Parenting

6 Cara Mengatasi Rambut Rontok Parah Saat Hamil Secara Alami

Sebagian ibu hamil mungkin mengalami pertumbuhan serta perubahan rambut yang lebih tebal juga bersinar. Namun, tidak sedikit dari pada ibu hamil lainnya yang justru mengalami kerontokan rambut saat masa kehamilannya. Apabila kondisi ini dirasa sangat mengganggu, maka ada beberapa tips atau cara mengatasi rambut rontok saat hamil secara alami yang bisa Anda coba. Selengkapnya, simak dalam ulasan berikut.

Apa penyebab rambut rontok saat hamil?

cara mengatasi rambut rontok saat hamil

Sejatinya, rambut rontok parah atau berlebih bisa dialami siapa saja, baik itu pria maupun wanita. Termasuk pada anak remaja, wanita setelah melahirkan bahkan ibu hamil. Bahkan pada sebagian orang yang mengalaminya, masalah rambut rontok kerap disertai dengan keluhan lainnya. Seperti halnya ketombe, gatal di kulit kepala dan lainnya. Penyebab rambut rontok secara umum diketahui begitu beragam. Bisa diakibatkan terlalu sering melakukan smoothing, bleaching, rebonding, mengecat rambut, catokan, hingga efek samping dari kemoterapi.

Adapun rambut rontok saat hamil merupakan salah satu kondisi yang kerap dialami setidaknya oleh 40-50% ibu hamil, khususnya pada usia kehamilan 1-5 bulan. Meski cukup sering terjadi, namun keluhan ini biasanya hanya bersifat sementara. Adapun penyebabnya diketahui dipicu oleh perubahan hormon, dimana kadar hormon progesteron meningkat. Akibatnya, rambut menjadi lebih kering serta mudah patah atau rontok.

Selain dipengaruhi oleh perubuhan hormon, rambut rontok pada ibu hamil juga terkadang disebabkan oleh beberapa kondisi tertentu. Diantaranya seperti kekurangan mineral dan vitamin, stres saat hamil, penghentian pemakaian pil KB atau suntik KB, penyakit tertentu seperti gangguan tiroid dan PCOS, serta akibat efek samping obat-obatan. Misal penggunaan obat penurun tekanan darah, obat pengencer darah, obat epilespsi serta obat depresan.

Tips dan cara mengatasi rambut rontok saat hamil secara alami

Apabila Bumil kini tengah mengalami masalah rambut rontok dan merasa terganggu karenanya, maka ada berbagai tips yang bisa dilakukan untuk meminimalkan rambut rontok. Diantaranya seperti:

1. Menggunakan sampo yang tepat

Saat Bumil keramasa, maka sebaiknya gunakan sampo serta kondisioner dengan kandungan yang lembut serta tidak memicu iritasi. Selain itu, pilihlah produk sampo juga kondisioner yang mengandung silika dan biotin, lantaran dipercaya aman untuk mengatasi rambut rontok.

2. Tidak menyisir rambut saat basah

Pada umumnya, rambut cenderung lebih rapuh saat basah. Maka dari itu, hindari menyisir rambut dalam keadaan basah, terlebih dengan sisir begitu rapat. Rambut yang basah bdapat terlebih dahulu disisir dengan menggunakan jari tangan. Selain itu, hindari pula terlalu menyisir rambut.

3. Jangan terlalu sering mengikat rambut

Terlalu sering mengikat rambut ke belakang maupun menjadi cepol atau ekor kuda juga diketahui beresiko membuat rambut menjadi lebih mudah patah. Sehingga bumil disarankan untuk lebih sering menggerai rambutnya.

4. Hindari perawatan rambut tertent

Jika bumil kini sedang mengalami rambut rontok dan sering mengeringkan rambut dengan hairdryer dengan panas maksimal, terlalu sering meluruskan rambut juga menggunakan pengeriting rambut, serta mewarnai rambut dengan cat pewarna berbahan kimia keras, maka sebaiknya Anda segera mengehentikan kegiatan tersebut. Karena hal tersebut hanya akan memperburuk kondisi rambut rontok saat hamil.

Namun apabila Anda memang perlu menata rambut dengan beberapa cara diatas, maka Bumil sebaiknya menggunakan poengiring maupun pelurus rambut dengan suhu yang rendah. Dan untuk mencegah rambut rontok lebih parah, maka Bumil bisa menunda mengecat rambut untuk sementara waktu.

5. Perbanyak konsumsi sayur dan buah

Buah dan sayur diketahui mengandung antioksidan serta flavonoid yanhg cukup tinggi. Kandungan tersebut dipercaya mampu memperkuar rambut yang tumbuh serta melindungi folikel rambut. Sehingga rambut, tidak akn mudah rontok. Adapun berbagai jenis buah dan sayur yang ketahui memiliki kedua kandungan tersebut diantaranya adalah stoberi, tomat, bayam, kubis serta brokoli. Selain itu, antioksidan juga banyak ditemukan pada coklat hitam dan juga teh.

6. Menggunakan bahan alami

Cara mengatasi rambut rontok dengan bahan alami bisa menjadi solusi alternatifnya. Adapun beberapa bahan alami yang dipercaya mampu mengurangi rambut rontok yang cepat dan aman terutama saat hamil ialah dengan menggunakan lidah buaya, cuka apel, minyak zaitun, jeruk nipis, lemon, serta jahe. Caranya cukup dengan mengoleskan salah satu bahan alami tersebut pada kulit kepala.

Baca juga: Tips Mengatasi Mual Saat Hamil Secara Alami Yang Harus Dicoba

Nah itulah berbagai cara mengatasi rambut rontok saat hamil secara alami. Biasanya keluhan rambut rontok saat hamil hanya semen tara dan akan menghilang dengan sendirinya kelak setelah melahirkan. Namun apabila beberapa cara diatas masih kurang efektif untuk mengatasi masalah tersebut, maka Anda bisa langsung berkonsultasi dengan dokter guna mendapatkan penanganan yang tepat.

Artikel Lainnya

Back to top button
Close
Close