendarahan dari hidung, gusi atau bawah permukaan kulit
  • Terjadinya pembengkakan pada pembuluh darah
  • Mengalami muntah darah atau adanya darah pada tinja
  • Merasa lelah dan gelisah

Jika penderita telah mengalami berbagai gejala tersebut, sebaiknya segera larikan ke pusat kesehatan terdekat. Terlebih apabila penderita DBD masih berusia anak-anak. Semoga bermanfaat!

Artikel Lainnya

Back to top button
Close
Close