Manfaat

8 Manfaat Daun Landep Bagi kesehatan yang Masih Jarang Diketahui

Manfaat daun landep bagi kesehatan ternyata sangatlah melimpah. Bagi Anda yang belum tahu, apa itu daun landep dan apa saja manfaatnya yang terdapat didalamnya, sebaiknya Anda simak dalam ulasan berikut.

Mengenal daun landep dan kandungan didalamnya

manfaat daun landep

Landep merupakan jenis tanaman liar yang mana biasa tumbuh dengan baik dan subur di lingkungan yang beriklim kering. Meski begitu, tanaman ini sering kali digunakan sebagai pengobatan alternatif untuk berbagai permasalahan kesehatan, terutama bagian daunnya. Hal tersebut dikarenakan didalam daun landep terkandung berbagai senyawa kimia yang bermanfaat bagi kesehatan. Diantaranya seperti:

  • Flavonoida
  • Saponin
  • Tanin
  • Garam kalium
  • Polifenol
  • Silikat (umumnya memiliki rasa pahit)

Selain bagian daunnya, akar landep juga diketahui memiliki manfaat yang tak kalah hebat dengan manfaat yang dimiliki bagian daunnya.

Khasiat dan manfaat daun landep bagi kesehatan

Berikut adalah berbagai manfaat daun landep bagi kesehatan, yang telah berhasil kami rangkum dari berbagai sumber terpercaya.

1. Mempercepat penyembuhan luka

Salah satu manfaat daun landep yang terkenal yakni mampu mempercepat penyembuhan luka. BSaik itu luka akiat benda tajam, luka bakar dan melepuh karena terkena air panas, maupun luka karena terjatuh. Adapun untuk cara penggunaannya, terlebih dahulu Anda bisa menghaluskan beberapa helai daun landep. Setelah itu, campur dengan sedikit kapur sirh, dan tempelekan pada luka secara teratur, hingga sembuh.

2. Mengobati penyakit kulit

Khasiat daun landep lainnya yakni digunakan untuk mengobati berbagai jenis penyakit kulit. Mulai dari kurap hingga panu, yang mana tak hanya menganggu kenyamanan juga mampu mempengaruhi percaya diri penderitanya. Adapun untuk memanfaatkannya, cukup mudah. Anda hanya perlu menghaluskan daun landep, kemudian campurkan dengan air perasan jeruk nipis atau lemon. Setelah itu, oleskan pada kulit yamng terpapar secara merata.

3. Mengobati sakit gigi

Apabila Anda kini tengah mengalami sakit gigi, maka salah satu cara alternatif untuk mengatasinya adalah dengan memanfaatkan daun landep. Caranya, cukup dengan mengunyah daun landep yang sebelumnya sudah dicuci bersih. Setelah itu, segera buang daun landep tersebut jangan sampai ditelan. Lakukan cara ini beberapa kali hingga sakit gigi Anda sembuh.

4. Mengobati sakit pinggang

Sakit pinggang merupakan rasa sakit yang umumnya terjadi pada lumbar, yakni antara jaringan otot dan saraf punggung yang mampu menimbulkan rasa sakit. Dan memanfaatkan daun landep sebagai obat herbal sakit pinggang, bisa menjadi solusi alternatifnya. Caranya, cukup dengan mengahaluskan satu genggam daun landep yang telah di cuci bersih sebelumnya. Setelah itu, tambahkan dengan air kapur sirih secukupnya hingga rata dan mengental. Aplikasikan ramuan tersebut pada area pinggang yang terasa sakit.

5. Mengatasi sakit perut

Apakah Anda sering merasakan mulas atau sakit perut? Maka salah satu cara untuk mengatasinya ialah dengan memanfaatkan daun landep. Untuk cara pengolahannya, cukup dengan menyeduh 1 genggam daun landep yang sebelumnya telah dibersihkan. Tunggu hingga dingin, saring dan minum airnya secara sekaligus sebanyak satu kali sehari.

6. Menurunkan demam

Demam merupakan suatu kondisi, dimana suhu tubuh melebihi 37 derajat celsius. Kondisi ini sejatinya menunjukkan tubuh tengah membasmi virus atau bakteri dengan cara meningkatkan suhu tubuh tersebut. Salah satu cara untuk menurunkan demam adalah dengan memanfaatkan daun landep. Tak hanya mampu menurunkan demam, namun juga mampu meningkatkan sistem imun tubuh, sehingga demam bisa lebih cepat diturunkan.

7. Menjaga kesehatan tulang

Kandungan flavonoid yang terkandung dalam daun landep juga diketahui mampu membantu meningkatkan pembentukan tulang. Bahkan lebih dari itu, manfaatnya juga mampu menghambat reabsorpsi tulang, sehingga dapat membantu sel tulang (osteoblas) serta diferensiasi osteoklas semakin sehat. Maka dari itu, air rebusan daun landep baik dikonsumsi oleh orang dewasa untuk menjaga kesehatan tulang agar terhindar dari masalah tulang seperti osteoporosis.

8. Menurunkan resiko penyakit kardiovaskular

Mengonsumsi daun landep secara teratur juga diketahui baik untuk menurunkan resiko terjangkit penyakit kardiovaskular seperti penyakit jantung dan penyakit berat lainnya. Hal tersebut dikarenakan kandungan flavonoid yang cukup tinggi didalamnya.

Nah itulah berbagai manfaat daun landep bagi kesehatan yang sebaiknya Anda ketahui. Adapun selain itu, masih banyak khasiat daun landep lainnya. Mulai dari mampu menurunkan berat badan, mengatasi cacingan, mengobati asam urat, mengobati penyakit busung lapar hingga baik untuk kecantikan dan juga menjaga kesehatan rambut. Semoga bermanfaat!

Artikel Lainnya

Back to top button
Close
Close