Parenting

5 Tips Ampuh Mempertahankan Berat Badan Ideal Setelah Diet

Mempertahankan berat badan ideal adalah salah satu tantangan tersendiri bagi Anda yang kini telah berhasil menurunkan berat badan setelah sebelumnya menjalani diet sehat. Karena jika pola makan Anda tidak dijaga dan Anda berhenti berolahraga, maka berat badan Anda akan kembali naik. Untuk itu, pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan beberapa tips jitu untuk menjaga berat badan Anda tetap ideal setelah diet dalam ulasan berikut.

Benarkah mempertahankan berat itu sulit?

tips mempertahankan berat badan

Tak sedikit yang menyebutkan, bahwasannya mempertahankan berat badan lebih sulit dibandingkan saat Anda tengah turunkan berat badan. Bahkan berat badan semula bisa saja kembali. Menurut Dr. Rachel Batterham, kepala Pusat Penanganan Obesitas di Rumah Sakit Universitas College London, mengatakan bahwa alasannya lantaran sistem biologis tubuh yang ingin kembali ke berat badan maksimal yang telah dicapai.

Begitu juga menurut direktur klinik nutrisi dan metabolik di Scripps Clinic California, Ken Fujioka, MD yang mengtakan hal serupa. Menurutnya, otak dan sel-sel tubuh akan bergerak mencari asupan lemak di seluk beluk tubuh. Dan saat mereka telah mendapatkannya, maka mereka akan membuat tubuh akan lebih berhasrat unuk mengonsumsi lemak. Dan hasilnya, mungkin tubuh akan lapar selalu, meski berat badan telah turun.

Tips ampuh mempertahankan berat badan ideal setelah diet

Berikut akan kami berikan beberapa tips jitu yang bisa membantu Anda untuk menjaga berat badan ideal Anda tetap terjaga setelah diet. Rinciannya adalah:

1. Membuat catatan dan memperhatikan makanan yang dikonsumsi

Membuat diari makanan ternyata bisa membantu Anda untuk mempertahankan berat badan agar tidak kembali ke semula. Hal ini dimaksudkan agar Anda mampu mengontrol jenis makanan apa saja yang boleh dan tidak boleh Anda konsumsi. Selain itu, Anda juga mampu mengidentifikasi jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh Anda. Selain mencatat berbagai makanan Anda juga perlu mencatata waktu makanan, yang mana bertujuan agar Anda tidak makan secara terus menerus.

2. Tetap aktif beaktivitas fisik

Menurut American College of Sports Medicine, meski berat badan Anda kini telah stabil dan seimbang, maka latihan fisik atau olahraga minimal 250 menit per minggu akan membantu Anda untuk menjaga berat badan tetap seimbang. CDC juga merekomendasikan untuk para pelaku diet maupun yang telah berhasil diet untuk berolahraga ringan selama 60-90 menit setiap harinya dalam seminggu.

3. Rajin mengecek berat badan

Cara lainnya untuk mengendalikan berat badan agar tetep seimbang ialah rajin menimbang berat badan. Dengan begitu menurut Dr. Fujioka mampu membuat otak serta tubuh guna melawan rasa lapar yang Anda miliki. Apabila Anda tidak mau berat badan Anda semula kembali, maka Anda harus membuat tubuh mampu mengontrol nafsu makan serta rasa lapar yang mendera.

4. Tidak melewatkan sarapan

Penelitian yang dilakukan National Weight Control Registry menyebutkan, bahwasannya lebih dari 3.000 orang Amerika yang telah mencapai penurunan berat adan sekitar 60 kg dan mempertahannya selama enam tahun. Para peneliti menemukan, bahwasannya sarapan pagi merupakan salah satu faktor prnting guna mencegah berat badan naik lagi. Maka dengan sarapan, Hal tersebut bisa menjafi salah satu cara yang patut guna mempertahankan berat badan Anda tetap ideal.

5. Selalu memotivasi diri

Tidak ada salahnya untuk terus memotivasi diri agar tetap tampil sehat, bugar, juga menarik. Dan dengan begitu, Anda bisa mengingatkan diri Anda, bahwa mengonsumsi makanan sehat dan berolahraga merupakan salah satu metode penting yang harus senantiasa diterapkan seumur hidup. Dan untuk stabil atau turunnya berat badan adalah bonus semata yang Anda dapatkan dari pola hidup sehat yang selalu Anda jalani.

Selain dari pada itu, menjaga berat badan dan melakukan pola hidup sehat juga mampu menhindarkan Anda dari resiko kesehatan serius. Seperti halnya penyakit jantung, stroke, diabetes, kanker dan berbagai masalah kesehatan lainnya.

Nah itulah berbagai cara ampuh mempertahankan berat badan ideal setalah diet. Semoga apa yang telah kami sampaikan dapat bermanfaat dan Anda dapat menjaga tubuh proposional dengan baik. Salam sehat.

Artikel Lainnya

Back to top button
Close
Close