Manfaat

6 Manfaat Daun Kucai Untuk Kesehatan Tubuh, Ampuh Cegah Kanker!

Apakah Anda pernah mengonsumsi daun kucai? Selain lezat, ternyata sayuran yang memiliki bentuk seperti daun bawang ini menyimpan berbagai kebaikan bagi tubuh. Lalu, apa saja manfaat daun kucai untuk kesehatan? simak informasi selengkapnya dalam ulasan singkat berikut.

Sedikit mengenal daun kucai dan kandungan didalamnya

manfaat daun kucai

Daun kucai merupakan tanaman yang masuk ke dalam keluarga bawang (allium). Tanaman yang juga disebut dengan ‘bawang kucai’ ini biasanya digunakan sebagai pelengkap atau garnis pada bubur bayam atau campuran isi lumpia. Meski memiliki bentuk yang hampir sama dengan daun bawang namun keduanya berbeda. Daun kucai sendiri memiliki ukuran yang lebih kecil, lebih tipis dan lebih padat dibanding daun bawang. Selain itu, seluruh permukaan daun kucai berwarna hijau pekat.

Tanaman yang memiliki nama latin allium tuberosum ini disebut-sebut menjadi salah satu makanan yang padat nutrisi. Bahkan dipercaya menawarkan banyak manfaat untuk kesehatan apabila diolah dengan tepat. Karena selain rendah kalori, namun juga kaya akan nutrisi berkhasiat. Diantaranya seperti vitamin, mineral hingga antioksidan. Ya, didalamnya terkandung vitamin A, C dan K. folat, magnesium, fosfor, kalium juga kolin.

Khasiat dan manfaat daun kucai bagi kesehatan

Berikut adalah berbagai manfaat yang dimiliki oleh daun kucai dan perlu Anda ketahui.

1. Menyehatkan tulang

Kandungan vitamin K yang melimpah didalam daun kucai, menjadi alasan kuat mengapa tumbuhan ini baik untuk menjaga kesehatan tulang. Selain itu, juga mampu mencegah terjadinya pengeroposan tulang. Vitamik K sendiri mampu meningkatkan produksi protein tulang atau osteocalcin. Dimana senyawa tersebut memiliki peranan penting dalam menjaga kepadatan mineral tulang.

2. Menurunkan kolesterol

Daun kucai juga diketahui mengandung allicin yang mana merupakan senyawa organosulfur, yang diklaim dapat membantu menurunkan kolesterol sekaligus tekanan darah. Allicin sendiri memiliki peranan dalam melepaskan nitrioksida, sehingga dapat membantu mengurangi kekakuan pada pembuluh darah serta menurunkan tekanan darah.

Tanaman herbal ini juga diketahui mengandung quercetin atau senyawa yang dipercaya mampu mengurangi resiko penumpukan plak dalam arteri. Bahkan studi menunjukkan. bahwasannya orang yang menjalani diet tinggi flavonoid seperti quercetin, memiliki kadar kolesterol dan tekanan darah tinggi yang lebih rendah.

3. Menjaga kesehatan otak

Khasiat daun kucai selanjutnya yakni baik untuk kesehatan otak. Pasalanya, didalamnya terkandung senyawa kolin, yang mana merupakan senyawa penting yang yang dapat menjaga kesehatan otak, termasuk mampu mempertajam ingatan dan juga mengontrol mood.

Hal tersebut diperkuat dengan sebuah penelitian yang diterbitkan The American Journal of Clinical Nutrition pada tahun 2011. Dalam penelitian tersebut melaporkan bahwasannya asupan makanan yang tinggi akan kolin dapat membantu meningkatkan fungsi kognitif otak serta penyimpanan memori verbal juga visual.

4. Mempertajam penglihatan

Daun kucai juga mengandung karoten lutein serta zeaxanthin. Kedua senyawa tersebut diketahui dapat membantu mengurangi stres oksidatif di mata hingga memperlambat perkembangan katarak. Sehingga sering mengonsumsi daun kucai dan makanan bernutrisis lainnya dapat membantu meningkatkan ketajaman penglihatan Anda.

5. Meredakan stres

Kucai juga dikenal sebagai salah satu makanan yang mengandung folat. Dimana senyawa folat sendiri mampu mencegah depresi dengan cara mencegah pembentukan homosistein yang berlebihan dalam tubuh. Karena tubuh yang kelebihan homosistein dalam tubuh sering dikaitkan dengan serangan jantung, stroke, penggumpalan darah hingga mengganggu produksi beberapa hormon yang penting untuk tubuh. Selain dalam kucai, folat juga banyak terkandung dalam asupan makanan lainnya seperti bayam, seledri, buncis dan lainnya.

6. Mencegah kanker

Banyak dari penelitian yang menemukan bahwasannya sayuran yang termasuk ke dalam allium termasuk kucai mengandung sifat antikanker. Bahkan dalam studi yang diterbitkan dalam Journal of National Cancer Institute, banyak peneliti menemukan bahwa pria dengan asupan sayuran allium yang tinggi memiliki resiko lebih rendah terkena penyakit kanker prostat dan resiko kanker lainnya.

Itulah bergai manfaat daun kucai yang ternyata sangat luar biasa bagi kesehatan tubuh. Selain dari pada itu, masih banyak lagi khasiat lainnya yang bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi atau memanfaatkan sayuran dari keluarga bawang ini. Diantaranya mampu meningkatkan kesuburan, menjaga kesehatan rambut, mengatasi bayi kuning, baik utuk ibu hamil hingga membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Namun, apabila Anda memiliki alergi terhadap bawang, sebaiknya Anda tidak mengonsumsi daun kucai ini.

Artikel Lainnya

Back to top button
Close
Close