Parenting

7 Cara Meningkatkan Imunitas Tubuh Untuk Cegah Penularan Virus Corona

Cara tingkatkan imunitas tubuh sebagai antisipasi penularan virus corona (COVID-19) terbilang cukup mudah. Anda hanya perlu melakukan perilaku hidup sehat, disamping memperhatikan berbagai cara cegah virus corona yang telah dianjurkan WHO beberapa waktu lalu. Lalu, bagaimana cara menambah sistem imun tubuh yang tepat? Nah untuk informasi selengkapnya, Anda bisa simak ulasan berikut ini.

pemerintah untuk penanganan virus corona

Setiap hari, kasus infeksi virus corona di Dunia termasuk di Indonesia kian meningkat. Adapun pada pagi ini, senin (16/03/2020), juru bicara pemerintah untuk penanganan virus corona Ahmad Yurianto memaparkan bahwa terdapat penambahan 17 pasien baru yang positif terinfeksi COVID-19. Sehingga apabila di totalkan total jumlah kasus pandemi COVID-19 di Indonesia terdiri dari 134 kasus terinfeksi, dengan 8 sembuh dan 5 diantaranya meninggal dunia.

Kondisi merebaknya penularan gejala virus corona ini, tentu membuat masyarakat menjadi panik dan khawatir. Meski begitu, Anda Anda harus tetap tenang dan melakukan berbagai langkah preventif atau pencegahan penularan virus ini. Salah satunya ialah dengan meningkatkan sistem imunitas tubuh. Kekebalan tubuh atau sistem imun sendiri merupakan sel-sel yang berperan penting dalam melindungi tubuh dari berbagai bakteri serta virus dari luar. Maka dari itulah, sangat penting bagi kita untuk meningkatkan sistem imun guna mencegah resiko terjadinya penularan COVID-19.

Tips dan cara tingkatkan sistem imun tubuh untuk mencegah penularan virus corona

Berikut tim herbaltv.co.id telah merangkum informasi terkait cara menambah atau meningkat sistem imun tubuh yang mudah dan tepat guna langlah preventif andemi COVID-19. Diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Makanan teratur dan tepat waktu

meningkatkan sistem imunitas tubuh dengan makan tepat waktu

Langkah pertama yang bisa Anda guna meningkatkan sistem imunitas tubuh ialah dengan makan secara teratur dan tepat waktu. Alasannya, karena saat tubuh Anda memiliki imunitas yang kurang baik, maka asupan vitamin serta mineral yang berasal dari makanan bisa membantu kondisi tubuh menjadi cepat pulih.

Untuk itu, pastikan makanan yang Anda konsumsi mengandung antioksidan, vitamin A, C, E serta nutrisi lainnya yang mampu mendukung sistem kekebalan tubuh tetap terjaga. Selain dari pada itu, perhatikan pula pola makan Anda serta. Usahakan untuk tetap makan secara teratur meski Anda dihadapkan dengan kegiatan yang padat.

2. Memperbanyak konsumsi buah dan sayur

cara tingkatkan sistem imunitas tubuh

Tak hanya makan secara teratur dan tepat waktu, Anda juga disarankan untuk memperbanyak mengonsumsi sayur juga buah guna menjaga serta meningkatkan imunitas tubuh. Hal tersebut dikarenakan didalam buah serta sayur terdapat berbagai jenis vitamin serta mineral yang sangat dibutuhkan tubuh guna meningkatkan sistem imunitas dalam melawan ancaman virus serta bakteri penyebab penyakit.

Bahkan menurut suatu penelitian, mengonsumi banyak buah dan sayur cenderung membuat tubuh tidak mudah jatuh sakit. Maka dari itu, usahakan untuk mengonusmi sayur di saat jadwal makan siang dan makan malam Anda. Selain itu, konsumsi juga buah saat sarapan ataupun dijadikan sebagai snack.

3. Istirahat yang cukup

Cara sederhana lainnya yang bisa Anda lakukan untuk tingkatkan sistem imunitas tubuh ialah dengan beristirahat yang cukup. Karena menurut suatu penelitian, kurang istirahat atau waktu tidur dapat membuat tubuh rentan terkena penyakit. Kondisi tersebut bisa disebabkan lantaran tubuh menghasilkan antibodi yang cenderung sedikit saat tubuh tidak beristrirahat dengan cukup.

Selain dari pada itu, kurang tidur juga bisa membuat seseorang menjadi lebih rentan stres hingga mengalami insomnia. Maka dari itu, sangat disarankan untuk mencukupi kebutuhan waktu tidur sesuai usia. Dimana waktu istirahat yang ideal untuk orang dewasa ialah 7-8 jam per harinya.

4. Berolahraga secara teratur

berolahraga untuk tingkatkan kekebalan tubuh

Tak hanya menjadikan tubuh lebih bugar, berolahraga secara teratur dan rutin juga mampu melindungi tubuh dari ancaman berbagai penyakit. Karena dengan berolaharga, peredaran darah menjadi lebih lancar dan sistem kekebalan tubuh dapat meningkat.

Adapun dalam memilih jenis olahraga, Anda bisa melakukan jenis olahraga yang mudah dan tidak berat. Misal jalan kaki, lari hingga lompat tali kurang lebih selama 30 menit.

5. Memperbanyak mengonsumsi air putih

Mengonsumsi air putih yang cukup juga bisa meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh lho. Hal tersebut dikarenakan air mampu membawa oksigen ke sel-sel tubuh, sehingga sistem organ tubuh menjadi lancar. Selain itu, air juga mampu membersihkan berbagai jenis racun berbahaya dalam tubuh. Untuk itu, sangat disarankan untuk mengonsumsi air putih minimal 8 gelas dalam sehari.

6. Hindari stres

Menjaga diri dari stres berlebihan juga merupakan salah satu kunci utama untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh. Pasalnya, stres yang tak terkendali mampu meningkatkan produksi hormon kortisol. Bahkan dalam jangka waktu yang pangjang, peningkatan hormon ini mampu menurunkan fungsi kekebalan tubuh.

Untuk itu, apabila Anda mulai merasa penat segera luangkan waktu untuk sedikit bersantai dan melepas lelah. Misal, dengan berendam di air hangat, mlakukan meditasi hingga menonton film sekiranya bisa menjadi alternatif agar bisa terhindar dari rasa stres berlebihan.

7. Mengonsumsi vitamin C secara teratur

konsumsi vitamin C dapat meningkatkan imunitas tubuh

Cara tingkatkan imunitas tubuh yang terakhir adalah dengan mengonsumsi vitamin C secara teratur. Vitamin C atau asam askorbat telah sejak lama diketahui sebagai nutrisi yang sangat bermanfaat untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Vitamin yang satu ini mampu menstimulasi istem imun tubuh untuk melawan sel-sel asing yang masuk ke dalam tubuh.

Menurut sebuah penelitian, suplemen vitamin C juga mampu meningkatkan jumlah antibodi yang diproduksi oleh tubuh. Maka dari itu, jika Anda in gin sistem imun tubuh tetap terjaga bahkan bertambah, jangan lupa untuk mengonsumsi vitamin C secara rutin. Selain dalam bentuk suplemen, vitamin C juga terdapat dalam berbagai jenis buah-buahan seperti jeruk, stoberi, jambu biji hingga pepaya.

Artikel Lainnya

Back to top button
Close
Close