Manfaat

7 Manfaat Serai Untuk Kesehatan Tubuh Yang Masih Jarang Diketahui

Manfaat daun serai untuk sebagaian orang mungkin hanya dikenal sebagai peng harum atau penyedap untuk aroma masakan. Namun lebih dari itu, ternyata serai juga menyimpan segudang kebaikan untuk kesehatan tubuh Anda. Lalu, apa saja khasiat serai bagi kesehatan? Ketahui informasi selengkapnya dalam ulasan berikut.

Sedikit mengenal serai dan kandungan nutrisi didalamnya

manfaat serai

Serai memiliki nama latin Cymbopogon citratus adalah jenis tanaman yang memiliki rasa khas yang segar. Sehingga tak jarang, tanaman yang dimanfaatkan bagian batangnya ini digunakan dalam banyak masakan lezat Asia, seperti masakan Indonesia dan Thailand. Adapun di India, air rebusan serai sering dimanfaatkan sebagai obat herbal Ayudrvedic.

Ya, belakangan ini setelah dilakukan banyak penelitian diketahui tanaman yang sering di sebut sereh ini memiliki khasiat yang luar biasa bagi kesehatan. Hal tersebut tak pulut dari berbagai kandungan senyawa alami yang terdapat didalamnya. Menurut USDA National Nutrient Database, didalam 100 gr serai terdapat berbagai kandungan nutrisi sebaai berikut:

Kalori ……………………………………………………… 99 kkal
Karbohidrat …………………………………………….. 25.31 g
Protein …………………………………………………… 1.82 g
Lemak ……………………………………………………. 0.49 g
Asam folat ………………………………………………. 75 mcg
Vitamin A ……………………………………………..… 6 mg
Vitamin C …………………………………………….…. 2.6 mg
Thiamin (Vitamin B1) ………………………….….. 0.065 mg
Riboflavin (Vitamin B2) ………………….……….. 0.135 mg
Niasin (Vitamin B3) …………………………………. 1.101 mg
Piridoksin (Vitamin B6) …………………………… 0.80 mg
Kalium ………………………………………………….. 723 mg
Kalsium ………………………………………….……… 65 mg
Sodium ………………………………………………….. 6 mg
Tembaga ……………………………………………….. 0.266 mg
Besi ………………………………………………………. 8.17 mg
Magnesium …………………………………………… 60 mg
Mangan …………………………………………………. 5.244 mg
Selenium …………………………………….………… 0.7 mcg
Zinc ………………………………………………………. 2.2 mg

Bahkan selain berbagi kandungan nutrisi diatas, serai juga diketahui mengandung berbagai sifat. Diantaranya seperti antijamur, antibakteri, antiinflamasi, direutik, antidepresan, analgesik, antipireutik serta antioksidan.

Khasiat dan manfaat serai bagi kesehatan tubuh

khasiat serai

Dilihat dari berbagai kandungan dan sifatnya, tak heran apabila serai memiliki beragam manfaat untuk kesehatan. Adapun berbagai khasiat serai menurut para ahli adalah sebagai berikut.

1. Mengobati sariawan

Sifat antiinflamasi, antibakteri dan antijamur yang terdapat dalam serai dipercaya ampu menjaga kesehatan mulut. Sehingga tanaman ini dipercaya mampu mengobati infeksi mulut atau sariawan yang disebabkan oleh infeksi jamur maupun bakteri. Bahkan suatu penelitian mengungkap, bahwasannya serai mampu menurunkan gejala infeksi mulut akibat jamur pada penerita HIV/AIDS.

2. Meredakan flu

Mengonsumsi teh sereh juga diketahui mampu meredakan gejala flu, seperti halnya demam dan juga hidung tersumbat. Meski begitu, sereh tidak memiliki kemampuan untuk mengobati flu yang disebabkan oleh infeksi virus. Sehingga herbal yang satu ini hanya dimanfaatkan sebagai pengobatan pendamping saja.

3. Mengontrol tekanan darah

Sifat direutik yang dimiliki serai mampu membuang kelebihan garam didalam tubuh melalui urine. Kelebihan darah sendiri merupakan salah satu faktor penyebab hipertensi. Sehingga, apabila Anda mengonsumsi serai secara rutin mampu mengontrol tekanan darah tetap stabil seiring menurunnya kadar garam dalam tubuh.

4. Menjaga kadar kolesterol

Sebuah penelitian menunjukkan, bahwasannya serai mampu meningkatkan kadar kolesterol baik dan mencegah penyerapan kolesterol jahat dalam pencernaan. Dengan begitu, kadar kolesterol jahat atau LDL dalam tubuh tidak akan naik. Hanya saja efektifitas dari dari daun ini perlu diuji kembali guna menurunkan kolesterol jahat.

5. Menyehatkan sistem pencernaan

Manfaat batang serai lainnya diketahui mampu memelihara sistem pencernaan. Karena setiap harinya tidak terhitung berapa banyak bakteri yang masuk ke dalam pencernaan kita. Nah, serai atau sereh melindungi sistem pecernaan kita dengan cara membunuh bakteri patogen yang masuk ke dalam sistem pencernaan.

Serai juga tak hanya mencegah terjadinya infeksi, melainkan juga dipercaya mampu mengatasi berbagai gejala masalah pencernaan. Mulai dari masalah kembung, diare hingga sembelit. Serai juga diketahui mampu meredakan nyeri haid lantaran sifat analgesik yang dimilikinya.

6. Meredakan nyeri otot dan sendi

Efek analgesik yang dimiliki sereh juga diketaui mampu mengatasi nyeri lainnya sepeti nyeri otot dan sendi. Manfaat tersebut bisa Anda dapatkan degan cara mengonsumsi teh sereh atau melakukan pijat menggunakan minyak sereh.

7. Mengatasi depresi

Sifat antidepresan yang dimiliki oleh serai mampu menurunkan gejala depresi seperti stres, cemas dan gangguan tidur. Aroma sereh dipercaya merelaksasi otot juga saraf, sehingga pikiran Anda menjadi lebih tenang dan tidur Anda menjadi lebih nyenyak. Untuk mendapatkan manfaat yang satu ini, Anda bisa mengonsumsi teh daun serai sebelum tidur.

Selain daripada apa yang telah di paparkan diatas, masih banyak lagi manfaat serai wangi lainnya. Diantaranya seperti mengcegah gigitan nyamuk, mengatasi ketombe, mengatasi gigi berlubang, melawan radikal bebas, hingga menurunkan berat badan secara alami. Adapun untuk cara pengolahannya, Anda bisa mengolahnya dengan cara merebusnya bersama air hingga mendidih. Air godokan atau air rebusan serai juga bisa Anda di campur dengan herbal lainnya seperti madu, lemon, jeruk nipis, jahe, kunyit, daun salam, kayu manis dan bahan herbal lainnya sesuai kebutuhan. Semoga bermanfaat.

Artikel Lainnya

Back to top button
Close
Close