Manfaat

7 Manfaat Lidah Buaya Bagi Kesehatan Yang Masih Jarang Diketahui

Manfaat lidah buaya untuk rambut dan kecantikan kulit mungkin sudah banyak kita dengar. Sehingga kita sering menemukan tanaman yang satu ini dalam komposisi sampo, produk perawatan rambut dan kecantikan lainnya. Namun sudahkah Anda mengetahui, bahwa selain itu, lidah juga memiliki banyak khasiat untuk kesehatan? Apabila Anda ingin mengetahui apa saja kegunaan lidah buaya bagi kesehatan, Sebaiknya Anda simak informasi selengkapnya dalam ulasan berikut.

manfaat lidah buaya

Lidah buaya atau yang lebih dikenal sebagai aloe vera merupakan sejenis tanaman yang mengandung beragam jenis nutrisi dari famili xanthorrhoeaceae. Diantaranya ialah protein, lemak, karbohidrat, fosfor, kalsium, zat besi, vitamin A, B1 dan C serta berbagai jenis asam amino.Tanaman yang berasal dari Mediterania ini, kini telah banyak di budidayakan di Asia, Eropa hingga Amerika Selatan.

Adapun salah satu khasiatnya yang begitu populer di kalangan masyarakat ialah khasiatnya yang sangat baik untuk kulit dan juga rambut. Dan itulah alasannya, mengapa lidah buaya sangat sering dipakai sebagai salah satu komposisi pembuatan dalam industri kosmetik dan perawatan kulit juga rambut. Mulai dari produk sabun, sampo, losion hingga krim wajah. Selain itu, lidah buaya juga bisa dikonsumsi dalam bentuk makanan maupun minuman.

Bahkan di sejumlah negara, aloe vera ini sering dianfaatkan sebagai obat herbal atau pengobatan tradisional di sejumlah negara. Mulai dari mengobati penyakit sembelit hingga infeksi. Bahkan dalam pengobatan Cina, aloe vera sering digunakan untuk mengobati penyakit jamur.

Khasiat dan manfaat lidah buaya bagi kesehatan

Untuk kecantikan, lidah buaya sering dimanfaatkan untuk merawat dan menutrisi rambut, melembabkan kulit, membantu menghaluskan permukaan kulit, menjadi nutrisi yang baik untuk semua jenis kulit, mencegah bibir pecah-pecah, melentikan bulu mata, menghilangkan jerawat dan komedo, mengecilkan pori-pori hingga mencerahkan kulit wajah. Adapun untuk kesehatan, lidah buaya dipercaya memiliki khasiat sebagai berikut.

1. Mempercepat penyembuhan luka

Didalam lidah buaya diketahui terkandung zat antiinflamasi yang dapat mempercepat penyembuhan luka, terlebih luka bakar. Kandungan kalsium dan antioksidan didalamnya juga nanpu mempercepat pembelahan sel-sel keratinosit (sel penghasil zat keratin di kulit) serta memperkuat jaringan di kulit. Selain itu, sifat antibakteri didalamnya juga efektif dalam melawan infeksi yang diakibatkan oleh bakteri sehingga mampu mempercepat pemulihan.

2. Mengatasi iritasi

Saat kulit tiba-tiba mengalami iritasi atau radang, layaknya eksim, psoriasis atau rosacea, maka selain dengan salep dari apotik, Anda juga bisa mengatasinya dengan memanfaatkan bahan alami. Diantaranya seperti dengan lidah buaya. Hal tersebut karena didalamnya terkandung antiinflamasi yang sangat baik dalam membantu penyembuhan iritasi pada kulit.

3. Meningkatkan kekebalan tubuh

Aloe vera juga diketahui memiliki peranan penting dalam membantu penyerapan vitamin dan mineral yang mana sangat berguna untuk tubuh secara maksimal, sehingga mampu meningkatkan kekebalan tubuh. Sehingga sekarang tak sedikit daripada produk lidah buaya yang tersedia dalam bentuk suplemen makanan.

4. Menjaga kesehatan gigi dan mulut

Kandungan antibakteri yang terdapat didalam lidah buaya juga sangat baik guna menjaga kesehatan gigi dan mulut. Salah satu diantaranya yakni mampu mengatasi plak gigi,

5. Menyehatkan sistem pencernaan

Lidah buaya diketahui memiliki zat enzim yang dapat membantu pencegahan tertimbunnya gula dan lemak dalam tubuh, sehingga mampu melancarkan sistem pencernaan. Bahkan lebih dari itu, lidah buaya juga dipercaya mampu menurunkan resiko terjadinya iritasi lambung dan usus.

6. Menjaga kesehatan organ hati

Senyawa fitonutrien yang terdapat didalam lidah buaya ternyata sangat bermanfaat untuk mendukung kesehatan organ hati. Karena fungsi hati sendiri akan bekerja optimal apabila mendapatkan nutrisi dengan baik. Adapun untuk salah satunya ialah Anda bisa dengan rutin mengonsumsi jus lidah buaya secara teratur guna menjaga kesehatan organ hati.

7. Mengurangi berat badan

Manfaat lidah buaya lainnya diketahui sangat baik dalam membantu proses detoksifikasi tubuh. Dimana secara tidak langsung mampu membuat proses metabolisme dalam tubuh menjadi meningkat sehingga tidak akan ada timbunan lemak dalam tubuh. Hal demikian tentunya sangat bermanfaat untuk membantu menurunkan berat badan Anda. Disamping itu, sistem pencernaan juga akan terjaga kesehatannya.

Nah itulah sederet manfaat lidah buaya bagi kesehatan tubuh yang umumnya masih jarang diketahui. Selain dari pada itu, masih banyak lagi manfaat aloe vera lainnya untuk kesehatan terutama jika dikonsumsi dengan herbal lainnya, seperti madu, lemon, jeruk nipis atau bahan alami lainnya sesuai kebutuhan. Diantaranya ialah untuk ereksi, mengatasi hipertensi, gatal di selangkalangan, baikn untuk ibu hamil dan menyusui hingga dipercaya sebagai alternatif untuk mengatasi HIV. Semoga bermanfaat.

Artikel Lainnya

Back to top button
Close
Close