Parenting

5 Tips Mengurangi Asupan Kalori Dengan Cara Sehat Saat Diet

Tak sedikit daripada pelaku diet yang membatasi segala bentuk asupan makan, hingga mendatangkan dampak negatif untuk kesehatan mereka. Sehingga, bukannya berat badan menjadi turun, malah penyakit yang mereka dapatkan. Nah, agar hasil diet yang Anda dambakan tercapai dan tidak mengganggu kinerja tubuh, selain mengonsumsi obat herbal diet, maka sebaiknya Anda mengurangi asupan kalori secara sehat. Untuk itu, simak selengkapnya dalam ulasan berikut.

Berapa kalori minimal yang perlu dipenuhi saat diet?

mengurangi asupan kalori

Meski kini Anda tengah melakukan diet, namun bukan berarti Anda harus memangkas semua kalori lantaran tidak mengonsumsi makanan sedikitpun. Karena diet sehat dan baik, harus tetap memperhitungkan kebutuhan kalori tubuh. Dengan begitu, diet yang Anda lakukan akan efektif untuk menurunkan berat badan.

Adapun pada wanita, rata-rata memerlukan asupan sebanyak 2000 kalori perharinya, sedangkan pria memerlukan asupan sebanyak 2500 kalori. Hanya saja apabila kini Anda tengah menjalani program diet untuk menurunkan berat badan, maka Anda hanya perlu mengurangi 500 kalori untuk perharinya. Dengan begitu, wanita membutuhkan 1500 kalori dan pria membutuhkan 2000 kalori per harinya guna menurunkan berat badan 0,5-1 kg berat badan untuk perminggunya.

Hanya saja, pada beberapa orang pengurangan 500 kalori dirasa kurang untuk menurunkan berat badan dengan cepat. Bahkan tak sedikit orang terlebih wanita yang membatasi asupan kalorinya dibawah 1500 kalori. Apabila merujuk pada apa yang dikatakan oleh seorang ahli Gizi bernama Michelle Davenport, Ph, D, bahwasannya wanita aktif memerlukan kalori minimal 1200-1400, agar metabolisme tubuh tidak terganggu.

Apabila Anda ingin menghitung kebutuhan kalori Anda secara benar, ada beberapa faktor lainnya yang perlu dipertimbangkan. Mulai dari pada usia, tinggi dan berat badan saat ini, tingkat aktivitas, kesehatan metabolik dan lainnya. Untuk lebih tepatnya, Anda juga bisa kunjungi ahli gizi guna mengetahui kalori minimal yang dibutuhkan setiap hari. Dengan begitu, Anda bisa merencanakan diet untuk menurunkan berat badan secara tepat.

Tips mengurangi asupan kalori secara sehat saat diet

tips mengurangi asupan kalori

Sejatinya, kalori merupakan bagian dari sumber energi untuk melakukan aktivitas sehai-hari. Sehingga pemenuhan kalori perhari perlu dilakukan guna fungsi tubuh yang sangat dibutuhkan, meski Anda kini tengah menjalani diet sekalipun. Dan berikut ada beberapa tips bagi Anda untuk menurunkan asupan kalori secara sehat disamping tengah menurunkan berat badan, namun kebutuhan kalori tetap terpenuhi.

1. Mengonsumsi lebih banyak protein

Protein diketahui mampu mengurangi nafsu makan serta mampu meningkatkan jumlah kalori yang Anda bakar. Disamping itu, tubuh juga memerlukan banyak energi untuk memetabolisme protein. Sehingga secara tidak langsung, membakar kalori dalam tubuh.

2. Menghindari minuman manis

Salah satu faktor penyebab kenaikan berat adalah minuman manis. Diantaranya seperti minuman ringan, minuman bersoda, jus buah dan lainnya. Minuman manis sendiri mengandung kalori cair yang tinggi, yang mana mampu membuat Anda lapar sehingga Anda akan tetap mengonsumsi makanan lain.

3. Lakukan olahraga secara teratur

Melakukan olahraga secara teratur mampu menyeimbangkan kalori yang masuk dan keluar dari tubuh Anda. Selain itu, olahraga beban juga penting untuk dilakukan agar dapat menghambat hilangnya massa otot dan mampu mencegah melambatnya tingkat metabolisme dalam tubuh.

4. Banyak mengonsumsi air putih

Jangan salah, hal yang sepertinya sepele ini juga dapat membantu Anda menurunkan berat badan. Bahkan minum air sebelum makan mampu mengurangi rasa lapar, sehingga Anda bisa makan lebih sedikit. Minum banyak air juga diketahui mampu meningkatkan jumlah kalori yang Anda bakar perharinya.

5. Mengurangi asupan karbohidrat

Suatu penelitian menunjukkan, bahwasannya membatasi asupan karbohidrat dan gula mampu membantu menurunkan berat badan 2-3 kali lebih banyak seperti saat Anda membatasi asupan lemak Anda. Bahkan nafsu makan Anda cenderung menurun, sehingga asupan makanan Anda lebih sedikit.

Nah itulah berbagai tips mengurangi asupan kalori secara sehat saat diet. Sebaiknya Anda tidak mengurangi asupan kalori kurang dari minimal asupan yang direkomendasikan (800-1000 kalori perhari). Sebab, apabila asupan kalori tubuh kurang selama 4-16 minggu, maka hal tersebut dapat menyebabkan berbagai efek samping. Mulai dari sembelit, mual, diare, kelelahan hingga masalah serius seperti batu empedu. Sehingga sebisa mungkin Anda tidak melakukan diet rendah kalori terutama pada remaja, ibu hamil dan ibu menyusui.

Artikel Lainnya

Back to top button
Close
Close