Parenting

Cara Diet Sehat Untuk Menurunkan Berat Badan Secara Alami Dan Cepat

Cara diet untuk memiliki berat badan ideal memang beragam. Namun tetap pastikan program diet yang akan Anda jalani aman. Bukan pola diet ketat yang semata-mata menyiksa tubuh dan berujung membahayakan kesehatan. Karena kini banyak pilihan cara menurunkan berat badan secara alami dan sehat yang bisa Anda pilih. apa saja? Nah untuk mengetahuinya, Anda bisa menyimak informasi parenting dari Herbal Tv Berikut ini.

Mengenal arti diet sebenarnya

cara diet sehat

Tak sedikit yang mengartikan diet sebagai upaya untuk menurunkan berat badan dengan caea mengurangi porsi makan dan membatasi jenis makanan yang dikonsumsi. Dan itulah alasan banyaknya yang beranggapan bahwa diet hanya perlu di lakukan oleh orang gemuk agar kurus. Padahal arti diet sebenarnya tak semata bertujuan untuk menurunkan berat badan saja lho.

Diet sendiri merupakan kata yang berakar dari bahasa Yunani yang berarti “Cara Hidup”. Selain itu, diet juga merupakan kata serapan dari bahasa Inggris yang mana secara harfiah berarti “makanan yang bisa di makan”. Sehingga dengan demikian, diet bisa diartikan sebagai kebiasaan makan yang menjadi pola hidup. Conto seperti apabila Anda sering mengonsumsi buah dan sayur, maka Anda bisa disebut sedang diet tinggi serat dan lainnya.

Selain dari pada itu, masih banyak lagi definisi diet, dengan tujuan yang berbeda tergantung individu itu sendiri. Ada yang menjalani diet untuk menurunkan berat badan, menaikan berat badan, memulihkan kondisi tubuh setelah sakit dan banyak lagi lainnya. Dan melihat dari definisi diet yang cukup beragam, tentunya menghapuskan statemen kuno yang menyebutkan bahwa diet hanya dijalani oleh orang gemuk saja.

Tips dan cara diet sehat untuk menurunkan berat badan secara alami

Berikut adalah berbagai tips menjalani diet untuk mendapatkan tubuh sehat sekaligus berat badan ideal. Berikut rinciannya!

☑ Cara diet sehat: Pilih makanan tepat

Apabila selama ini Anda suka mengonsumsi makanan berlemak, terlalu manis, asin sebaiknya mulai saat ini Anda tinggalkan secara perlahan. Anda bisa menggantinya dengan sayur dan buah, ikan, daging merah dan putih tanpa lemak produk susu rendah lemak dan makanan yang kaya akan pati resisten. Makanan tersebut merupakan jenis makanan yang dapat mendukung diet sehat Anda berjalan lancar.

☑ Cara diet sehat: Mengatur porsi makan

Mengetahui kebutuhan kalori harian adalah salah satu hal penting yang perlu diketahui saat menjalani diet sehat. Karena asupan kalori yang cukup merupakan kunci daripada fungsi tubuh tetap berjalan optimal. Sehingga Anda tak perlu memangkas porsi makan Anda menjadi seminimal mungkin. Hanya saja jika Anda kini memang sedang berencana menurunkan berat badan, maka Anda sebaiknya perlu mengurangi sebanyak 500 kali sehari. Maka dengan pengurangan ini, biasanya Anda dapat kehilangan 0,5-1 kg berat badan perminggunya.

Adapun dalam penerapan diet sehat sendiri Anda harus mengingat bahwasannya Anda perlu memenuhi semua zat gizi yang diperlukan tubuh dalam satu porsi makan. Diantaranya seperti su,ber karbohidrat (makanan pokok), lauk protein (hewani atau nabati), lemak sehat, serat, vitamin juga berbagai vitamin dari mineral dan lauk sayuran. Selipkan juga satu mangkuk buah-buahan untuk dijadikan cemilan diantara waktu makan.

☑ Cara diet sehat: Kurangi gula dan garam

Kunci kesuksesan diet sehat saelain perlu mengatur porsi menu, Anda juga disarankan agar lebih bijak dalam membatasi konsumsi gula, garam, lemak trans dan minyak. Berbagai macam hal tersebut merupakan awal mula dari munculnya berbagai masalah kesehatan. Diantaranya seperti kenaikan berat badan, diabetes, hipertensi, kolesterol tinggi hingga penyakit jantung.

Adapun untuk panduan mengurangi porsi gula, garam dan lemak sendiri di rekomendasikan oleh Kementrian Kesehatan Republik Indonesia dengan menerapkan prinsip G4G1L5. Panduan tersebut yakni gula 4sdm/hari, garam 1 sdt/hari dan lemak sebnyak 5 sdm/hari. Untuk langkah mengurangi gula, Anda juga bisa mengganti gula pasir dengan pemanis rendah kalori ya.

☑ Tips diet sehat: Atur jadwal makan secara teratur

Melewatkan waktu makan untuk tidak sarapan, makan siang merupakan cara diet yang salah. Alih-alih membuah hasil cepat untuk diet Anda malah dapat mengacaukan rencana diet sehat Anda. Sebenarnya Anda masih bisa untuk makan 3x sehari dengan syarat, perlu memperhatikan porsi makan seperti diatas Adapun jika Anda ingin mengurangi porasi makan, Anda bisa membagi 3 waktu makan besar menjadi 6 kali makan sepanjang hari dengan porsi kecil. Kuncinya, hindari makanan tinggi lemak dan kalori serta darapan dengan asupan makanan tinggi serat.

☑ Tips diet sehat: Berolahraga secara teratur

Tips diet sehat selanjutnya adalah berolahraga secara teratur. Karena mengatur porsi makan saja tidak cukup untuk menurunkan berat badan Anda jika tidak disertai dengan olahraga yang cukup. Hal tersebut dkarenakan, tubuh tetap perlu membakar kalori yang masuk ke dalam tubuh, sekaligus membentuk otot. Untuk itu, mulailah membiasan diri untuk berolahraga secara rutin, selama 30 menit setiap hari. Entah itu berjalan-jalan santai, jogging atau olahraga lainnya.

☑ Tips diet sehat: Tinggalkan pola hidup buruk

Selain memperhatikan pola makan juga aktivitas tubuh, menerapkan pola hidup secara sehat secara keseluruhan juga merupakan bagian penting untuk mensukseskan program diet sehat Anda. Diantaranya seperti tidur cukup 7-8 jam/malam, tidak begadang, menghindari alkohol dan juga roko. Hal-hal tersebut mampu membuat diet sehat Anda menjadi lebih mudah.

Nah itulah berbagai tips juga cara diet sehat untuk menurunkan berat badan agar cepat kurus secara alami. Selain itu, masih banyak tips diet sehat lainnya yang mudah dilakukan. Diantaranya seperti mengunyah makanan dengan perlahan, tubuh terdehidrasi oleh air putih, menjadikan apel sebagai cemilan dan lainnya. Berbagai cara diet efektif diatas juga aman dijadikan sebagai diet ibu hamil dan wanita pasca melahirkan yang aman.

Artikel Lainnya

Back to top button
Close
Close