Parenting

6 Tips Menjaga Kadar Gula Darah Normal Bagi Penderita Diabetes

Tak sedikit daripada penderita diabetes yang mungkin merasakan kesulitan untuk menjaga kadar gula darah tetap di batas normal. Bahkan beberapa diantara mereka tak jarang merasa putus asa juga frustasi, lantaran mereka secara terus menerus harus berjuang untuk mempertahankan gula darah mereka agar tetap normal. Nah untuk sedikit meringankan beban Anda, kami akan berikan sedikit tips agar kadar gula darah Anda tetap normal setiap waktu. Selengkapnya, simak dalam ulasan berikut.

Tips Menjaga Kadar Gula Darah Normal Bagi Penderita Diabetes

6 tips menjaga kadar gula darah normal bagi penderita diabetes

Pada dasarnya, menjaga kadar gula darah tetap dalam batas normal sangatlah penting, terlebih pada penderita diabetes agar mereka bisa tetap hidup sehat. Sebab, apabila kadar gula darah tak bisa terkontrol, maka berbagai komplikasi akan sangat rentan terjadi pada penderita diabetes. Mulai dari penyakit jantung, stroke hingga gagal ginjal.

Maka dari itu, apabila Anda kini telah divonis menderita diabetes, sebaiknya Anda tetap menjaga kadar gula darah Anda tetap normal dengan berbagai tips berikut.

1. Melakukan perencanaan pola makan sehat

Memilih makanan sehat merupakan suatu bagian dari perawatan diabetes yang patut diperhatikan. Karena hal ini sendiri bisa membantu Anda dalam menjaga kadar gula darah. Meski awalnya terasa sulit, namun Anda bisa melakukannya secara bertahap untuk mengubah kebiasaan makan Anda.

Apabila behasil, maka teruskan dan tingkatkan kebiasaan makan yang paling sulit untuk Anda jalani. Namun apabila Anda masih kesulitan, Anda bisa mencari bantuan kepada seorang ahli gizi, untuk membantu menyusun pola makan sehat yang disesuaikan dengan kondisi kesehatan Anda.

2. Tidak melewatkan jadwal makan

Seorang ahli diet di Rush University Medical Center di Chicago bernama Jennifer Ventrelle, RD, CPT memberikan saran agar Anda mengonsumsi makanan dengan jumlah karbohidrat yang sama dan pada waktu yang hampir bersamaan dalam setiap hari. Adapun masih menurutnya, pasien diabetes akan lebih mudah mengontrol gula darah menjadi normal, apabila makanan serta jumlah gram karbohidrat yang mereka konsumsi konsisten.

Apabila Anda mengubah waktu dan jumlah makanan yang Anda makan secara dramtis, maka akan lebih sulit mengendalikan kadar gula darah. Dengan begitu, mematuhi jadwal sarapan, makan siang dan makan malam menjadi cara yang lebih mudah, apabila sewaktu-waktu kadar gula darah Anda meningkat. Untuk itu, anggap saja waktu makan merupakan obat yang bisa menjaga kadar gula darah menjadi normal.

3. Memperhatikan asupan karbohidrat yang tepat

Tips menjaga kadar gula darah normal lainya bis dilakukan dengan selalu memperhatikan dan menghitung asupan karbohidrat yang dikonsumi. Karena sejatinya terdapat 2 jenis karbidrat. Yakni karbohidrat sederhana dan karbohidrat kompleks. Karbohidrat sederhana terbuat dari gula sederhana, sehingga bisa dengan cepat diubah menjadi gula dalam darah, sehingga mampu membuahgula darh cepat melonjak dan cepat menimbulkan rasa lapar kembali.

Sedangkan karbohidrat kompleks, terbuat dari 3 jenis gula yang saling berkaitan satu sama lain. Hal tersebu menyebabkan jenis karbohidrat ini diubah menjadi gula didalam darah secara perlahan, sehingga gula darah tidak melonjak secara cepat dan rasa lapar tak cepat muncul. Mialnya adalah beras merah, oat dan roti gandum. Dan inilah jeis karbohidrat yang tepat dan baik dikonsumsi oleh penderita diabetes, tentu dengan batas tertentu. Untuk mempermudah perhitungan Anda, Anda bisa gunakan Pedoman Gizi Seimbang Kementrian Kesehatan.

4. Konsumsi makanan yang tinggi serat

Suatu penelitian menujukkan, bahwasannya mengonsumsi serat pada penderita diabetes bisa membantu Anda cukup sehat. Serat sendiri bisa membuat Anda menjadi kenyang lebih lama, mengurangi lemak darah, membantu menurunkan gula darah hingga mengurangi resistensi insulin. Selain dari pada itu, mengonsumsi serat secara konsisten juga telah cukup terbukti mampu mencegah penyakit jantung, diabetes tipe 2 serta kanker usus besar.

Untuk itu, Anda bisa mengonsumsi biji-bijian, buah-buahan, sayuran serta kacang polong. Selain serat, berbagai makanan tersebut juga diketahui mengandung karbohidrat yang mana tak lain merupakan sumber serat sehat. Makanan serat juga diketahui mampu menurunkan kadar gula darah, apabila Anda mengonsumsinya lebih dari 25 gr setiap harinya.

5. Kelola stres

Tak hanya selalu tenang makanan maih banyak hal lainnya yang dapat memicu kenaikan kadar gula darah. Salah satu diantaranya seperti stres. Bahkan stres juga diketahui mampu meningkatkan tekanan darah dan juga detak jantung. Oleh karena itu, untuk menjaga kesehatan pikiran juga tubuh, sangatlah penting untuk belajar bagaimana Anda bisa mengurangi stres dengan cara yang tepat. Sehingga dibetes Anda dapat terkendali dengan baik, disamping Anda memperbaiki kesehatan mental juga emosional Anda.

Apabila Anda kini tengah merasa stres, Anda bis mencoba beberapa cara agar kadar gula darah Anda tetap normal. Diantaranya mengambil lima napas yang dalam dan lambat, memainkan musik yang menenangkan, melakukan beberapa peregangan, tidur selama tujuh hingga sembilan jam setiap mmalam, bicara dengan tman atau seorang ahli medis, berpelukan dengan pasangan, anak atau anggta keluarga lainnya dan masih banyak lagi yang lainnya.

6. Aktif bergerak

Menurut American Diabetes Assocition, pasien diabetes tetap harus sehat, sehingga Anda disarankan untuk tetap aktif bergerak. Maka dari itu, luangkan waktu sekitar 30 menit untuk melakukan aerobik di pagi atau sore hari, serta olahraga lainnya yang berkaitan dengan daya tahan. Seperti mendorong, menarik, mengangkat sebanyak dua atau tiga kali dalam seminggu.

Selain mampu menormalkan kadar gula darah, manfaat berolahraga secara teratur bagi penderita diabetes juga bisa membantu tubuh menjadi lebih peka terhadap insulin, mengurangi kolesterol total serta trigliserida, mengurangi tekanan darah, menurunkan erat badan, meningkatkan kekuatan, daya tahan serta fleksibelitas juga mampu meningkatkan energi serta perasaan bahagia.

Baca Juga: Ibu Baim Wong Meninggal, Waspadai Gejala Diabetes

Berapa kadar gula darah normal pada pasien diabetes?

Menurut dari Perkumpulan Endokrinologi Indonesia (Perkeni) menjelaskan, bahwasannya penderita diabetes mellitus dianggap memiliki kadar gula darah normal apabila:

  • Pemeriksaan kadar gula darah puasa yang diambil dari darah kapiler (pemeriksaan gula darah dari ujung jari) sebesar 80-130 mg/dl.
  • Kadar gula darah 1 hingga 2 jam setelah makan dari pemeriksaan kapiler kurang dari pada 180 mg/dl
  • Kadar HbA1C kurang daripada 7%.

Selain itu, kadar kolesterol juga harus terkontrol pada pasien diabetes. Para diabetesi dianjurkan memiliki kadar kolestrol LDL (low-density lipoprotein) kurang dari 100 mg/dl serta trigliserida kurang dari 150 mg/dl.

Nah itulah infomasi yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini seputar tips menjaga kadar gula darah tetap normal pada penderita diabetes. Namun tak hanya berlaku pada penderita diabetes saja, melainkan juga sangat baik untuk dilakukan Anda yang kini tengah mengalami kenaikan kadar gula darah yang sangat tinggi dan beresiko berkembang menjadi diabetes. Semoga bermanfaat!

Artikel Lainnya

Back to top button
Close
Close