Parenting

Cara Alami Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Dengan Cepat Tanpa Obat

Selain mengonsumsi obat, ternyata terdapat beberapa cara alami menurunkan tekanan darah tinggi dengan cepat yang dipercaya efektif dan dapat dilakukan di rumah. Nah untuk mengetahui informasi selengkapnya, Anda bisa simak ulasan berikut.

cara alami menurunkan tekanan darah tinggi

Tekanan darah tinggi atau yang lebih dikenal dengan penyakit hipertensi merupakan kondisi dimana tekanan darah pada arteri meningkat. Seseorang dapat dikatakan mengalami tekanan darah tinggi atau hipertensi apabila tekanan darahnya mencapai 140/90 mmHg bahkan lebih. Adapun tekanan darah seseorang dikatakan normal apabila tekanan darahnya berkisar antara 90/60 mmHg hingga 120/90 mmHg.

Adapun penyebab hipertensi sendiri diketahui dapat disebabkan oleh beragam faktor. Mulai dari gaya hidup, keturunan (genetik) maupun keduanya sekaligus. Meski terlihat sepele, namun penyakit ini nyatanya dapat menjadi ancaman mematikan lantaran jika tidak ditangani dengan segera, maka mampu meningkatkan penyakit kardiovaskular. Mulai dari serangan jantung hingga stroke.

Indonesia sendiri menjadi negara urutan kelima dengan penderita hipertensi terbanyak di dunia. Penderitanya juga tak hanya orang lanjut usia, namun juga terdiri dari usia muda, ibu hamil dan menyusui hingga wanita pasca melahirkan, yang mana sama-sama memiliki resiko serius bagi kesehatan apabila tidak diobati dengan baik.

Cara menurunkan tekanan darah tinggi secara alami dan cepat

Salah satu cara untuk mengurangi kebutuhan Anda dalam mengonsumsi obat antihipertensi adalah dengan mengubah gaya hidup serta kebiasaan setiap hari menjadi lebih sehat. Berikut adalah beberapa cara alami untuk menurunkan tekanan darah tinggi, yang bisa menjadi referensi juga sangat baik dijadikan sebagai terapi dampingan guna menormalkan tekanan darah bagi penderita yang telah diresepkan obat. Tentunya tanpa harus menghawatirkan resiko suatu efek samping apapun.

1. Turunkan berat badan

Apabila Anda kini tengah menderita hipertensi dan memiliki berat badan berlebih atau cenderung obesitas, maka sebaiknya Anda mulai turunkan berat badan mulai sekarang. Badan gemuk sendiri bisa menjadi pertanda bahwa tubuh Anda penuh dengan tumpukan lemak. Dan tumpukan lemak tersebut akan menempel pada pembuluh darah, yang pada akhirnya membuat aliran darah menjadi tidak lancar. Dan hal inilah yang menjadi pemicu tekanan darah menjadi naik.

2. Mengonsumsi makanan yang tepat

Saat Anda telah didiagnosis menderita hipertensi, maka Anda tidak bisa lagi makanan secara sembarangan. Karena hal tersebut dapat mempengaruhi tekanan darah Anda. Ada baiknya Anda menghindari makanan yang asin, berlemak tinggi serta makanan dalam kemasan. Adapun sebagai gantinya, Anda bisa memperbanyak mengonsumsi makanan yang tinggi kaya akan vitamin, mineral dan serat. Seperti halnya sayuran, buah-buahan, kacang, biji-bijian serta gandum utuh.

Adapun makanan berserat sendiri diketahui mampu mengikat lemak yang mana mampu menaikkan tekanan darah. Selain itu, jangan lupa untuk mengonsumsi makanan yang mengandung kalium tinggi, lantaran mampu menormalkan kadar sodium dalam tubuh. Dimana imbasnya tekanan darah dapat lebih terkendali.

3. Berolahraga secara rutin

Cara menurunkan tekanan darah secara alami lainnya bisa dilakukan dengan berolahraga. Bahkan manfaat yang didapat diduga sama baiknya seperti mengonsumsi obat anti-hipertensi. Namun yang perlu digaris bawahi disini ialah Anda mengendalikan tekanan darah apabila Anda berolahraga secara teratur. Setidaknya selama 150 menit dalam seminggu.

Apabila Anda ingin menerapkan ini sebagai pola hidup Anda yang baru, Anda bisa memulainya dengan olahraga yang ringan. Seperti jalan-jalan santai atau bersepeda. Bisa juga dengan melakukan aktivitas rumah tangga sendiri, sehingga menjadikan tubuh Anda aktif bergerak. Seperti halnya memotong rumput, mengepel lantai atau berkebun.

4. Mengelola stres dengan baik

Tahukah Anda, saat stres tubuh akan melepaskan hormon kortisol dan adrenalin yang bekerja untuk mempersempit pembuluh darah. Dan pada akhirnya, kondisi tersebut mampu menghambat aliran darah serta meningkatkan tekanan darah. Sehingga semakin Anda stres, maka tekanan darah tinggi Anda akan sering kambuh.

Maka dari itu, stres wajar namun yang terpenting adalah dapat mengelolanya dengan baik. Apabila Anda mulai stres, sebaiknya segera luangkan waktu untuk merilekskan tubuh dengan melakukan hal-hal menyenangkan dan Anda gemari. Misal dengan berendam air hangat, jalan-jalan, rekreasi atau kegiatan lainnya.

5. Hindari minuman berkafein

Teh, kopi dan soda merupakan bagian dari minuman berkafein yang mampu merangsang tubuh guna menghasilkan hormon yang dapat mempengaruhi tekanan darah. Sehingga sangat disarankan Anda menghindari berbagai jenis minuman ini sebagai salah satu cara menurunkan tekanan darah secara tradisional yang efektif. Dan sebagai gantinya, Anda bisa menggantinya dengan susu atau jus buah yang mengandung banyak vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh.

Nah itulah berbagai cara alami menurunkan tekanan darah dengan cepat tanpa obat. Selain dari pada itu, Anda juga bisa memanfaatkan bahan alami untuk dijadikan sebagai obat herbal hipertensi. Diantaranya seperti rutin mengonsumsi bawang putih, daun kelor, seledri dan lainnya. Semoga bermanfaat.

Artikel Lainnya

Back to top button
Close
Close