Manfaat

Bukan Sekedar Lalapan, Ini 5 Manfaat Daun Kenikir Bagi Kesehatan

Tahukah Anda daun kenikir? Meski tak sepopuler bayam, kangkung dan sawi, namun kenikir ternyata memiliki segudang kebaikan bagi kesehatan lho. Nah, bagi Anda yang penasaran dengan apa saja manfaat daun kenikir, sebaiknya Anda simak terus ulasan berikut sampai selesai ya!

Mengenal kenikir dan kandungan nutrisi didalamnya

manfaat daun kenikir

Kenikir atau yang juga sering disebut ulam raja merupakan tanaman yang memiliki bentuk daun membujur dan memiliki tangkai yang cukup panjang. Tanaman yang bernama latin Cosmos caudatus ini diketahui masih termasuk ke dalam famili Asteraceae. C. caudatus. Pada awalnya, tanaman ini berasal dari Amerika Latin, hingga pada akhirnya banyak tumbuh dan berkembang di kawasan Asia Tenggara.

Tanaman ini umumnya memiliki tinggi mencapai 3 meter, dengan bunganya yang cantik berwarna ungu dan merah muda. Adapun daunnya sering kali di ambil dan diolah sebagai santapan makanan, terlebih menjadi lalapan mentah. Namun beberapa orang lainnya juga mengolahnya dengan cara di rebus, untuk disandingkan dengan sayuran lainnya dalm urap juga pecel.

Dan tak kalah dengan jenis sayuran lainnya, daun kenikir ternyata mengandung sejumlah nutrisi bagi kesehatan dengan syarat, cara pengolahannya tepat. Adapun dalam 100 gr daun kenikir terdapat kandungan gizi sebagai berikut:

  • Energi …………………………………………………. 45 kal
  • Protein ………………………………………………… 3,7 gr
  • Karbohidrat ………………………………………… 6,6 gr
  • Serat …………………………………………………….. 5,8 gr
  • Kalsium ……………………………………………….. 328 mg
  • Fosfor ………………………………………………….. 65 mg
  • Besi ………………………………………………………. 2,7 mg
  • Natrium ……………………………………………….. 6 mg
  • Kalium ………………………………………………….. 431 mg
  • Seng ……………………………………………………… 0,6 mg

Selain dari pada itu, daun kenikir juga diketahui mengandung sejumlah vitamin. Diantaranya 12 mcg vitamin A (karoten), 0,5 mg vitamin B1 (thiamin), 0,3 mg vitamin B2 (riboflavin), 4,5 mg vitamin B3 (niasin). Bahkan tak cukup sampai disitu, daun ulam raja ini juga diketahui memiliki banyak kandungan antioksidan yang tentunya semakin memperkuat nutrisi didalamnya.

Khasiat dan manfaat daun kenikir bagi kesehatan tubuh

Setelah Anda mengetahui berbagai kandungan nutrisi didalam daun kenikir, sekarang bagian Anda mengetahui berbagai khasiat yang dimilikinya. Adapun berbagai manfaat daun kenikir adalah sebagai berikut.

1. Kaya akan antioksidan

Antioksidan merupakan senyawa penting yang memiliki tugas untuk menangkal efek buruk dari serangan radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Apabila tidak dihentikan, maka radikal bebas dapat berkembang dan memicu berbagai masalah kesehatan yang dapat merugikan tubuh. Meski tubuh memiliki kemampuan untuk menghasilkan antioksidan sendiri, namun nyatanya tidak cukup memenuhi kebutuhan optimal.

Adapun salah satu penyumbang antioksidan yang cukup besar ialah sayuran dan buah-buahan. Dari banyaknya buah dan sayuran yang ada, kenikir menjadi salah satu jenis sayuran yang mengandung antioksidan tinggi. Hal tersebut sesuai dengan hasil penelitian dalan Global Journal of Pharmacology, bahwasannya dari sekitar 37 jenis sayuran mentah yang telah diuji cobakan, daun kenikir atau ulam raja diketahui mengandung jenis antioksidan flavonoid yang tinggi.

2. Menurunkan resiko diabetes

Dalam penelitian sebuah jurnal disebutkan, bahwasannya daun kenikir memiliki efek antidiabates. Hal ini menujukkan, bahwa daun kenikir juga memiliki manfaat dalam mencegah penyakit diabetes. Peneliti menemukan adanya penurunan gula darah yang cukup signifikan, ykni pada hewan uji coba dengan obesitas yang sebelumnya telah diberi ekstrak daun kenikir.

Hal tersebut ternyata dikarenakan daun ulam raja ini mengandung enzim yang mana mampu menghambat penyerapan glukosa dalam sistem pencernaan. Selain itu, sayuran ini juga memiliki potensi mampu mengelola kondisi hiperglikemia atau kadar gula terlalu tinggi dalam tubuh.

3. Mencegah penyakit hipertensi

Bagi Anda yang memiliki resiko mengidap hipertensi, ada baiknya Anda mengonsumsi sayuran yang satu ini. Menurut penelitian Journal of Research in Medical Sciences, ekstrak mapun daun kenikir terbukti mampu menghambat terjadinya peningkatan frekuensi detak jantung pada hewan.

Dan apabila dibandingkan, hasil penelitian tersebut setara dengan efek yang dimiliki oleh obat antihipertensi. Selain itu, sayuran ini juga diketahui memiliki efek direutik yang dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

4. Mencegah penyakit osteoporosis

Manfaat daun kenikir lainnya dipercaya mampu mencegah osteoporosis pada mereka yang telah berusia lanjut dan wanita yang telah mengalami menopause. Hal tersebut berkat kemampuannya yang dapat melindungi fungsi dan kondisi tulang. Selain itu, daun kenikir juga mampu meningkatkan jumlah mineral, volume osteoid serta osteoblas dalam tubuh. Dengan meningkatkan 3 komposisi tulang tersebut mampu merangsang pembentukan juga perbaikan kondisi tulang dalam tubuh.

5. Khasiat untuk kesehatan lainnya

Selain dari pada apa yang telah dipaparkan diatas, daun kenikir juga diketahui memiliki manfaat lainnya. Diantaranya seperti baik untuk ibu hamil dan menyusui serta baik untuk menjaga kesehatan organ tubuh seperti mata, ginjal dan jantung. Sayuran ini juga diduga dapat membantu mempercepat penyembuhan beberapa masalah kesehatan hingga kecantikan. Seperti mengatasi kelenjar getah bening, asam urat, asam lambung atau maag dan masih banyak lagi yang lainnya.

Nah itulah beragai manfaat daun kenikir bagi kesehatan juga sebagai obat herbal khususnya. Meski memiliki khasiat untuk kesehatan namun dianjurkan untuk tidak mengonsumsinya secara berlebihan. Karena apabila demikian, diduga dapat memicu keruksakan pada organ hati. Semoga bermanfaat!

Artikel Lainnya

Back to top button
Close
Close