Parenting

8 Cara Mengobati Tekanan Darah Tinggi Dengan Bahan Alami Yang Efektif

Cara mengobati tekanan darah tinggi atau hipertensi ternyata tak harus selalu dengan terapi medis ataupun obat-obatan yang diresepkan oleh dokter. Selain dari pada itu, ada beberapa bahan alami yang diketahui memiliki khasiat efektif untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Apa saja? simak informasi selengkapnya dalam ulasan berikut.

cara mengobati tekanan darah tinggi

Tak sedikit daripada penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi yang kondisinya akan lekas membaik, apabila disertai dengan perubahan gaya hidup serta pengobatan yang rutin. Sehingga tak sedikit dari penderitanya yang mencari obat paling efektif untuk menurunkan tekanan darah tinggi, termasuk dari jenis herbal sekalipun.

Meski begitu, hingga saat ini belum ada penelitian yang merekomendasikan obat herbal sebagai salah satu alternatif guna menurunakan tekanan darah secara alami. Hanya saja, Anda juga tidak dilarang untuk mengonsumsi obat tekanan darah tinggi herbal. Karena memang terdapat beberapa bahan alami yang memiliki efek baik untuk menurunkan tekanan darah tinggi Anda.

Cara mengobati tekanan darah tinggi dengan cepat menggunakan bahan alami

Berikut adalah beberapa bahan alami yang diketahui memiliki kandungan dan khasiat yang efektif untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi secara tradisional.

1. Bawang putih

Bawang putih sebagai obat herbal darah tinggi, memang santer terdengar diberbagai kalangan masyarakat. Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh Cambridge University menyebutkan, bahwasannya kandungan querticin yang terdapat didalam bawang putih mampu dimanfaatkan sebagai obat alami untuk menurunkan tekanan darah tinggi, lantaran mampu menjaga tekanan darah berada diatas normal.

Selain dari pada itu, kandungan sulfur didalamnya juga diketahui memiliki efek positif pada tingkat kolesterol. Hanya saja, jika Anda kini juga tengah mengonsumsi obat-obatan dokter ada baiknya untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter Anda. Karena bawang putih dipercaya bisa berinteraksi dengan obat-obatan kimia dari dokter.

2. Kayu manis

Cara mengobati tekanan darah tinggi secara alami lainnya bisa dilakukan dengan memanfaatkan ekstrak kayu manis. Sebuah penelitian dilakukan pada tikus menujukkan bahwa ekstrak kayu manis mampu menurunkan tekanan darah tinggi. Ekstraknya diberikan melalui pembuluh darah melalui suntikan. Selain disuntikan, Anda juga bisa memanfaatkan kayu manis untuk mengobati penyakit hiprtensi ini dengan cara menaburkan kayu manis secukupnya ke dalam sereal, oatmeal atau minuman Anda.

Bahkan tak hanya mampu menurunkan tekanan darah tinggi secara alami, bahan rempah sekaligus herbal ini juga berhubungan dengan penurunan tekanan darah pada penderita diabetes tipe 2. Bahkan dalam suatu studi tahun 2013, kayu manis diketahui mengandung properti, guna membantu fungsi insulin dalam tubuh, yang mana menyebabkanhingga mengendurkan otot-otot yang berada disekitar pembuluh darah.

Penelitian lainnya yang dilakukan oleh Vascular Pharmacology juga menunjukkan, bahwasannya senyawa aktif yang terkandung dalam jahe mampu membantu meningkatkan relaksasi pembuluh darah dan mampu menurunkan tekanan darah. Adapun berbagai senyawa alami tersebut meliputi flavonoid, saponin, amnine, alkaloid dan terpenoid.

4. Seledri

Tak hanya menjadi pelengkap masakan, manfaat seledri juga ternyata baik untuk kesehatan. Salah satunya bisa menjadi cara alternatif untuk mengobati tekanan darah tinggi. Hal tersebut karena didalamnya terkandung senyawa phthalide. Senyawa ini dapat membantu mengendurkan jaringan-jaringan yang terdapat di dinding-dinding pembuluh arteri, sehingga efeknya tekanan darah Anda dapat menurun.

Selain itu, didalam seledri juga mengandung kalsium dan magnesium yang juga bermanfaat untuk membantu mengontrol tekanan darah Anda. Zat flavonoid yang terkandung didalamnya juga memiliki peranan dalam penurunan tekanan darah. Sebagaimana yang telah diulas dalam penelitian yang dilakukan oleh Avicenna Journal of Phytomedicine. Maka dari itu, jangan lupa tambahkan seledri dalam menu makanan harian Anda sebagai salah satu alternatif untuk menurunkan tekanan darah Anda.

5. Minyak wijen

Selain mampu menambah kelezatan aneka masakan, minyak wijen ternyata memiliki manfaat untuk mengontrol tekanan darah Anda. Didalamnya juga terkandung lemak tak jenuh yang baik untuk menurunkan kolesterol. Apabila kadar kolesterol jahat didalam tubuh berkurang, maka otomatis dapat menurunkan tekanan darah Anda.

Di samping itu, minyak wijen juga diketahui mengandung senyawa kimia bernama sesamol dan sesamin yang mana efektif berkerja sebagai antioksidan dalam tubuh. Untuk membantu menurunkan tekanan darah, Anda bisa mencampurkan minyak wijen ke dalam aneka masakan Anda sehari-hari. Tak hanya itu, Anda juga bisa mengganti minyak yang biasa Anda gunakan untuk memasak dengan minyak wijen.

6. Akar kucing

Apakah Anda sebelumnya pernah mendengar tanaman akar kucing atau cakar kucing? Tanaman obat herbal yang satu ini sering kali dimanfaatkan untuk mengobati berbagai macam penyakit. Salah satu diantaranya menjadi obat alami penurun darah tinggi. Untuk cara kerjanya sendiri, tanaman ini bereaksi pada kanal kalsium disalam sel-sel tubuh Anda. Selain memanfaatkan taaman akar kucing ini secara langsung, kini juga telah tersedia dalam bentuk suplemen yang bisa Anda dapatkan di Apotik.

7. Kapulaga

Cara mengobati tekanan darah tinggi lainnya bisa dilakukan dengan memanfaatkan bumbu dapur kapulaga. Sebuah studi dengan 20 partisipan menunjukkan, bahwasanya mengonsumsi kapulaga sebanyak 3 gr sehari dalam kurun waktu 12 minggu dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Untuk memanfaatkan biji kapulaga sebagai obat alami penurun darah tinggi, Anda bisa mencampurkannya dalam masakan Anda. Sehingga dengan demikian, Anda bisa mendapatkan manfaatnya secara maksimal.

8. Daun basil

Bahan alami yang satu ini juga tak kalah baiknya untuk dimanfaatkan sebagai herbal guna menurunkan tekanan darah tinggi yang tengah Anda alami. Daun basil sendiri bekerja menyerupai calsium-channel blocker yang mana merupakan salah satu jenis obat hipertensi yang tak jarang diresepkan oleh dokter. Ekstrak daun basil sendiri diketahui mengandung eugenol yang merupakan zat kimia yang dapat memblokir reaksi kalsium yang menyempitkan pembuluh darah.

Nah itulah berbagai bahan alami yang bisa Anda manfaatkan sebagai cara mengobati tekanan darah tinggi yang efektif pada ibu hamil sekalipun. Selain dari pada itu, ada beberapa bahan makanan yang juga dapat membantu Anda menurunkan dan mengontrol tekanan darah tinggi Anda. Diantaranya dengan mengonsumsi minyak ikan omega-3, kacang kedelai, flax seeds, kacang hitam dan coklat hitam. Lakukan juga teknik relaksasi seperti yoga dan meditasi untuk membantu mengendalikan gejala-gejala darah tinggi.

Artikel Lainnya

Back to top button
Close
Close