Parenting

8 Cara Mengatasi Kista Ovarium Secara Alami Tanpa Operasi

Cara mengatasi kista ovarium tak hanya dapat dilakukan dengan melakukan prosedur operasi. Selain itu, masih terdapat beberapa jenis pengobatan yang bisa dilakukan termasuk dengan memanfaatkan beberapa bahan alami. Ya, beberapa bahan alami disekitar kita diketahui memiliki kandungan berkhasiat yang mampu menghilangkan kista secara tradisional. Nah, untuk mengetahui informasi selengkapnya sebaiknya Anda simak ulasan berikut.

cara mengatasi kista ovarium

Kista ovarium merupakan kantong berisi cairan yang tumbuh pada indung telur (ovarium) wanita. Kista ini biasanya hanya berukuran kecil, tidak menimbulkan gejala serta akan hilang dengan sendirinya tanpa harus dilakukan pengobatan. Sehingga kondisi ini sering dikatakan normal lantaran biasanya akan muncul selama masa subur maupun selama wanita mengalami menstruasi.

Hanya saja pada beberapa kasus, kista juga mendapat menimbulkan masalah apabila tidak kunjung menghilang atau ukurannya malah justru membesar. Dalam kondisi tersebut, penderita gangguan kista ovarium biasanya akan mengalami beberapa gejala. Diantaranya seperti nyeri panggul, perut kembung, buang air kecil berlebihan, hingga pendarahan pada vagina yang tidak normal. Bahkan dalam kondisi serius, kista ovarium tersebut dapat poecah maupun jaringan ovarium terpelintir sehingga memerlukan penanganan secepatnya.

Cara mengatasi kista ovarium secara alami tanpa operasi

Selain dengan melakukan prosedur bedah atau operasi, ada juga beberapa cara alami mengatasi kista ovarium dengan cepat. Beberapa diantaranya seperti:

1. Menggunakan minyak jarak

Minyak jarak atau castor oil merupakan obat kuno yang dipercaya mampu mengatasi penyakit kista ovarium. Salah satu jenis minyak esensial ini diketahui memiliki fungsi sebagai pembersih tubuh dari racun serta jaringan berlebih. Selain itu, minyak jarak juga diketahui dapat merangsang sistem peredaran darah dan limfatik, sehingga berdampak pada pengurangan serta pelarutan kista ovarium.

Adapun untuk cara penggunaannya, Anda b isa teteskan minyak jarak pada handuk. Setelah itu, lipat kain tersebut hingga beberapa lapisan dan taruh diatas permukaan perut hingga tertutup dengan sempurna. Pengobatan ini dapat dilakukan kapanpun, terkecuali saat Anda sedang mengalami menstruasi dan setelah ovulasi.

2. Konsumsi Cuka apel

Cara mengobati kista ovarium secara tradisional lainnya bisa dilakukan dengan memanfaatkan cuka apel. Bahan alami yang satu ini dipercaya mampu melarutkan serta mengecilkan kista yang mana disebabkan oleh kurangnya kadar kalium dalam tubuh. Hal tersebut karena cuka yang terbuat dari sari apel ini kaya akan kandungan kalium yang baik untuk mengatasi kista.

Adapun untuk cara mengatasi kista ovarium dengan cuka apel, bisa dilakukan dengan mencampurkan satu sendok makan cuka apel dengan segelas air hangat. Untuk hasil yang maksimal dalam pengobatan kista, sebaiknya Anda meminum campuran ini sebanyak dua gelas sehari.

3. Minum teh hijau

Bahan alami yang satu ini juga dipercaya ampuh atasi kista ovarium tanpa operasi. Bahkan manfaat teh hijau sebagai obat miom alami telah dibuktikan oleh sebuah penelitian dari Meharry Medical College di Nashville, AS. Tim peneliti telah membuktikan, bahwasannya ekstrak teh hijau bisa digunakan dalam penyembuhan miom rahim, dengan cara membunuh sel leimyoma dan menyembuhkan luka fibroid setelah diuji coba pada hewan. Adapun untuk mengobati miom, Anda bisa meminum dua sampai tiga cangkir teh hijau dalam sehari.

4. Memanfaatkan akar bit

Didalam akar bit nyang berwarna merah diketahui terkandung senyawa betasianin yang mana mampu membantu hati untuk membersihkan racun, termasuk kista ovarium dalam tubuh. Selain daripada itu, sifat asam dari buah bit juga mampu melarutkan dan mengecilkan ukuran kista secara alami. Untuk caranya, cukup buatkah jus bit dengan memilih bit yang masih segar. Setelah itu, blender dengan stoberi, jambu merah dan wortel. Minum jus ini setiap pagi saat perut masih kosong guna menghilangkan kista ovarium dengan cepat.

5. Menggunakan lidah buaya

Bahan alami yang satu ini bisa menjadi solusi untuk sebagian besar masalah kesehatan kita, termasuk bekerja dengan baik untuk mengatasi masalah kista ovarium. Jus lidah buaya yang dikonsumsi setiap hari dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh yang sangat mengurangi pembentukan kista. Bahkan manfaat lidah buaya juga dipercaya mampu menghancurkan kista yang dapat berkembang menjadi kanker. Anda juga bisa mencampur jus lidah buaya dengan sayuran lainnya agar rasanya cukup enak.

6. Mengonsumsi ramuan kunyit

Cara alami mengobati kista ovarium lainnya bisa dengan memanfaatkan kunyit. Obat herbal kista ovarium ini memiliki sifat kuat yang dapat membantu melarutkan tumor juga kista tertentu. Bahkan banyak penelitian yang menujukkan, bahwasannya kunyit sangat efektif guna menobati kista ovarium.

Selain itu, manfaat kunyit juga dapat membantu tubuh dalam proses detoksifikasi serta sifat antiinflamasinya mampu mengurangi kemungkinan kista jinak berubah menjadi kanker. Anda bisa mengonsumsi kunyit dengan menambahkannya ke dalam teh ataupun mencampurkannya dengan susu guna mendapatkan hasil yang maksimal.

7. Memanfaatkan jahe

Rempah alami yang yang satu ini dikenal sebagai ramuan yang kuat guna menghambat pertumbuhan kista yang dapat dengan mudah berubah menjadi sel kanker. Kandungan didalamnya juga bisa menciptakan lingkungan dalam tubuh yang membuat kista ovarium menjadi sulit tumbuh dan bertahan hidup. Hal ini juga dapat membantu menormalkan siklus mentruasi. Seduh secangkir teh jahe panas serta mengonsumsinya dua kali dalam sehari guna menghilangkan kista ovarium.

8. Minum teh chamomile

Minuman herbal yang satu ini juga diketahui dapat membantu mengurangi gejala kista ovarium. Sifat antiinflamasi yang terdapat dalam teh ini mampu meredakan kram. Hal tersebut juga diketahui dapat digunakan unruk mengatur siklus menstruasi sejak zaman kuno, sehingga karenanya dipercaya mampu mengurangi kemungkinan kista ovarium. Anda bisa mengonsumsi teh chamomile secara rutin. Kini teh ini telah tersedia banyak di Toko kesehatan maupun Supermarket.

Nah itulah berbagai cara mengatasi kista ovarium secara alami tanpa operasi. Selain itu, masih banyak cara alami lainnya yang juga dipercaya mampu mengurangi gejala hingga mengobati kista di rahim ini tanpa operasi. Diantaranya dengan mengonsumsi ramuan alami daun sirsak, melakukan terapi panas, mengonsumsi makanan yang lebih sehat, minum air putih yang cukup, berolahraga secara teratur, melakukan pijat dan relaksasi serta banyak lagi lainnya.

Apabila tingkat keparahan penyakit kista ovarium yang Anda alami sudah cukup parah, maupun beberapa pengobatan ditas tidak menujukkan hasil yang maksimal, sebaiknya segera periksakan kondisi Anda ke pusat kesehatan terdekat,

Artikel Lainnya

Back to top button
Close
Close