Parenting

8 Jenis Makanan Yang Dapat Meningkatkan Kesehatan Jantung

Makanan sehat memang beragam. Dan beberapa diantaranya diyakini mampu meningkatkan kesehatan jantung sekaligus dipercaya mampu menurunkan resiko terkena penyakit jantung. Lalu, apa saja jenis makanan yang mampu membuat jantung Anda menjadi lebih sehat? Simak informasi selengkapnya, hanya dalam ulasan berikut.

makanan untuk menyehatkan jantung

Sehari telah berlalu selepas meninggalnya sang aktor sekaligus suami Bunga Citra Lestari (BCL), Ashraf Sinclair. Namun rasa duka masih menyelimuti ranah hiburan tanah air, terlebih pada keluarga yang baru saja ditinggalkan. Seperti yang telah kita ketahui bersama, bahwasannya Ashraf Sinclair berpulang pada usia 40 tahun, selasa (18/02/2020), di Rumah Sakit MMC Kuningan Jakarta Timur akibat serangan jantung.

Sejatinya, ada banyak sekali faktor resiko yang dapat menyebabkan seseorang beresiko mengalami penyakit jantung tersebut. Padahal mungkin sebelumnya ia tidak memiliki penyakit jantung bawaan ataupun memiliki riwayat keluarga dengan penyakit paling mematikan ini. Adapun salah satu diantaranya adalah makanan. Setiap makanan yang Anda konsumsi dapat berdampak pada kesehatan jantung Anda lho.

Makanan yang dapat meningkatkan kesehatan jantung

yang dapat meningkatkan kesehatan jantung

Jantung merupakan salah satu organ tubuh yang memiliki peranan penting dalam kehidupan manusia. Sehingga kesehatan harus terus dijaga agar senantiasa berfungsi dengan optimal. Dikutip dari berbagai sumber terpercaya, setidaknya terdapat 8 jenis makanan yang diduga sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung Anda. Diantaranya adalah sebagai berkut.

1. Menjaga kesehatan jantung dengan perbanyak makan sayuran hijau

Sayuran berdaun hijau diketahui mengandung berbagai jenis vitamin, mineral juga antioksidan. Didalamnya juga terkandung sumber vitamin K yang mampu membantu melindungi arteri dari pembekuan darah. Selain dari pada itu, sayuran hijau juga terbukti mengandung nitrat yang mampu mengurangi tekanan darah, kekakuan arteri juga meningkatkan fungsi sel yang mampu melapisi pembuluh darah.

Untuk itu, mulai sekarang sayangi jantung Anda dengan mengonsumsi aneka sayuran hijau seperti bayam, kangkung, sawi dan sayuran hijau lainnya.

2. Konsumsi ikan berlemak secara teratur bagus untuk kesehatan jantung

Salmon, mackerel, sarden dan tuna merupakan beberapa diantara jenis ikan yang kaya akan asam lemak omega-3. Asam lemak ini sendiri terbukti sangat baik untuk kesehatan jantung. Bahkan suatu studi menujukkan, bahwasannya makan salmon sebanyak tiga kali dalam seminggu selama delapan pekan mamp menurunan tekanan darah secara signifikan.

Penelitian lainnya juga mengungkapkan, bahwasannya setiap penurunan 3,5 ons atau 100 gr konsumsi ikan mingguan, sering kali dikaitkan dengan terjadinya peningkatan resiko tambahan penyakit jantung sebesar 19%. Seperti halnya darah tinggi, diabetes dan juga obesitas.

3. Biji-bijian utuh dapat mmebuat jantung tetap sehat

Apabila dibandingkan dengan biji-bijian olahan, biji-bijian utuh seperti halnya gandum utuh, oatmeal, beras merah, gandum hitam dan quiona diketahui memiliki kadar serat yang lebih tinggi. Kandungan tersebut diketahui mampu mengurangi adar kolesterol jahat (LDL), sehingga mampu menurunkan resiko penyakit jantung.

Tak sedikit daripada studi yang membuktikan, bahwasannya biji-bijian seperti gandum memiliki manfaat untuk kesehatan jantung. Bahkan, menurut suatu analisis dari 45 studi menyimpulkan, bahwasannya mengonsumsi tiga porsi biji-bijian setiap hari dikaitkan dengan penurunan resiko jantung, yakni 22 persen lebih rendah.

4. Aneka buah beri bagus untuk jantung Anda

Stoberi, blueberi, raspberi merupakan beberapa diantara jenis buah beri yang diketahui memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan jantung. Jenis buah ini sendiri sangat kaya akan kandungan antioksidan seperti anthocyanin, yang mampu melindungi jantung terhadap stres oksidatif juga peradangan.

Selain itu, suatu studi menujukkan, bahwasannya banyak mengonsumsi buah beri mampu mengurangi beberapa faktor resiko yang mengarah terhadap penyakit jantung.

5. Konsumsi Alpukat mampu menyehatkan jantung

Buah yang satu ini diketahui menjadi sumber lemak tak jenuh tunggal yang sehat terlebih untuk jantung. Selain dari pada itu, mengonsumsi alpukat juga sering kali dikaitkan dengan penurunan kadar kolesterol dan resiko penyakit jantung yang lebih rendah.

Alpukat juga diketahui mengandung kalium yang memiliki peranan penting bagi kesehatan jantung. Sartu buah alpukat memiliki 975 mg kalium, atau sekitar 28% dari kebutuhan kalium perhari.

6. Tomat baik untuk cegah ancaman penyakit jantung

Selain alpukat, tomat juga diketahui mampu menurunkan resiko penyakit jantung hingga stroke. Kandungan likopen ataupigmen tumbuhan lmi didalamnya memilki sifat antioksidan yang begitu kuat. Dan antioksidan inilah yang membantu menetralisir radikal bebas berbahaya.

Bahkan studi mendapati bahwa kadar likopen yang renah dalam darah dihubungkan dengan peningkatan resiko serangan jantung dan stroke. Selain itu, ulasan dari 25 studi juga menyimpulkan, mengonsumsi asupan makanan yang kaya likopen mampu menurunkan resiko penyakit jantung dan juga stroke.

7. Konsumsi kacang kenari dapat tingkatkan fungsi jantung

Makanan yang satu ini merupakan sumber serat dan mikronutrien seperti magnesium, tembaga dan juga mangan. Menurut suatu penelitian, mengonsumsi kacang kenari dipercaya mampu mengurangi kolesterol LDL hingga 6%, mengurangi stres oksidatif serta peradangan. Jenis kacang-kacangan lainnya yang baik dikonsumsi untuk jantung adalah kacang hitam, edmame dan almond.

8. Makanan yang diperkaya sterol baik untuk jantung

Susu almond, jus jeruk, susu kedelai dan beberapa margarin diketahui mengandung sterol dan stanol yang tak lain merupakan zat yang mampu melawan kolesterol. Kandungan tersebut mampu memblokir usus Anda sehingga tak dapat menyerap kolesterol. Mereka juga mampu menurunkan kadar kolesterol LDL sebanyak 10% tanpa merusak kolesterol baik. Hal ini tentu bisa menunjang kesehatan jantung Anda.

Selain dari pada itu, masih banyak lagi berbagai jenis makanan yang diketahui memiliki segudang kebaikan untuk menjaga kesehatan jantung bahkan mampu mencegah serangan jantung terjadi. Diantaranya seperti dengan teratur mengonsumsi yogurt rendah lemak, barley, swiss chard, jeruk, ceri, tahu, ubi jalar, minyak zaitun, anggur merah dan resveratrol. Untuk memaksimalkan khasiatnya, jangan lupa untuk menyertainya dengan olahraga dan pola hidup sehat lainnya ya.

Artikel Lainnya

Back to top button
Close
Close