KesehatanVideo Kesehatan

Biaya Operasi Caesar di Jakarta Tanpa BPJS Tahun 2020

Herbal TV – Melahirkan seorang bayi bisa dijalani dengan dua cara, yaitu dengan cara normal dan juga operasi caesar. Operasi caesar merupakan prosedur operasi untuk mengeluarkan bayi dalam uterus. Adapun biaya operasi caesar bermacam-macam, mulai dari harga murah hingga mahal. Setiap rumah sakit yang ada di Indonesia, termasuk Jakarta, menerapkan kebijakannya masing-masing. Biaya caesar itu sendiri biasanya tergantung fasilitas yang didapat serta kualitas pelayanan. Maka dari itu, harga biaya caesar dari satu rumah sakit ke rumah sakit lain bisa berbeda-beda.

Saat seorang wanita memutuskan untuk melakukan operasi caesar, itu merupakan suatu keputusan yang besar. Hal ini bisa didasari oleh kondisi bayi dalam perut, kondisi ibu hamil atau kondisi lainnya. Keputusan untuk melakukan operasi caesar bukanlah hal yang mudah.

Biaya Operasi Caesar

Sekarang ini, biaya operasi caesar sebenarnya bisa saja gratis, bila kita mau memanfaatkan layanan BPJS dari pemerintah. Namun, beberapa orang memang lebih memilih melakukan operasi tanpa ditanggung oleh BPJS. Nah, bagi kamu yang ingin melakukan operasi caesar namun tidak ingin menggunakan layanan BPJS, artikel ini mungkin bisa menjadi referensimu. Berikut ini kami rangkum, perkiraan biaya di beberapa rumah sakit di Jakarta tahun 2020.

Rumah sakit pemerintah bisa menjadi pilihan untuk menjalani operasi c-section dengan biaya yang cukup terjangkau. Pasalnya, biaya di rumah sakit pemerintah jauh lebih murah dibandingkan rumah sakit swasta. Sebagai contoh, di rumah sakit pemerintah tipe C ataupun D, tarif untuk caesar bisa dijangkau dengan kisaran biaya empat juta rupiah hingga empat setengah juta rupiah. Namun tentu, ini belum termasuk fasilitas lain seperti kamar, obat-obatan dan layanan lain.

Di rumah sakit pemerintah lain seperti tipe B dan A, biayanya paling murah sekitar 9 juta rupiah hingga 16juta rupiah tergantung jenis kelas yang dipilih. Bila ditotal dengan biaya lain seperti biaya obat-obatan, biaya inap dan layanan lain, maka totalnya bisa mencapai 15 juta rupiah.

Untuk rumah sakit swasta, biayanya cenderung lebih mahal dibanding rumah sakit pemerintah. Untuk harganya sendiri sangat beragam, tergantung kualitas dari rumah sakit tersebut. Beberapa rumah sakit menawarkan harga mulai 32 juta rupiah hingga 52,5 juta rupiah untuk layanan operasi caesarnya.

Artikel Lainnya

Back to top button
Close
Close