Parenting

5 Trik Hebat Mencegah Anak Kecanduan Bermain Gadget

5 trik hebat mencegah anak kecanduan bermain gadget berikut kami dedikasikan khusus untuk para moms di rumah. Terlebih untuk moms yang cukup khawatir lantaran si kecil kini mulai sering memainkan gadget dan takut berakhir dengan kecanduan. Untuk itu, simak informasi selengkapnya dalam ulasan berikut ya moms.

5 trik hebat mencegah anak kecanduan bermain gadget

mencegah anak kecanduan gadget

Seiring dengan berkembangnya teknologi, maka semakin banyak pula kemudahan yang kita dapat dalam berbagai hal. Seperti halnya jika dulu kita ingin mengetahui berita di berbagai belahan wilayah dunia dengan TV atau koran, kini cukup dengan ponsel melalui media sosial atau media online lainnya.

Hanya saja, layaknya dua sisi mata pisau, perkembangan teknologi yang pesat seperti sekarang ini juga bisa memberikan efek negatif. Salah satunya seperti penggunaan gadget. Memang banyak manfaat yang bisa kita dapatkan, apabila gadget di gunakan dengan semestinya.

Tapi, saat ini mungkin kita sering mendengar maraknya kasus terkait penggunaan gadget secara berlebihan, yang pada akhirnya berujung pada kecanduan. Hal tersebut tak hanya terjadi pada dewasa, bahkan juga bisa terjadi pada anak-anak lho. Maka dari itu, sebagai orang tua Moms harus menyadari bahwa kecanduan gadget merupakan isu yang cukup serius. Karena tak hanya mengganggu kesehatan anak secara fisik melainkan juga secara psikologis.

Seperti halnya yang di lansir dari www.playgroundequipment.com menjelaskan, bahwasannya dari tahun ke tahun tingkat paparan gadget pada balita semakin meningkat, yakni dari 10% menjadi 38%. Sehingga dengan terjadinya kondisi tersebut, American Academy of Pediatrics mencegah penggunaan teknologi untuk anak-anak dibawah usia dua tahun. Hal tersebut diduga karena dapat mengubah sifat masa anak-anak.

Jika kini si kecil mulai terlalu sering bermain gadget, maka sebaiknya moms perlu mencoba beberapa tips dan cara agar anak tidak kecanduan bermain gadget berikut.

☑ Buat peraturan dalam menggunakan gadget

mencegah anak kecanduan gadget

Tips mencegah anak kecanduan bermain gadget yang pertama adalah dengan membuat peraturan untuk anak dalam penggunaan gadget. Moms atau ayah bisa menetapkan waktu durasi yang cukup untuk anak bermain bersama gedgetnya.

Sebaiknya Moms jangan biarkan Anak terlalu sering berinteraksi dengan gadgetnya. Karena apabila dibiarkan secara rutin, maka konsistennya si kecil akan terbiasa bermain gadget sesuka hatinya.

☑ Terus pantau kegiatan anak dengan gadetnya

mencegah anak kecanduan gadget

Memantau apa saja yang si kecil lakukan saat ia bermain gadet juga merupakan cara lain yang bisa dilakukan untuk mencegah anak kecanduan bermain gadget. Hal ini mampu memudahkan moms untuk mengontrol penggunaan gadget pada si kecil.

Apabila moms merasa ada kegiatan yang seharusnya tidak perlu dilakukan, maka moms bisa mencegahnya. Dengan begitu, Anak tidak akan terlalu bergantung pada gadget.

☑ Lakukan pendekatan saat si kecil bermain gadget

mencegah anak kecanduan game online

Pendekatan pada saat anak bermain gadet juga penting untuk dilakukan oleh orang tua. Misal, moms bisa bermain game atau menonton film bersamanya menggunakan gadget.

Selain dapat mengontrol apa yang si kecil lakukan, Orang tua juga sekaligus bisa membuat hubungan baik dengan anak. Dan saat melakukannya, Moms bisa menyelipkan sedikit obrolan tentang pentingnya untuk mengurangi penggunaan gadget.

☑ Mencegah anak kecanduan bermain gadget dengan melakukan kegiatan lain

mencegah anak kecanduan hp

Mengajak anak untuk melakukan kegiatan lain, juga merupakan tips yang bisa Anda coba untuk mencegah anak kecanduan bermain gadget. Namun penggunaan gadget secara berlebihan juga bisa di sebabkan karena anak kesepian di rumah. Bahkan beberapa anak menganggap gadget sebagai teman yang bisa memberikan huburan untuknya.

Maka dari itu, orang tua sebaiknya mengajaknya untuk melakukan kegiatan lain bersama-sama, seperti membaca dongeng, berkebun, jalan-jalan ke taman, memancing atau kegiatan menyenangkan lainnyal. atau mendaftarkan si kecil p[ada kegiatan tertentu. Dengan beitu, perhatian si kecil pada gadgetnya bisa dialihkan.

☑ Beritahu si kecil tentang kelebihan dan kekurangan penggunaan gadget

mencegah anak kecanduan handpond

Orang tua bisa memberikan pengetahuan baru, yang mungkin tidak ia ketahui sebelumnya perihal penggunaan gadget. Jangan lupa juga untuk memberikan contoh nyata yang baik, sehingga si kecil bisa lebih memahami penjelasan yang diberikan. Sehingga anak akan lebih memahami bahwasannya penggunaan gadget tidak boleh berlebihan.

Nah itulah berbagai trik hebat dan mudah yang bisa Moms lakukan untuk mencegah anak kecanduan bermain gadget. Jika beberapa cara tersebut masih Semoga bermanfaat dan selamat mempraktekannya di rumah ya Moms!

Artikel Lainnya

Back to top button
Close
Close