Manfaat

7 Manfaat Daun Adas Untuk Kesehatan Yang Masih Jarang Diketahui

Manfaat daun adas mungkin masih jarang diketahui oleh sebagian orang. Padahal, tanaman yang satu ini diketahui memiliki banyak kandungan senyawa alami yang baik bagi kesehatan pria, wanita bahakan ibu ha mil dan menysui sekalipun. Lalu sebenarnya, apa saja manfaat konsumsi daun adas? Selengkapnya, Anda bisa simak jawabannya dalam ulasan berikut.

Mengenal daun adas dan kandungan didalamnya

manfaat adas

Sebagian orang mungkin tidak asing lagi dengan tanaman adas. Ya wajar saja, hal tersebut memang dikarenakan tanaman ini sejak dulu sering kali digunakan sebagai rempah masakan sekaligus obat tradisional. Terutama bagian daunnya. Bahkan daun adas juga biasa dikonsumsi sebagai campuran pecel atau lalapan.

Daun adas sendiri dikenal memiliki beragam khasiat untuk kesehatan lantaran mampu memberikan efek antioksidan, antiinflamasi juga antibakteri. Selain itu, daun adas segar juga diketahui sangat rendah kalori namun tinggi akan kandungan vitamin juga mineral penting. Diantaranya seperti vitamin C, A, mangan, kalsium, tembaga, magnesium, kalium, riboflavin an seng.

Manfaat daun adas bagi kesehatan yang masih jarang diketahui

manfaat daun adas

Berikut adalah berbagai kegunaan daun adas yang berhasil kami rangkum dari berbagai sumber terpercaya.

1. Mengandung antioksidan tinggi

Daun dari tanaman adas diketahui mengandung berbagai jenis antioksidan, diantaranya seperti flavonoid, terpenoid, tanin dan vitamin C. Kandungan ini juga terdapt pada bagian tumbuhan adas lainnya yakni biji adas. Antioksidan sendiri tak lain merupakan senyawa alami yang membantu melindungi sel terhadap keruksakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

Mengonsumsi makanan kaya antioksidan seperti daun adas ini dapat membantu mengrangi peradangan kronis juga mencegah hingga mengobati kondisi tertentu. Termasuk masalah jantung, alzheimer, reumatoid arthritis serta beberapa jenis kanker tertentu.

2. Tingkatkan kesehatan jantung

Kandungan flavonoid yang terkandung dalam daun adas telah terbukti mampu melindungi kesehatan jantung lantaran kandungan antioksidan dan antiinflamasi yang kuat didalamnya. Selain dari pada itu, kandungannya juga mampu menurunkan faktor resiko tambahan untuk penyakit jantung. Seperti terjadinya peningkatan tekanan darah, trigliserida, kadar kolesterol LDL serta peradanan kronis.

3. Efektif turunkan kadar gula darah

Daun adas diketahui baik dikonumsi oleh penderita diabetes lantaran efeknya mampu turunkan kadar gula darah. Kandungan serat yang tinggi didalam daun adas mampu mengatasi lonjakan kadar gula darah. Bahkan bagi mereka yang sehat, memliki kadar gula darah tinggi mampu meningkatkan faktor resiko seperti terjadinya resistensi inulin, sin drom metabolik serta diabetes tipe 2.

4. Cegah kanker

Kandungan monoterpen, khususya d-limonene yang terkandung dalam daun adas diketahui memiliki sifat antikanker. Monoterpen sendiri merupakan senyawa alami yang sering dikaitkan dengan antikanker, antivirus, antijamur serta sifat anti-inflamasi. Adapun lebih khusus lagi, d-limonene merupakan jenis monoterpene yang telah ditunjukkan oleh penelitian dan mampu mencegah dan mengobati kanker paru-paru, payudara dan juga usus besar.

5. Menyehatkan tulang

Didalam daun adas juga diketahui terkandung sejumlah senyawa alami yang memiliki peranan penting dalam menjaga kesehatan tulang. Diantaranya seperti kalsium, magnesium dan fosfor. Kandungan vitamin dan mineral dalam adas juga diketahui berkontribusi dalam membangun juga mempertahankan struktur juga kekuatan tulang. Selain dari pada itu, didalam daun adas juga terkandung vitamin K, yang mana memiliki peranan dalam memodifikasi protein matriks tulang, meningkatkan penyerapan kalsium, serta mampu mengurangi eksresi kalsium dalam urin.

6. Meningkatkan sekresi ASI

Manfaat daun adas untuk ibu menyusui juga patut untuk diperhitungkan. Pasalnya, didalamnya terdapat sifat galaktogenik yang mampu meningkatkan seksresi ASI serta kadar prolaktin dalam darah. Prolaktin sendiri ialah hormon yang memberi sinyal tubuh untuk memproduksi ASI.

7. Mengontrol tekanan darah

Kandungan mineral yang terdapat dalam daun adas seperti magnesium, kalium dan kalsium mampu menurunkan tekanan darah secara alami. Karena itu, sehingga tak heran jika daun adas ini di sebut-sebut baik untuk menjaga kesehatan jantung. Kalium didalam adas juga diketahui mampu mengatur asupan natrium dalam tubuh. Asupan natrium yang tinggi sering kali di kaitkan dengan tekanan darah tinggi ataupun hipertensi.

Nah itulah ber bagai manfaat daun pohon adas untuk kesehatan. Selain dari pada itu, masih banyak lagi khasiat daun adas lainnya. Diantaranya adalah meningkatkan metabolisme tubuh, meningkatkan daya ingat, menurunkan berat badan, mencegah peradangan hingga baik untuk kecantikan kulit. Dan perlu Anda ketahui, bahwasannya tak hanya bagian daunnya saja. Masyarakat juga sering memanfaatkan biji dan minyak adas untuk pengobatan.

Artikel Lainnya

Back to top button
Close
Close