Parenting

6 Cara Jitu Mengatasi Anak Susah Makan Setelah Sakit

Saat sedang sakit, biasanya si kecil akan kehilangan nafsu makan sehingga asupan makanannya berkurang dibanding biasanya. Meskipun telah sembuh, nafsu makan anak biasanya tak langsung kembali seperti semula. Bahkan terkadang ia menjadi susah makan. Nah, apabila bunda cukup khawatir akan berat badan si kecil yang semakin turun serta kebutuhan gizinya yang tidak terpenuhi, maka bunda bisa mencoba beberapa tips dan cara mengatasi anak susah makan anak setelah sakit berikut ini. Sehingga secara pelan-pelan, si kecil bisa kembali makan lahap makan seperti sedia kala.

mengatasi anak susah makan setelah sakit

Anak susah makan setelah sakit memang terkadang membuat sebagian orang tua menjadi frustasi. Mereka khawatir sang anak akan lama pulih dan justru kembali jatuh sakit. Tak hanya menjadi sumber energi, makanan yang dikonsumsi anak sendiri memang dapat membantu proses pemulihan tubuhnya yang baru sembuh dari sakit. Sehingga Anda tak boleh menyerah dalam membujuk si kecil untuk makan. Namun jangan pula memaksanya makan, bahkan sampai memarahinya.

Cara mengatasi anak susah makan setelah sakit secara alami

Berikut adalah beberapa cara jitu yang bisa dilakukan oleh orang tua guna menghadapi anak yang susah makan khusunya setelah sembuh pasca sakit yang bisa dicoba.

1. Memberikan makanan yang disukainya

Agar anak mau makan, maka cobalah berikan makanan yang ia sukai. Pastikan juga makanan tersebut mengandung beragam nutrisi penting yang diperlukan untuk pemulihan. Seperti, Anda bisa memberikannya sup ayam dengan telur dan kentang, sebagai asupan protein juga karbohidrat yang tak lain merupakan sumber energi. Selain itu, Anda juga bisa memberikan ia sayur dan buah yang memiliki rasa enak, sebagai sumber vitamin juga serat.

2. Memberikan makanan dengan aroma yang lezat

Tips selanjutnya yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi anak susah makan pasca sakit ialah memberikan ia makanan dengan aroma yang lezat. Cobalan goda indera penciumannya dengan makanan yang aromanya menggugah selera. Indera penciuman turut berperan dalam menambah nafsu makan.

3. Mengemas makanan dalam bentuk menarik

Anda juga bisa mencoba mengemas makanan semenarik mungkin agar anak lebih tertarik untuk mengonsumsinya. Misal, bentuk nasi denga karakter yang lucu. Caranya, bentuklah nasi menjadi kepalan bola-bola kecil, lalu berikan hiasan berupa alis, mata, hidung, mulut serta tangan menggunakan potongan rumput laut. Tambahkan juga daging serta sayuran sebagai hiasan disekelilingnya.

4. Berikan makanan dalam porsi kecil namun sering

Apabila setelah sakit anak sulit makan ataupun menghabiskan makanannya, maka jangan paksa ia untuk makan dalam jumlah porsi yang besar. Hal tersebut hanya dapat membuatnya semakin tidak mau untuk makan. Maka, cobalah berikan anak makanan dalam porsi-porsi kecil, namun berikan lebih sering.

5. Berikan susu yang penuh nutrisi

Apabila si kecil susah untuk menghabiskan makanan, maka Anda bisa memberikannya susu untuk mencukupi nutrisi yang ia butuhkan selama masa pemulihan. Susu sendiri mengandung beragam nutrisi yang mampu memperkuat daya tahan tubuh, sehingga proses pemulihan anak menjadi lebih cepat.

Namun dianjurkan untuk memilih susu yang mengandung nutrisi lengkap. Seperti halnya protein, lemak, serta karbohidrat yang bisa memberikannya enegri untuk pulih. Pilih juga susu yang diperkaya akan vitamin, mineral serta asam esnsial lantaran bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuhnya.

6. Selalu sediakan camilan sehat

Sebagai selingan, Anda juga bisa menyediakan camilan sehat yang disukainya. Seperti halnya buah-buahan yang mudah dikonsumsi, diantaranya pisang atau salad buah dengan warna-warni yang menarik. Anda juga bisa menyediakan camilan lainnya seperti roti isi daging dan keju, roti dengan selai, sereal dengan susu maupun biskuit gandum yang juga bisa menjadi pilihan camilan sehat lainnya untuk anak.

Nah itulah berbagai cara jitu mengatasi anak susah makan setelah sakit secara alami yang bisa Anda coba. Meski membujuk si kecil untuk makan setelah sakit cukup sulit, namun Anda jangan menyerah untuk terus mencobanya. Sehingga, asupan nutrisinya cukup dan ia bisa lekas pulih dari sakit. Namun, apabila beberapa tips tersebut tidak membuahkan hasil dan si kecil masih tidak nafsu makan, maka Anda bisa mencoba memberikannya obat penambah nafsu makan alami atau segera konsultasikan dengan dokter.

Artikel Lainnya

Back to top button
Close
Close