Parenting

Cara Mengatasi Pilek Pada Bayi Secara Alami Agar Cepat Sembuh

Cara mengatasi pilek pada bayi 1 bulan, 3 bulan hingga bayi baru lahir sebaiknya dilakukan dengan tepat. Selain membawanya ke dokter, ternyata terdapat beberapa tips alami mengatasi pilek pada bayi yang aman dan mudah dilakukan. Selengkapnya, bunda bisa simak informasi berikut ini.

cara mengatasi pilek pada bayi

Pilek merupakan kondisi dimana hidung mengeluarkan lendir atau ingus, baik sekali maupun secara terus menerus. Kondisi yang biasanya disebabakan oleh infeksi virus ini tak hanya sering menyerang dewasa, namun juga bisa menyerang anak-anak bahkan bayi baru lahir sekalipun.

Selain menjadi rewel, gejala pilek pada bayi biasanya ditandai dengan keluarnya ingus ataupun cairan bening yang berasal dari hidung. Dan ingus tersebut umumnya akan berubah menjadi kehijauan atau kekuningan setelah beranjak hingga satu minggu.

Keluarnya ingus sendiri merupakan salah satu cara tubuh guna menyingkirkan berbagai jenis kuman yang terdapat didalamnya. Akan tetapi, apabila ingus yang keluar dari hidung terlalu banyak, maka bisa mengganggu pernapasan bayi. Sehingga penangananan yang tepat harus segera dilakukan agar si kecil bisa merasakan kenyamanan kembali.

Cara mengatasi flu pada bayi secara alami dan tradisional

menagatasi pilek pada bayi

Jika bayi Anda kini tengah mengalami pilek dan batuk, maka jangan berikan obat bebas pada si kecil. Karena resiko munculnya efek samping berbahaya sangat tinggi. Selain memberikan obat dokter, ternyata terdapat beberapa cara mengatasi pilek pada bayi secara alami. Berikut adalah beberapa tips dan cara meringankan gejala pilek pada bayi agar cepat sembuh tanpa obat dokter.

☑ Menempatkan bayi pada ruang tanpa AC

Hal ini bertujuan untuk mengurangi gejala hidung tersumbat pada bayi. Namun apabila bayi lebih nyaman berada di ruangan AC, Anda bisa menggunakan mesin pelembabab udara ataupun memanfaatkan uap air panas. Anda juga bisa menambahkan minyak essensial kedalamnya seperti menthol.

☑ Menepuk punggung bayi

Cara mengatasi flu pada bayi ini juga mampu membantu meringankan pernapasannya yang tersumbat. Caranya, Anda bisa baringkan bayi dalam posisi tengkurap pada lutut ataupun membaiarkan bayi duduk di pangkuan dengan condong ke arah depan.

☑ Cara mengatasi pilek pada bayi dengan air garam

Apabila pilek yang dialami bayi sangat mengganggu, maka Anda bisa mencoba mengatasinya dengan alternatif air garam untuk mengencerkan lendirnya. Caranya, Anda bisa menteskan air garam pada ujung lubang hidung bayi. Setelah itu, gunakan alat penyedot ingus bayi untuk memabersihkan hidung.

☑ Memberikan teh hangat

Ini merupakan cara mengatasi pilek pada bayi enam bulan ke atas. Cara alami ini sendiri diketahui mampu meredakan hidung tersumbat pada bayi khususnya.

☑ Mengatasi pilek pada bayi dengan herbal

Beberapa bahan herbal di percaya mampu mengatasi pilek pada bayi. Salah satunya adalah daun sirih. Bahan alami yang satu ini beberapa waktu lalu sempat viral, lantaran khasiatnya diduga ampuh sembuhkan pilek bayi dengan cepat.

Caranya Anda bisa siapkan 2 lembar daun sirih. Kemudian panaskan daun sirih diatas lilin. Setelah layu oleskan sedikit balsem/vicks pada daun sirih tersebut dan letakan pada dada dan juga bagian belakang bayi. Selain daun sirih beberapa bahan alami lainnya dipercaya mampu mengatasi pilek pada bayi. Diantaranya seperti minyak kelapa dan kunyit.

Adapun selain dari pada beberapa cara alami mengatasi pilek pada bayi diatas, masih terdapat beberapa tips lainnya selama bayi mengalami pilek. Diantaranya seperti membersihkan cairan lendir yang mengeras dihidung bayi menggunakan kapas yang sebelumnya telah dibasahi air hangat. Selain itu, Anda juga bisa oleskan patroleum Jelly pada bagian luar lubang hidung bayi untuk mencegah iritasi.

Waspadai beberapa kondisi berikut ini!

Pilek merupakan salah satu penyakit umum termasuk yang dialami pada bayi. Hanya saja terdapat beberapa kondisi yang sebaiknya perlu orang tua waspadai dan segera periksakan ke pusat kesehatan terdekat. Diantaranya:

  • Pilek diiringi dengan batuk juga demam yang mencapai 39 derajat celsius pada anak dibawah 3 bulan.
  • Demam bcxerlangsung lebih dari 2 hari
  • Mata berair dan muncul kototran mata.
  • Batuk menjadi semakin parah yang disertai dengn napas yang cepat hingga terdengar bunyi mengi
  • Bayi menjadi rewel saat menyusu sambil menarik telinga terlebih jika diletakan di tempat tidur.
  • Pilek tidak membaik hingga kurun waktu 7-10 hari.

Pada dasarnya, bayi memiliki daya tahan tubuh yang belum sempurna. Sehingga beresiko terserang berbagai penyakit. Maka dari itu, apabila bayi mengalami pilek dan disertai dengan berbagai gejala berat, maka sebaiknya harus diwaspadai. Jika beberapa cara mengatasi pilek pada bayi diatas tidak memberikan perubahan positif pada si kecil, maka ada baiknya Anda segera konsultasikan kondisi bayi Anda ke pusat kesehatan terdekat.

Artikel Lainnya

Back to top button
Close
Close