Manfaat

9 Manfaat Daun Beluntas Bagi Kesehatan Dan Cara Pengolahannya

Manfaat daun beluntas bagi kesehatan ternyata begitu luar biasa. Hal tersebut dikarenakan didalamnya diduga mengandung banyak sekali senyawa alami yang baik untuk tubuh. Nah bagi Anda yang belum mengenal apa itu daun beluntas dan sederet manfaat didalamnya, Anda bisa simak ulasan dari tim herbal tv berikut.

Mengenal daun beluntas dan kandungan senyawa alami didalamnya

manfaat daun beluntas bagi kesehatan

Mungkin bagi sebagian orang, daun beluntas masih asing untuk didengar. Padahal tanaman herbal ini merupakan salah satu tanaman dengan segudang khasiat medis didalamnya. Adapun daun beluntas sendiri merupakan jenis tanaman semak dengan daun bertangkai pendek serta bergerigi pada bagian tepi. Bentuknya bulat sunsang, bercabang, memiliki rusuk serta berbulu halus.

Tak hanya dimanfaatkan sebagai pagar hidup, tanaman yang memiliki nama ilmiah Pluche indica ini, diklaim memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Hal tersebut seiring dengan terungkapnya hasil penelitian nyang menyebutkan bahwa daun beluntas mengandung sejumlah senyawa alami yang baik untuk tubuh. Diantaranya seperti alkaloid, dlafonoida, fosfor, kalsium, magnesium, minyak atsiri, tannin dan juga natrium.

Adapun berbaga manfaat yang dihasilkan dari berbagai zat maupun senyawa tersebut, berkaitan dengan pencegahan hingga pengobatan berbagai permasalahan di tubuh. Mulai yang sifatnya ringan hingga serius sekalipun.

Khasiat dan manfaat daun beluntas untuk kesehatan

Berikut adalah berbagai khasiat daun beluntas untuk kesehatan secara menyeluruh yang perlu Anda ketahui.

1. Mengatasi pegal linu

Apabila Anda kini sedang mengalami pegal linu, maka salah satu cara tradisional untuk mengatasinya adalah dengan memanfaatkan daun beluntas. Caranya cukup dengan merebus 3-5 helai daun beluntas yang telah dibersihkan ke dalam air mendidih hingga tersisa setengahnya. Setelah dingin, Anda bisa mengonsumsi air rebusan tersebut hingga masalah pegal linu Anda membaik.

2. Mengobati sakit pinggang

Selain pegal linu, daun beluntas juga diketahui memiliki manfaat untuk mengatasi nyeri pinggang. Caranya, cukup mengonsumi daun beluntas dengan cara mengonsumsi air rebusannya secara teratur hingga sakit pinggang yang Anda alami mereda.

3. Menghilangkan keputihan

Saat ini tak sedikit dari pada produk obat-obatan yang mengklaim mampu menghilangkan keputihan berlebih pada wanita. Nah apabila Anda ingin mencoba mengatasinya secara alami, manfaat daun beluntas bisa menjadi pilihannya. Hal tersebut karena dalam daun beluntas terkandung sifat antibakteri yang mampu mengatasi keluhan ini. Untuk itu, bagi wanita-wanita yang tengah dilanda keputihan, maka sebaiknya Anda mencoba mengatasinya dengan mengonsumsi air rebusan daun beluntas secara teratur.

4. Mengobati rematik

Salah satu solusi pengobatan alternatif rematik yang wajib Anda coba saat ini adalah dengan memnfaatkan daun beluntas. Kandungan antiinflamasi didalamnya mampu membantu meredakan peradangan yang tak lain merupakan salah satu gejala rematik. Selain itu, mengonsumsi daun beluntas juga diketahui mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta mencegah masalah fungsi sistem autoimun.

5. Menjaga kesehatan rahim

Daun beluntas diketahui kaya akan berbagai kandungan senyawa antioksidan didalamnya. Hal tersebut lantas dipercaya bahwa daun beluntas mampu menjaga kesehatan dan kekuatan rahim. Selain itu, kandungan dalam daun beluntas juga diketahui mampu mencegah sel-sel rahim dari pada kerusakan akibat munculnya sel kanker rahim yang berbahya. Untuk mendapat berbagai manfaat tersebut, Anda bisa mengonsmsi air rebusan daun beluntas.

6. Menghilangkan bau mulut

Masalah bau mulut mungkin kerap dialami oloeh banyak orang. Mulut yang beraroma tidak sedap pasti akan menurunkan kepercayaan diri Anda, bahkan sangat menganggu bagi diri sendiri dan orang lain yang berada disekitar Anda. Nah untuk mengatasi keluhan terebut, solusi alami yang bisa Anda lakukan adalah dengan megonsumsi daun beluntas. Hal tersebut karena didalam daun beluntas terkandung senyawa antibakteri yang mampu mengatasi keluhan terebut.

7. Menghilangkan bau badan

Tak hanya mampu menghilangkan bau mulut, daun beluntas juga diketahui mampu mengatasi keluhan bau badan. Tak hanya menurunkan kepercayaan diri Anda, masalah bau badan juga menandakan bahwa tubuh Anda juga terdiri dari banyak bakteri pemicu bau badan. Nah untuk mengatasinya, Anda bisa memanfaatkan daun beluntas. Tanaman herbal ini sendiri telah sejak lama digunakan sebagai ‘deodoran alami’. Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda bisa merebus 3- lembar daun beluntas didalam air mendidih. Setelah diangkat dan dingin Anda bisa mengonsumsi air rebusan daun beluntas tersebut secara rutin.

8. Mencegah keruksakan hati

Dau beluntas kaya akan kandungan flavonoid seperti quercetin, myricetin serta kaemferol, yang mana berbagai kandungan tersebut efektif dalam mencegah juga menangkal keruksakan hati. Dengan begitu, mengonsumsi ramuan daun beluntas secara rutin mampu meningkatkan fungsi hati, agar selalu bekerja secara optimal.

9. Meningkatkan kesehatan kulit

Daun beluntas juga dapat dimanfaatkan untuk mendapatkan kulit sehat dan wajah yang cantik. Hal tersebut karena kandungan antioksidan dan zat aktif lainnya. Bahkan selain mampu memperbaiki sel-sel kulit, herbal ini juga baik untuk meregenerasi kulit hingga menghilangkan jerawat. Untuk mendapatkan manfaat yang satu ini, Anda bisa gunakan daun ini sebagai luluran dan juga masker wajah.

Nah itulah sejumlah manfaat daun beluntas untuk kesehatan bahkan kecantikan. Selain dari pada apa yang telah kami paparkan diatas, ternyata masih banyak lagi khasiat yang terkandung dalam daun beluntas. Diantaranya seperti menjaga bersihan miss v, menyehatkan ginjal dan jantung, mengatasi asam lambung, mengatasi nyeri saat menstruasi, mengatasi mata minus, menurunkan tekanan darah tinggi, mengobati kista, baik untuk promil, bisa menjadi alternatif untuk diet atau menurunkan berat badan hingga mengatasi pendarahan. Semoga bermanfaat!

Artikel Lainnya

Back to top button
Close
Close