Manfaat

7 Manfaat Daun Pegagan Paling Menakjubkan Bagi Kesehatan

Manfaat daun pegagan mungkin belum banyak diketahui banyak orang. Padahal tanaman liar ini memiliki segudang manfaat untuk kesehatan hingga pengobatan. Bagi Anda yang ingin mengetahui informasi selengkapnya mengenai khasiat tanaman ini, Anda sebaiknya menyimak ulasan dari tim herbal TV berikut ini ya.

manfaat daun pegagan

Pegagan (centella asiatica alias gotu kola) merupakan jenis tanaman liar yang banyak tumbuh di beberapa Negara di Asia. Seperti Tiongkok, Indonesia, Jepang dan juga India. Hanya saja sejak ribuan tahun lalu, tanaman yang juga sering disebut antanan dan tapak kuda ini telah dimanfaatkan sebagai ramuan abadi untuk untuk pengobatan beragam jenis penyakit.

Khasiat daun pegagan yang melimpah ini ternyata menarik banyak ahli untuk meneliti lebih lanjut terkait efektivitas dari tanaman herbal ini. Bahkan saat ini, beberapa dari khasiatnya telah terbukti secara ilmiah mampu membantu mengobati penyakit tertentu.

7 Manfaat daun pegagan yang menakjubkan untuk kesehatan dan pengobatan penyakit

Adapun daun pegagan sendiri diketahui mengandung sejumlah zat bioaktif yang berperan sebagai antioksidan, antivirus, antibakteri dan antiulcer. Selain itu, masih banyak kandungan alami didalamnya yang tentunya bermanfaat bagi tubuh.

1. Manfaat daun pegagan untuk meningkatkan kesehatan otak

Salah satu manfaat daun pegagan yang terkenal adalah mampu meningkatkan kesehatan otak. Hal tersebut didukung dengan penelitian kecil pada tahun 2016, yang mana membandingkan efek ekstrak daun pegagan juga asam folat guhna meningkatkan fungsi otak setelah mengalami stroke.

Dari penelitian tersebut diketahui, bahwasannya pegagan juga asam folat, sama-sama memiliki manfaat dalam meningkatkan fungsi otak. Hanya saja para ahli menemukan bahwasannya pegagan lebih efektif dalam meningkatkan daya ingat seseorang setelah terserang stroke dibanding asam folat.

2. Khasiat daun pegagan untuk meringankan gejala penyakit alzheimer

Daun pegagan juga telah diketahui memiliki kemampuan guna meningkatkan fungsi dari pada memori dan saraf. Dan peningkatan pada kedua fungsi tersebut digadang-gadang memiliki potensi membantu pengobatan penyakit alzheimer.

Bahkan berdasarkan studi pada tikus, ekstrak pegagan diketahui mampu melindungi sel-sel otak dari keracunan juga dari pembentukan plak yang dapat memicu penyakit alzheimer.

3. Khasiat daun pegagan untuk meredakan rasa cemas dan stres

Didalam daun pegagan terkandung senyawa yang bernama triterpenoid. Kandungan tersebut diketahui memiliki banyak manfaat untuk tubuh, dan salah satunya adalah mampu meredakan rasa cemas dan stres. Bahkan efek pegagan pada fungsi otak mampu membuatnya menjadi obat antidepresan yang efektif.

Penelitian dilakukan guna mendukung temuan tersebut. Penelitian ini sendiri dilakukan pada 33 orang dengan gangguan kecemasan umum. Dan mereka menemukan bahwasannya ekstrak daun pegagan yang dikonsumsi selama 60 hari mampu meredakan stres, kecemasan bahkan depresi. Bahkan para Ahli menduga bahwasannya ekstrak daun antanan ini mampu dijadikan sebagai pengganti obat antidepresan.

4. Kegunaan daun pegagan untuk mempercepat penyembuhan luka

Manfaat ekstrak daun pegagan juga diyakini efektif untuk mempercepat penyembuhan luka. Bahkan menurut penelitian terbaru yang dilakukan tahun 2018 silam, mengamati akan kegunaan daun pegagan guna mengurangi jaringan parut setelah oprasi. Dan hasilnya, pasien yang minum ekstrak daun pegagan secara rutin setelah operasi mengalami kesembuhan lebih cepat. Bahkan, kemunculan jaringan parut di area bekas sayatan operasi lebih sedikit.

Bahkan tak cukup sampai disitu, centella asiatica juga mampu dimanfaatkan sebagai salep untuk luka bakar. Hal tersebut berdasrkan laporan yang diterbitkan dalam jurnal Medicine. Dalam laporan tersebut diketahui bahwa seorang pasien yang mengalami luka bakar dan langsung mengoleskan salep ekstrak tanaman herbal ini pada daerah yang terluka. Hasilnya ia mengalami kesembuhan lebih cepat.

Setelah cukup lama dikajii, ternyata kandungan yang dikenal dengan triterpenoid dalam pegagan memiliki peran untuk mempercepat penyembuhan luka. Selain itu, senyawa ini juga mampu meningkatkan kadar antioksidan hingga suplai darah ke area luka.

5. Khasiat daun pegagan untuk melancarkan aliran darah

Khasiat daun pegagan lainnya yakni mampu mengurangi terjadinya pembenkak juga melancarkan aliran darah terlebih pada orang yang memiliki varises dan insufisiensi vena. Adapun penelitian yang diterbitkan oleh Angiology menunjukkan pegagan bermanfaat dalam membantu pengobatan hipertensi vena.

Bahkan, menurut sebuah Jurnal tinjauan sistematis menunjukkan, bahwasannya daun pegagan juga mampu mengurangi gejala-gejala insufiensi vena, Seperti halnya nyeri, bengkak serta keluahan kaki yang terasa berat. Adapun manfaat daun pegagan ini lagi-lagi diiduga berasal dari senyawa triterpenoid pada daun yang memiliki sifat antiperadangan. Kandungan kimia ini juga dapat menstimulasi pembentukan kolagen dan glikosaminoglikan yang dapat merangsang penyembuhan luka.

6. Kegunaan daun pegagan untuk menghilangkan stretch mark

Berdasarkan studi yang dilakukan pada tahun 2013, Tanaman obat herbal yang satu ini juga diguga mapu menyamarkan hingga menghilangkan stretch marks di kulit. Berkat kandungan terpenoid yang terkandung didalam pegagan ini mampu meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh. Selain mampu menyamarkan stretch mark yang sudah ada, juga mampu mencegah munculnya strech mark yang baru.

7. Manfaat daun pegagan untuk mengatasi masalah pencernaan

Kandungan zat antibakteri dalam pegagan juga diketahui mampu mengatasi masalah pencernaan seperti diare. Selain itu, sejumlah masalah pencernaan lainnya seperti asam lambung dan juga perut kembung dapat diatasi dengan tanaman ini, yang mana masyarakat bali menyebutnya piduh.

Nah itulah sederet manfaat daun pegagan bagi tubuh. Adapun selain berbagai manfaat yang telah di paparkan diatas, masih terdapat banyak manfaat lainnya dari daun pegagan. Diantaranya mulai dari mampu mencegah penuaan dini, menyehatkan liver, paru-paru, rambut, jantung, baik untuk anak autis, ibu hamil, mengobati stroke, membasmi kanker, dipercaya dapat memanjangkan usia, hingga dipercaya baik untuk kecantikan seperti menghilangkan jerawat.

Untuk cara mengonsumsinya sendiri, Anda bisa mengolah daun pegagan ini berupa olahan jus, teh hingga sayur pegagan. Adapun jika Anda ingin mengonsumsi suplemen atau kapsul pegagan, pastikan Anda memilih suplemen yang terlah terdaftar di Dinas Kesehatan dan BPOM, untuk khasiat maksimal juga mencegah kemungkinan munculnya efek samping daun pegagan.

Artikel Lainnya

Back to top button
Close
Close