Parenting

Cara Mencegah Flu Pada Anak Dan Balita Di Musim Hujan

Cara mencegah flu di musim hujan tidaklah sulit. Hanya saja terdapat beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menghadang serangan dari penyakit infulenza ini. Terlebih pada si kecil, yang tentunya belum memiliki daya imunitas tubuh sekuat orang dewasa. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menginformasikan kepada berbagai cara atau tips untuk mencegah flu, khususnya saat musim penghujan datang.

cara mencegah flu pada anak

Flu atau influenza menjadi salah satu masalah kesehatan yang kerap dialami, terlebih oleh anak-anak saat telah memasuki jusim hujan. Flu sendiri merupakan penyakit pernapasan yang ditularkan oleh virus influenza. Gejala flu umumnya datang dengan cepat, intens dan dapat berujung pada masalah sistem pernapasan seperti pneumonia apabila, apabila masalah kesehatan terjadi berkepanjangan dan tidak diatasi dengan baik.

Menurut Centers for Diseases Control and Prevention, Setiap orang dewasa pada umunya dapat mengalami sakit flu dua hingga tiga kali dalam setahun. Bahkan tak hanya dewasa, anak-anak, balita hingga bayipun bisa saja terserang penyakit akibat virus ini.

Cara mencegah flu pada anak dan balita di musim hujan

Penyakit flu sejatinya bukanlah suatu masalah yang sulit dihindari. Meski tidak dapat menghindarinya secara penuh, terdapat beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk meminimalisasi paparan dan menjaga kekebalan. Sehingga Anda dan si kecil bisa terhindar dari ancaman flu tubuh. Berikut tim herbal Tv sajikan informasinya secara lengkap bagi Anda.

☑ Rajin membasuh tangan kunci utama mencegah flu

Salah satu cara efektif untuk mencegah flu adalah dengan membiasakan anak cuci tangan sebelum makan, serta setelah menyentuh benda kotor. Disarankan mencuci tangan menggunkan sabun. Gosok-gosok seluruh bagian tangan, termasuk ujung jari, kuku serta pergelangan tangan selama 20 detik atau lebih. Apabila tidak ada sabun, Anda juga bisa menggunakan hand sanitizer dengan kadar alkohol diatas 60%.

☑ Cegah flu: tidak menyentuh wajah dengan tangan kotor

Perlu Anda ketahui, bahwasannya virus flu dapat masuk kedalam tubuh melalui mata, hidung juga mulut dengan perantara tangan yang kotor. Maka dari itu, biasakan beritahu anak agar tidak menyentuh wajah apabila belum mencuci tangan.

☑ Mengonsumsi makanan yang bernutrisi

Salah satu upaya yang bisa dilakukan guna meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak adalah dengan mengonsumsi makanan bergizi dan bernutrisi. Salah satunya dengan memperbanyak mengonsumsi sayur dan buah. Anda bisa pilih sayur dan buah yang berwarna hijau gelap, kuning juga merah untuk si kecil. Perbanyak juga mengonsumsi protein seperti halnya telur, daging, ikan untuk memperkuat daya tahan tubuh.

☑ Mencegah flu dengan istirahat yang cukup

Tahukah Anda? Istirahat yang kurang cukup dapat memicu hormon stres juga melemahkan daya tahan tubuh. Sehingga, kemungkinanan si kecil akan rentan terserang virus, termasuk virus penyebab flu. Untuk itu, cukupilah waktu tidur setiap malam, sekitar 7-9 jam. Dengan begitu, daya tahan tubuh si kecil senantiasa kuat.

☑ Melakukan vaksin flu

Salah satu pencegahan influenza yang juga penting dilakukan untuk mencegah penyakit flu adalah dengan melakukan vaksin flu. Vaksin yang satu ini dipercaya mampu mencegah terjadinya flu dengan gejala berat dan juga berulang.

☑ Memakai masker

Virus flu lebih dominan menyebar ke udara melalui percikan dahak maupun air liur saat penderita flu bersin atau batuk. Maka dari itu, Anda bisa memakaikan masker pada si kecil saat akan berpergian ke luar rumah atau ketika sedang berinteraksi dengan penderita flu.

☑ Rutin berolahraga

Berolahraga secara rutin juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga tubuh tidakmakan mudah terserang penyakit. Untuk itu, ajak si kecil untuk menggerakan tubuhnya, minimal 1 minggu sekali. Seperti halnya jalan-jalan ke taman di akhir pekan dan lainnya.

Nah itulah berbagai cara mencegah flu pada anak dan balita yang bisa Anda lakukan di Rumah. Selain untuk anak, berbagai cara diatas juga dapat diaplikasikan untuk ibu hamil sekalipun. Selain dari pada itu, masih banyak lagi cara yang dapat dilakukan untuk mencegah flu. Diantaranya mengonsumsi ekstrak elder, menghindari olahraga berat, minum banyak cairan, mengonsumsi jamur shiitake, mengonsumsi yogurt dan berhenti merokok.

Artikel Lainnya

Back to top button
Close
Close