Manfaat

6 Fakta Manfaat Pohon Kina Selain Diduga Efektif Atasi COVID-19

Pohon kina baru-baru ini disebut oleh para peneliti dan ahli menjadi salah satu tanaman herbal yang dapat membantu menyembuhkan COVID-19 atau virus corona. Selain dari itu, sudah dari jauh hari tanaman herbal ini juga dikenal berbagai manfaat untuk kesehatan. Nah untuk mengetahui manfaat pohon kina selengkapnya, sebaiknya Anda simak ulasan berikut.

manfaat pohon kina

Sejak munculnya kasus virus corona di akhir tahun 2019, banyak daripada ilmuwan di seluruh dunia yang terus mencari obat untuk menangkal virus tersebut. Dan penelitian terbaru dari China menunjukkan, bahwasannya kandungan kloroquin fosfat (chloroquin phosphat) termasuk yang terdapat dalam pohon kina dipercaya mampu menghambat pertumbuhan virus corona terhadap pasien COVID-19.

Begitu juga dengan hasil penelitian yang dilakukan oleh National Health Institute Amerika, hasil dari penelitian tersebut menyatakan bahwasannya kandungan kloroquin fosfat mampu membuat kondisi pasien COVID-19 membaik. Bahkan terdapat 100 pasien di Wuhan yang dinyatakan membaik setelah mengonsumsi eksreak pohon kina ini. Meski begitu, masih diperlukan riset lanjutan terhadap manfaat pohon kina ini.

Fakta manfaat pohon kina selain efektif atasi COVID-19

Jauh sebelum diketahui dapat dimanfaatkan sebagai pengobatan alternatif untuk COVID-19, pohon kini telah terkenal menjadi salah satu tanaman obat herbal guna mengatasi berbagai permasalahan kesehatan. Adapun berbagai manfaat kina diantaraya adalah sebagai berikut.

1. Mengobati penyakit malaria

Tanaman obat herbal ini telah dipercaya sejak dulu untuk mengobati berbagai macam keluhan kesehatan, seperti halnya menjadi obat malaria. Manfaat pohon kina yang satu ini didapat dari sejumlah kandungan yang terdapat didalamnya, seperti senyawa alkaloid, kuinina dan kloroquin fosfat. Berbagai kandungan tersebut dipercaya mampu meringankan gejala malaria, dengan cara membunuh serta menghalangi parasit malaria yang terdapat dalam aliran darah.

2. Mengatasi masalah pencernaan

Pohon kina juga diketahui dapat dimanfaatkan untuk mengatasi masalah pencernaan. Kulit pohon kina mampu merangsang produksi cairan pencernaan yang mana mengandung enzim yang dibutuhkan oleh saluran pencernaan. Selain dari pada itu, kandungan didalamnya juga dapat mengatasi parasit juga protozoa dalam usus yang dapat memicu berbagai masalah dalam pencernaan.

3. Mengobati kram kaki

Manfaat tanaman kina yang satu ini telah dibuktikan oleh beberapa penelitian. Salah satunya ialah penelitian pada tahun 1998 yang mana merekam efek positif dari kina untuk mengatasi kram kaki serta menunjukkan tinitus sebagai satu-satunya efek samping. Selain itu, penelitian lainnya dilakukan pada tahun 2002, yang mana hasilnya menujukkan bahwa pemberian kina cukup efektif guna menurunkan intensitas, frekuensi serta nyeri kram kaki tanpa menimbulkan efek samping.

4. Menjaga kesehatan jantung

Sejatinya, pemanfaatan pohon kina untuk jantung telah dilakukan sejak akhir abad ke-17. Khasiat ini berasal dari senyawa alkaloid yang ditemukan didalam pohon kini yakni, kuinidin. Adapun kuinidin yang dihasilkan secara alami dari pohon kina hingga saat ini masih dimanfaatkan sebagai obat untuk aritmia.

5. Mengatasi flu

Tanaman yang memiki nama ilmiah cinchona officinalis juga dinyatakan mampu mengurangi gejala influenza. Sehingga saat dikonsumsi, herbal ekstrak kina ini akan bekerja untuk meringankan berbagai gejala flu yang dialami. Mulai dari bersin, hidung tersumbat hingga demam. Bahkan lebih dari itu, pohon kina juga dipercaya mampu mengatasi flu burung hingga flu babi.

6. Baik untuk kecantikan

Ternyata tak hanya baik untuk kesehatan, ekstrak pohon kina juga ternyata memiliki nilai manfaat untuk kecantikan. Diantaranya seperti dijadikan lotion pada mata yang tumbuh bisul hingga dijadikan sebagai salah satu campuran dalam pembuatan sampo lantaran diketahui mmpu merangsang pertumbuhan serta menghilangkan rambut rontok.

Baca juga: Cegah Wabah Virus Corona, Konsumsi 3 Herbal Ini Untuk Tingkatkan Imunitas

Nah itulah berbagai fakta seputar manfaat pohon kina untuk kesehatan maupun kecantikan, selain manfaatnya yang kini tengah populer untuk pengobatan aternatif virus corona (COVID-19). Semoga apa yang telah kami sampaikan dapat bermanfaat serta menjadi wawasan baru bagi Anda. Salam herbal!

Artikel Lainnya

Back to top button
Close
Close