Parenting

8 Cara Mencegah Penularan Infeksi Virus Corona Pada Lansia

Pada dasarnya, semua orang bisa terpapar infeksi virus corona (COVID-19). Hanya saja diantara semuanya, lansia diketahui memiliki resiko lebih tinggi serta rentan terinfeksi masalah kesehatan yang bermula dari Wuhan ini. Terlebih apabila mereka memiliki riwayat medis lain seperti halnya jantung, diabetes hingga kanker paru-paru. Lalu, bagaimana cara mencegah penularan infeksi virus corona pada lansia secara khusus? sebaiknya Anda simak ulasan berikut.

mencegah penularan virus corona

Mungkin kita tak asing lagi dengan infeksi virus corona atau yang juga kerap disebut COVID 19. Salah satu pandemi dunia ini sendiri merupakan jenis penyakit yang menyerang pernapasan. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), lansia atau orang lanjut usia terlebih dengan riwayat medis tertentu dapat dengan mudah terinfeksi virus corona. Hal tersebut lantaran kekebalan tubuh yang mereka sangat rendah.

Cara efektif mencegah penularan infeksi virus corona pada lansia

Terdapat beberapa tips juga cara yang bisa Anda lakukan untuk menangkal agar virus corona tidak menjangkiti atau bahkan memperburuk kondisi lansia. Diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Tidak berpergian

Untuk saat ini, sebaiknya Anda tidak melakukan perjalan terlebih ke luar negeri. Lantaran dalam perjalanan, kemungkinan seseorang akan lebih mudah terpapar virus maupun bakteri terlebih apabila melewati atau berada dalam kerumunan. Selain itu, saat berpergian dengan kendaraan umum dan menginap di hotel yang tidak dibersihkan dengan tepat juga mampu meningkatkan resiko terjadinya infeksi penularan COVID-19. Untuk itu, sekarang sebaiknya ikuti anjuran pemerintah untuk tetap berada di rumah, hindari kerumunan atau keramaian.

2. Menunda pertemuan sosial sementara waktu

Pertemuan sosial berarti Anda akan bertemu dengan lebih banyak orang. Sehingga kemungkinan Anda akan lebih banyak berjabat tangan dan melakukan sentuhan konstan dengan mereka sehingga akan lebih banyak potensi penularan penyakit. Selain itu, adanya pertemuan sosial juga tidak menutup kemungkinan seseorang untuk menyentuh benda yang telah terinfeksi oleh virus corona, sehingga potensi penyebaran virus kemungkinan tak dapat terbendung.

Maka dari itu, bagi orang dewasa atau lansia harus selalu ingat bahwasannya meski mereka tengah dalam pengobatan atau kondisinya stabil, namun situasinya mungkin akan menjadi lebih buruk, apabila mereka terinfeksi oleh virus corona.

3. Tidak menerima kunjungan untuk sementara waktu

Pada saat situasi wabah pandemi COVID-19 seperti saat ini, sebaiknya mengurangi berkunjung atau menerima kunjungan anak-anak, khususnya mereka yang masih berusia muda. Hal tersebut dikarenakan anak-anak sendiri lebih mudah terserang virus lantaran sistem imun atau kekebalan tubuh mereka yang belum cukup maksimal.

4. Menunda pemeriksaan rutin

Tak sedikit daripada lansia memiliki potensi yang lebih besar mengalami masalah kesehatan. Sehingga tak sedikit pula daripada mereka yang rutin memeriksakan kondisi kesehatan mereka ke dokter. Namun untuk sekarang, cobalah untuk menunda sebentar jadwal chek up Anda, dan usahakan hanya mengunjungi dokter dalam situasi mendesak. Dan apabila terpaksa ke dokter, maka pastikan Anda pihak kesehatan mencuci tangan serta peralatan yang ada didisinfeksi dengan baik, dengan desinfektan berbasis alkohol.

5. Mengajarkan perihal kebersihan kepada pengasuh

Hal ini sangatlah penting apabila Anda menggunakan jasa pengasuh untuk orang tua Anda yang telah lansia, baik untuk memberikan perawatan atau pemberian obat-obatan agar tepat waktu. Periksa kembali kebersihan pengasuh lansia saat kondisi seperti sekarang ini. Pastikan juga mereka mencuci tangan yang benar sebelum mengunjungi daerah yang telah terjangkit wabah.

6. Beralih ke pertemuan virtual

Mungkin akan terasa sulit bagi orang tua untuk menjauhkan diri dari berbagai interaksi sosial lantaran mampu menyebabkan isolasi sosial, yang telah menjadi kesehatan mental utama pada para orang tua. Untuk itu sebagai solusi dikala wabah pandemi seperti saat ini, orang tua masih bisa melakukan pertemuan secara virtual (misal skype atau panggilan vidio). Bik itu dengan teman, keluarga atau kerabat mereka. Sehingga mereka tidak kesepian yang mampu mempengaruhi kondisi pikiran mereka.

7. Menjaga dan meningkatkan sistem imun tubuh

Pandemi virus corona mungkin telah mempengaruhi aktivitas sehari-hari bagi banyak orang di luar sana. Namun sebaiknya Anda harus memperhatikan orang yang lebih tua dibanding Anda. Perhatikan kebiasaan mereka seperti tidur tepat waktu, mengonsumsi makanan sehat serta berolahraga setiap hari. Hal ini tentunya akan membantu mereka untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh, sehingga tubuh mereka tetap aman juga sehat.

Nah itulah berbagai cara efektif guna mencegah penelurn infeksi virus corona pada lansia. Yang mana beberapa diantaranya juga perlu dilakukan untuk mencegah penularan virus corona pada anak-anak dan juga orang yang memiliki imunitas rendah. Semoga apa yang telah kami sampaikan pada kesempatan kali ini bermanfaat. Salam sehat!

Baca juga:

Artikel Lainnya

Back to top button
Close
Close