Manfaat

9 Manfaat Temulawak Yang Luar Biasa Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat temulawak ternyata memiliki kebaikan yang melimpah bagi kesehatan. Bahkan sejak dulu, rimpang ini juga telah dimanfaatkan sebagai pengobatan tradisional khas Indonesia. Lalu, apa saja khasiat temulawak yang telah terbukti secara ilmiah? Untuk itu, Anda bisa simak ulasan singkat berikut ini.

Sekilas mengenal temulawak dan kandungan didalamnya

manfaat temulawak

Temulawak memiliki nama latin curcuma xantorrhiza merupakan jenis tanaman obat yang termasuk ke dalam suku temu-temuan. Tanaman yang bentuknya menyerupai kunyit ini, biasanya seperti silinder dengan diameter 6 cm, dengan warna kulit kuning muda dan akar rimpang. Dulu, temulawak banyak tumbuh di hutan, padang alang-alang dan tanah-tanah kering. Namun sekarang temulawak bisa dengan mudah Anda jumpai. karena temulawak telah banyak dibudidayakan.

Didalam rimpang temulawak sendiri, diketahui terkandung sejumlah senywa seperti kurkuminoid, pati, protein, lemak, selulosa, minyak atsiri juga mineral. Adapun yang menjadi komponen terbesar dalam temulawak adalah pati. Senyawa ini berwarna putih kekuningan lantaran terkandung kurkuminoid (zat pemberi warna kuning pada temuwalak dan kunyit) didalamnya. Adapun berbagai kandungan temulawak selengkapnya adalah sebagai berikut.

  • Abu 0,37%
  • Protein 1,52%
  • Lemak 1,35%
  • Serat 0,80%
  • Karbohidrat 79,96%
  • Kurkumin 15 ppm
  • Kalium 11,45 ppm
  • Natrium 6,38 ppm
  • Kalsium 19,07 ppm
  • Magnesium 12,72 ppm
  • Zat besi 6,38 ppm
  • Mangan 0,82 ppm
  • Kadmium 0,02 ppm

Selain dari pada itu, terdapat tigazat aktif lainnya yang terkandung dalam rimpang ini. Diantaranya adalah germakron yang berfungsi sebagai antiradang dan menghambat pembengkakakan, P-toluilmetillkarbinol dan seskuiterpen d-kamper yang berfungsi utuk meningkatkan prosuksi dan empedu serta Tumeron yang memiliki fungsi sebagai antimikroba.

Khasiat dan manfaat temulawak bagi kesehatan tubuh

khasiat temulawak

Berikut adalah berbagai manfaat yang bisa Anda dapatkan dari rimpang temulawak, yang berhasil kami rangkum dari sumber terpercaya.

1. Mengatasi masalah pencernaan

Temulawak diketahui memiliki kemampuan memproduksi cairan empedu dalam kantong empedu. Hal tersebut tentu dapat membantu pencernaan serta metabolisme makanan dalam tubuh. Selin dari pada itu, paa ahli juga menyebutkan bahwasannya temulawak memiliki manfaat untuk mengatasi perut kembung, pencernaan yng tidak lancar hingga meningkatkan nafsu makan.

Dalam suatu studi yang dipublikasikan dalam Jurnal Gastroenterolog anf Hepatology, meeka meminta para pasien penderia perdangn usus untuk mengonsumsi temulawak setiap harinya. Dan hasinya menujukkan bahwa kelompok pasien terseut mengalami prses penyembuhan yang lebih cepat dibandig denga kelompok pasien yang tidak mengonsumsi temulawak.

2. Mengatasi penyakit radang sendi

Manfaat temulawak untuk osteoarthritis atau radang sendi juga tidak boleh disepelekan. Hal ini ibuktikan dalam suatu jurnal yang diterbitkan dalam Journal of Altenative and Complementary Medicine. Dalam jurnal tersebut diketahui bahwasannya efek temulawak sama layaknya efek ibuprofen (Obat pengghilang rasa sakit) yang diberikan pada pasien osteoarthritis.

3. Menyehatkan liver

Dilansir dari pada Scientific Research Journal, bahwsannya ekstak temulawak terbukti memiliki manfaat alam melindungi hati dari hepatotoksin. Seperti halnya karbon tetraklorida, dan acetaminophen. Hrpatotoksin sendiri merupakan bahan kimia yang bisa meyebabkan efek buruk pada hati. Dengan beitu, rimpang temulawak bisa menjadi salah satu bahan alami yang dijadikan pilihan guna enjaga kesehatan hati Anda.

4. Meningkatkan stamina

Khasiat temulawak lainnya juga dipercaya mampu meningkatkan stamina secara alami. Sehingga tidak akan cepat lelah dan menjadi lebih bersemangat. Hal tersebut diduga lantaran kandungan tonikum didalamnya. Untuk caranya sendiri, Anda bisa mencampurkan kunyit dan temulawak dalam bentuk minuman yang kemudian dikonsumsi.

5. Mengatasi masuk angin

Jika tubuh terasa tidak enak yang disertai dengan perut kembung, kepala pusing, menggigil dan juga mual bisa kemungkinna besar Anda mengalami masuk angin. Nah untuk mengatasinya, Anda bisa memanfaatkan temulawak, yang bisa membuat tubuh Anda menjadi lebih hangat dan mengurangi berbagai gejala yang terjadi.

6. Meningkatkan daya tahan tubuh

Temulawak juga diyakini memiliki manfaat dalam meningkatkan imunitas tubuh. Dengan begitu, tubuh akan lebih terjaga dan terhindar dari beragam jeni penyakit yang bisa menyerng kapan saja. Carannya, cukup dengan mengambil sari temulawak, yang kemudian ditambahkan dengan sedikit madu dan air hangat untuk dikonmsumsi sehri-hari.

7. Menjadi obat direutik alami

Direutik ialah zat yang dapat membantu membersihkan tubuhdari garam (natrium) dan air. Sehingga tidak terjadi penumpukan cairan daam tubuh. Zat ini mamp merangsang ginjal untuk melepaskan lebih banyak natrium ke dalam urine. Adapun manfaat direutik dalam temulawak ini juga dapat mengambil kelebihan cairan dari pembuluh darah.

Proses tersebut tentuna dapat membantu mengurangi tekanana pada dinding pembuluh darah Anda. Adaun direutik sendiri umumnya sangat diperlukan dalam membantu mencegah, mengobati serta memperbaiki masalah seperti gagal janung, gagal hati, pembengkakan jaringan (edema) serta masalah pada ginjal.

8. Mengatasi Irritable Bowel Syndrome (IBS)

Rimpang Curcuma Xanthorrhiza juga ternyata diketahui memiliki manfaat sebagai antispasmodik. Obat tersebut sendiridiketahui mampu merilekskan otot alus di usus serta mencegahnya dari kejang. Dan biasanya obat ini sering kali digunakan un mengatasi kondisi Irritable Bowel Syndrom (IBS). Kondisi tersebut terjadi pada saat usus besar mengalami gangguan yang diakibatkan oleh kontrasi otot yang tidak normal.

9. Mencegah kanker

Temulawak merupakan gingsengnya orang Indonesia yang memiliki manfaat berlimpah bagi tubuh. Salah satu manaatnya dapt menagkal radikal bebas hingga menyusutkan sel kanker pada pasien dengan stadium lanjut. Bahkan manfaat temulawak ini didukung dengan sebuah riset yang dilakukan pada tahun 2001, yang menyatakan bahwasannya telwak bisa menjadi alternatif untuk menghambat pertumbuhan juga perkembangan kanker prostat.

Selain dari pada itu, para penelitian dari University of Marylan Medical Center menyebutkan bahwasannya bahan-bhan herbalmungkin bisa membantu menghentikan pertumbuhan sel kanker. Hal tesebut berkat kandungan antioksidan yang terkandung dalam obat herbal, termasuk pada temulawak.

Nah itulah berbagai manfaat temulawak yang luar biasa bagi kesehatan. Bahkan selain untuk kesehatan, rimpang ini juga telah banyak dimanfaatkan sebagai salah satu bahan pembuatan krim kecantikan wajah, seperti day cream atau night cream. Adapun berbagai manfaat temulawak untuk kecantikan diketahui diantaranya adalah mencerahkan kulit wajah dan menghilangkan jerawat. Semoga apa yang telah kami sampaikan dapat bermanfaat ya bagi Anda.

Artikel Lainnya

Back to top button
Close
Close