Manfaat

8 Manfaat Daun Pacar Cina Yang Luar Biasa Bagi Kesehatan

Manfaat daun pacar cina atau yang juga kerap di sebut daun kemuning ternyata memiliki khasiat luar biasa bagi kesehatan hingga kecantikan. Nah bagi Anda yang ingin mengetahui apa saja manfaatnya, sebaiknya Anda simak dalam ulasan berikut.

Mengenal Sedikit Daun Pacar Cina Dan kandungan didalamnya

manfaat daun pacar cina

Pacar cina (Aglaia odorata Lour) merupakan sejenis tanaman perdu dari famili Meliaceae. Tanaman ini biasanya ditanam di kebun atau di pekarangan, bahkan tak jarang tumbuh liar di lahan yang cukup dengan sinar matahari. Di Indonesia sendiri, tanaman ini memiliki beberapa nama lokal. Diantaranya seperti culan, pacar culan, kemuning cina dan bhangear cina.

Tanaman asli Asia tenggara ini umumnya dapat tumbuh dengan ketinggian mencapai 2m – 6m dengan banyak cabang yang dimilikinya. Daunnya bersifat majemuk, berbentuk menyirip ganjil yang tumbuh berseling, dengan panjang sekitar 13 cm, dengan 3-9 helai anak daun bertangkai pendek dengan permukaan mengkilap terutama pada bagian daun muda. Sedangkan untuk bunganya rapat, berwarna kuning nan harum dengan panjang sekitar 5-6 cm. Dan untuk buahnya sendiri biasanya berbentuk bulat lonjong berwarna merah sekitar 1-3 biji.

Tak hanya menjadi tanaman hiasa, pacar cina juga merupakan salah satu tanaman yang sering dimanfaatkan untuk pengobatan tradisional, terutama bagian daunnya. Hal tersebut dikarenakan didalam daun pacar cina terkandung berbagai senyawa alami yang baik dan dapat menyehatkan tubuh. Diantaranya seperti geraniol, eugenol, careen-3, paniculatin, cadine, tanin, bisabolen, minyak atsiri, alkaloid dan masih banyak lagi yang lainnya.

Untuk bisa mendapatkan manfaatnya, Anda bisa mengolahnya dengan cara merebus daunnya bersama air. Setelah itu, konsumsi air rebusannya secara teratur hingga gejala gangguan kesehatan Anda hilang. lalu apa saja manfaat daun pacar cina?

Khasiat dan manfaat daun pacar cina bagi kesehatan

Agar Anda tidak mengsalah artikan manfaat dari daun pacar cina, berikut kami informasikan berbagai khasiat dalam daun pacar cina yang telah kami rangkum dari berbagai sumber terpercaya.

1. Mengatasi keputihan berlebih

Salah satu keluhan wanita yang sering dialami ialah keputihsn berlebih. Namun Anda kini tak usah khawatir lagi. Karena keputihan berlebih ternyata bisa diatasi secara alami. Salah satunya dengan daun pacar cina. Kandungan didalamnya dipercaya efektif mampu atasi masalah keputihan.

2. Melancarkan haid

Apabila Anda kini memiliki masalah dengan siklus haid yang tidak lamcar, maka salah satu solusi alternatifnya yakni dengan memanfaatkan daun cina. Selain mampu melancarkan haid, kandungan yang terdapat dalam daun pacar cina juga mampu membuat organ intim Anda menjadi lebih sehat.

3. Mengatasi Infeksi Saluran Kencing (ISK)

Daun pacar cina juga ternyata bisa dimanfaatkan sebagai obat herbal infeksi saluran kencing. Kandungan didalam daun ini memiliki sifat antibakteri yang mana efektif untuk menghilangkan bakteri dalam saluran kemih.

4. Menurunkan kolesterol tinggi

Manfaat daun pacar cina lainnya juga dipercaya efektif untuk mengatasi kolesterol tinggi. Daun ini memiliki peranan dalam menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh Anda.

5. Mengobati batu ginjal

Selain dengan pengobatan medis, penyakit yang sering menyerang ginjal seperti batu ginjal ternyata bisa diatasi secara alternatif dengan bahan alami. Salah satunya dengan memanfaatkan daun pacar cina.

6. Mengatasi eksim

Penyakit menular seperti eksim apabila tidak segera ditangani dapat menyebar dan semakin merusak kulit Anda. Untuk itu segara atasi eksim, salah satunya dengan memanfaatkan daun pacar cina.

7. Mencegah radang otak

Khasiat daun pacar cina yang juga tak kalah penting adalah mampu mencegah peradangan di otak. Kandungan senyawa alami didalamnya dipercaya mampu meningkatkan kesehatan otak, sehingga mampu mencegah terjadinya infeksi atau peradangan pada organ vital dalam tubuh ini.

8. Menyembuhkan bisul

Manfaat lainnya dari daun pacar cina adalah mampu menyembuhkan bisul. kandungan antibakteri dan antiinflamasi didalamnya mampu mempercepat penyembuhan bisul.

Nah itulah berbagai manfaat daun pacar cina bagi kesehatan. Selain dari pada itu, masih banyak lagi manfaat lainnya yang bisa Anda dapatkan. Diantaranya mampu menjaga sistem kekebalan tubuh, mencegah penuaan dini, mengatasi perut kembung, sulit menelan, batuk hingga mempercepat proses persalinan. Semoga apa yang telah kami sampaikan bermanfaat dan salam sehat!

Artikel Lainnya

Back to top button
Close
Close