KesehatanVideo Kesehatan

Efek Samping Tramadol dan Riklona, Narkoba Yang Menjerat Lucinta Luna

Efek Samping Tramadol dan Riklona – Baru-baru ini, publik dihebohkan dengan munculnya berita penangkapan seorang aktris bernama Lucinta Luna oleh Polda Metro Jakarta Barat. Penangkapan tersebut terjadi pada hari Selasa, 12 Februari 2020. Selain Lucinta Luna sendiri, ada 3 orang lainnya yang ikut ditangkap, salah satunya merupakan pasangan Lucinta Luna.

Dalam proses penangkapan, polisi menemukan adanya pil ekstasi di tempat sampah. Selain itu, polisi juga menemukan obat keras yang kerap disalahgunakan sebagai narkoba yaitu Tramadol dan Riklona. Berdasarkan hasil tes urine, diketahui bahwa aktris tersebut, terverifikasi positif menggunakan obat-obatan jenis benzodiazepine. Adapun jenis obat benzodiazepine yang ditemukan dalam penggeledahan adalah Riklona Clonazepam.

Efek Samping Tramadol dan Riklona

Baik Tramadol maupun Riklona, keduanya merupakan jenis obat keras yang apabila disalahgunakan, maka akan menimbulkan efek samping yang membahayakan. Selain dapat menyebabkan kecanduan, penyalahgunaan kedua obat ini bisa menyebabkan hal-hal berikut ini :

Tramadol

Pada dasarnya, Tramadol adalah sejenis obat yang bisa digunakan untuk pereda rasa nyeri kategori ringan hingga berat seperti nyeri sehabis operasi. Namun, masyarakat ternyata banyak yang menyalahgunakan obat ini untuk mabuk-mabukan. Obat ini cukup populer di kalangan pengguna narkoba karena harganya yang cukup terjangkau. Saat mengonsumsi obat ini berlebihan, maka akan timbullah efek samping seperti berikut ini :

  • Kecanduan obat
  • Mual dan muntah
  • Kepala menjadi pusing
  • Mengganggu kinerja dan fungsi ginjal
  • Merusak jaringan saraf, dll

Pada kasus terparahnya, terlalu banyak mengonsumsi obat ini tentu bisa menyebabkan koma hingga berujung pada kematian.

Riklona

Sama seperti Tramadol, Riklona juga merupakan jenis obat. Riklona merupakan jenis obat penenang untuk terapi depresi dan juga gangguan kecemasan. Obat ini merupakan obat keras yang hanya boleh dibeli dengan resep dokter, bila dibeli tanpa resep dokter, maka hal tersebut telah melanggar peraturan yang berlaku. Obat ini tentu bisa menyebabkan kecanduan, karena obat ini bekerja dengan cara menekan sistem saraf pusat.

Adapun efek samping yang mungkin didapatkan bila mengonsumsi obat ini tanpa resep dokter diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Mengalami pusing yang hebat
  • Merasa depresi
  • Mengalami gangguan gerak tubuh akibat kerusakan saraf
  • Mengalami gangguan pada memori
  • Menjadi agresif
  • Mengalami berbagai gangguan pda psikologis

Obat ini juga sangat berisiko menyebabkan overdosis, koma dan kematian.

Nah sahabat Herbal TV, itulah beberapa efek samping Tramadol dan Riklona, dua obat yang ditemukan di tempat Lucinta Luna.

Artikel Lainnya

Back to top button
Close
Close