Manfaat

8 Manfaat Jeruk Nipis Bagi Kesehatan Yang Masih Jarang Di Ketahui

Pada umumnya, jeruk nipis sering kali dijadikan sebagai pelengkap juga penambah cita rasa dalam aneka makanan dan minuman. Bahkan aroma dan rasanya yang kecut nan segar menjadikan perasan air jeruk nipis juga sering kali dijadikan sebagai penghilang bau amis pada ikan sebelum akhirnya diolah. Hanya selain itu, jeruk nipis juga ternyata memiliki segudang kebaikan untuk kesehatan tubuh. Lalu, apa saja manfaat jeruk nipis? Ketahui informasi selengkapmnya dalam ulasan berikut.

Mengenal jeruk nipis dan kandungan didalamnya

manfaat jeruk nipis

Jeruk nipis merupakan salah satu jenis jeruk yang memiliki nama latin Citrus auranfolia. Buah ini memiliki bentuk yang lebih bulat dibanding lemon dengan ujung yang sedikit mencuat. Adapun warna kulitnya hijau terang sedangkan lemon berwarna kuning cerah. Di berbagai daerah di Indonesia, jeruk nipis memiliki sejumlah nama lain. Diantaranya seperti kelangsa, jeruk alit serta limau nepi.

Meski buah ini memiliki rasa yang asam dan sedikit kecut, namun didalamnya begitu akan berbagai senyawa bermanfaat bagi tubuh. Adapun berdasarkan data Kemenkes RI, didalam 100 gr jeruk nipis terkandung berbagai nutrisi serta senyawa alami yng diantaranya seperti:

  • Makonutrien: Energi 44 kalori, protein 0.5 gr, lemak 0.2 gr, kar bohidrat (CHO) 10.0 gr, serat 0.4 gr, abu (ASH) 0.4 gr
  • Mineral: Kalsium (Ca) 18 mg, Fosfor (P) 22 mg, Besi (Fe) 0.2 mg, Natrium (Na) 3 mg, Kaliu (K) 108.9 mg, tembaga (Cu) 0.06 mg, Seng (Zn) 0.1 mg
  • Vitamin dan antioksidan: Beta-Karoten (Carotenes) 23 mcg, Karoten total (Re) 4 mcg, Vitamin B1 (Thiamin) 0.01 mcg, vitamin B2 (riboflavin) 0.03 mcg, niasin 0.2 mcg, vitamin C 20 mcg

*Ket: mg= miligram, mcg=mikrogram

Khasiat dan manfaat jeruk nipis bagi kesehatan

Mengonsumsi secara langsung atau mencampurkan air perasan jeruk nipis ke dalam air putih maupun minuman lainnya tak hanya dapat menambah kesegaran, melainkan juga sangat menguntungkan untuk kesehatan tubuh Anda. Adapun berbagai manfaat jeruk nipis diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Salah satu manfaat jeruk nipis yang terkenal ialah khasiatnya mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh dalam melawan berbagai penyakit. Seperti halnya flu, pilek dan lainnya. Hal tersebut diketahui berkat kandungan vitamin C serta antioksidan yang tinggi dalamnya.

Bahkan selain dari pada itu, kandungan vitamin C dalam jeruk nipis juga dapat mningkatkan prosuksi sel sehat guna membunuh mikroba penyebab penyakit. Sehingga dapat mempercepat waktu penyembuhan Anda. Untuk itu, mengonsumsi jenis buah jeruk-jerukan termasuk jeruk nipis direkomendasikan agar Anda tidak mudah jatuh sakit.

2. Membantu melancarkan pencernaan

Air jeruk nipis memiliki sifat asam yang mana dapat membantu air liur (saliva) dalam memecagh makanan. Selain itu, kandungan flavonoidnya juga mampu merangsang pengeluaran enzim-enzim pencernaan. Sehingga apabila Anda mengalami masalah pencernaan seperti sembelit, maka air jeruk nipis mampu merangsang pergerakan usus Anda.

Hal tersebut juga membantu sampah dalam makanan didalam perut terdorong kebawah lebih mudah. Ssupan air perasan jeruk nipis juga diketahui mampu mengeluarkan feses menjadi lebih lancar.

3. Mengontrol kadar gula darah

Kandungan vitamin C yang terkandung dalam jeruk nipis juga nyatanya baik bagi penderita diabetes. Seperti yang telah kita ketahui bersama, para diabetesi diharuskan untuk menjaga kadar gula darahnya agar tetap normal. Hal tersebut dikarenakan insulin yang bertugas untuk menurunkan gula darah di dalam tubuh tidak berfungsi dengan baik.

Dan faktanya, jeruk nipis diketahui memiliki kadar gula yang rendah, sehingga mampu mengurangi penyerapan gula ke dalam darah. Dan hasilnya, kadar gula didalam tubuh Anda bisa lebih terjaga.

4. Menurunkan resiko penyakit jantung

Jeruk nipis juga diketahui menjadi sumber kalium dan magnesium yang mana memiliki fungsi untuk menjaga . Kalium sendiri secara alami mampou menurunkan tekanan darah dan melancarkan sirkulasi darah. Hal ini dipercaya mampu membantu mengurangi resiko terjadinya serangan jantung dan stroke.

Selain itu, penelitian yang tengah berlangsung juga menyelidiki bahwa terdapat senyawa dalam jeruk nipis bernama limonin yang mungkin bisa membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

5. Mencegah kanker

Mengonsumsi air jeruk nipis juga dipercaya mampu menurunkan resikoterkena kanker. Hal ini berkat kandungan antioksidan didalamnya yang akan menjaga fungsi sel, meningkatkan pertahanan sel-sel tubuh dari radikal bebas hingga meningkatkan imunitas tubuh.

Kanker sendiri terjadi pada saat adanya pertumbuhan sel abnormal yang mana bisa berkembang di bagian tubuh mana saka. Seperti hal nya payudara, paru-paru dan ginjal. Dan apabila dibiarkan mka bisa menyebar ke jaringan lainnya bahkan membahayakan jiwa.

6. Mengatasi peradangan

Berbagai macam penyakit inflamasi atau peradangan seperti radang sendi (arthritis) asam urat dan penyakir sendi lainnya diketahui dapat dikurangi gejalanya dengan mengolnsumsi air jeruk nipis. Hal tersebut dikarenakan didalam jeruk nipis terkandung vitamin C didalamnya yang dipercaya mampu meredakan gejala peradangan akibat nberbagai penyakit.

Bahkan dalam suatu penelitian yang dimuat dalam jurnal Annals of the Re umatic Diosease, menunjukkan bahwasannya mereka yang mengonsumsi vitamin C dalam jumlah sedikit dapat beresiko terkna arthritis tiga kali lebih besar dibanding orang yang mendapatkan asupan vitamin C secara optimal.

7. Mencegah dehidrasi

Khasiat jeruk nipis lainnya dipercaya mampu mencegah dehidrasi. Rasanya yang asam dan segar dari minuman ini dapat membuat Anda minum lebih banyak dibanding dengan minum air putih biasa yang hambar. Hanya saja, biasanya minuman sari jeruk nipis hangat maupun dingin yang sering Anda pesan di restoran maupun rumah makan mengandung tambahan gula. Sehingga alangkah baiknya jika Anda membuatnya sendiri sehingga takaran gula dapat dikurangi maupun diganti dengan madu.

8. Membantu menurunkan berat badan

Kandungan asam sitrat yang terkandung dalam jeruk nipis diketahui mampu meningkatkan metabolisme. Hal tersebut dapat membantu Anda dalam membakar kalori serta menyimpan lebih sedikit lemak. Selain dari pada itu, kandungan vitamin C dari jeruk nipis juga memiliki peranan dalam pembakaran lemak dalam tubuh. Sehingga tak sedikit yang mengatakan, bahwa minum air perasan jeruk nipis di pagi hari atau di malam hari sebelum tidur mampu membuat Anda kurus atau menurunkan berat badan.

Hanya saja, yang perlu diingat ialah Anda tak mungkin hanya mendalkan cara ini untuk diet. Hal ini juga perlu didukung dengan melakukan aktivitas fisik, agar kalori yang terbakar tambah banyak. Setidaknya, berolahgalah setidaknya 30 menit setiap hari dan mengonsumsi buah atau sayur untuk hasil yang maksimal.

Nah itulah berbagai manfaat jeruk nipis yang baik bagi kesehatan. Selain dari pada itu, masih terdapat khasiat jeruk nipis lainnya bagi kesehatan. Diantaranya yakni menjadi obat batuk herbal, menurunkan demam hingga mengatasi pegal linu. Bahkan selain untuk kesehatan, buah yang memiliki rasa asam ini juga diketahui memiliki banyak manfaat lainnya termasuk untuk rambut hingga kecantikan seperti halnya menghilangkan flek hitam di wajah.

Namun sebaiknya jangan mengonsumsi jeruk nipis dalam dosis yang banyak karena bisa memicu masalah. Adapun beberapa efek samping jeruk nipis jika dikonsumsi dalam jumlah yang terlalu banyak bisa memicu asam lambung naik hingga merusak gigi. Semoga bermanfaat!

Artikel Lainnya

Back to top button
Close
Close