Parenting

Gejala Virus Corona Mirip Dengan Flu Biasa? Ini Cara Membedakannya

Belakangan ini, masyarakat dunia dilanda kekhawatiran yang begitu luar biasa akibat wabah virus corona atau COVID-19. Pasalnya, infeksi virus yang menyerang sistem pernapasan ini memiliki gejala yang mirip dengan flu biasa, namun berakibat sangat fatal. Lalu, sebenarnya adakah cara membedakan flu biasa dengan gejala virus corona? temukan jawabannya dengan menyimak ulasan berikut.

gejala virus corona mirip dengan flu biasa? ini cara membedakannya

Masyarakat Indonesia sejak kemarin di gemparkan dengan pengumuman Presiden RI Ir. Joko Widodo sekaligus Kemenkes RI di berbagai media cetak maupun visual. Beliau mengumumkan bahwa telah ditemukannya pasien dengan positif terinfeksi virus corona yang berdomisili di Depok. Setelah mendengar kabar tersebut, tak sedikit daripada masyarakat khususnya yang berada dekat dengan daerah tersebut merasa panik dan semakin takut akan ancaman penularan virus berbahaya ini.

Untuk itu, kita kini dituntut untuk lebih waspada dengan melakukan berbagai cara untuk cegah wabah virus corona semakin menyebar. Selain itu, Anda juga perlu mengetahui berbagai gejala virus corona yang disebut-sebut memiliki kemiripan dengan gejala flu biasa. Namun meski begitu, keduanya tetap memiliki perbedaan yang cukup signifikan.

Cara membedakan gejala virus corona dan flu biasa yang mudah

Pada dasarnya, baik flu bisa maupun COVID-19, disebabkan oleh virus yang menyerang saluran pernapasan manusia. Sehingga tak heran apabila keduanya disebut-sebut memiliki kemiripan dalam hal gejala. Hanya saja, kedua kondisi tersebut disebabkan oleh dua virus yang berasal dari golongan yang berbeda, serta memiliki karakteristik yang berbeda pula. Dan berikut sejumlah perbedaan diantara gejala flu biasa serta virus corona yang penting untuk Anda ketahui.

Flu Biasa

Flu biasa diketahui terjadi pada saat rhinovirus (virus penyebab flu) menyerang saluran pernapasan. Dan pada umumnya, keluhan yang dialami biasanya muncul dari hidung dan tenggorokan (saluran pernapasan atas). Adapun berbagai gejala yang umumnya terjadi saat seseorang mengalami flu ini adalah:

  • Mengalami bersin-bersin
  • Hidung tersumbat dan juga berair
  • Tenggorokan terasa sakit
  • Mengalami sakit kepala ringan
  • Disertai dngan batuk
  • Terkadang disertai dengan demam

Adapun gejala-gejala tersebut biasanya dapat muncul 1 – 3 hari setelah seseorang terpapar virus dari orang lain yang tengah sakit.

Virus corona atau COVID-19

Sama halnya dengan rhinovirus, virus corona juga menginfeksi saluran pernapasan. Oleh karena itu, tak sedikit orang yang terinfeksi virus corona mengalami gejala yang mirip dengan flu. Meski demikian, COVID-19 ini diketahui lebih sering menyebabkan keluhan pada saluran pernapasan bagian bawah. Dan setidaknya ada 3 gejala utama yang sering kali ditemukan pada pasien COVID-19. Diantaranya ialah demam, batuk serta sesak napas. Adapun selain itu, beberapa gejala yang kemungkinan dapat terjadi adalah:

  • Nyeri otot
  • Sakit kepala
  • Nyeri tenggorokan
  • Pilek
  • Diare
  • Mual dan muntah

Sedangkan pada kasus yang parah, infeksi COVID-19 ini juga bisa bisa menyebabkan komplikasi yang cukup serius. Diantaranya seperti sindrom gangguan pernapasan akut, pneumonia (infeksi paru) yang berat, edema paru hingga kegagalan fungsi organ-organ tubuh misal jantung.

Baca juga: 8 Jenis Makanan Yang Dapat Meningkatkan Kesehatan Jantung

Lalu, apakah pengobatan flu dan infeksi corona sama?

Meski gejalanya memiliki kemiripan, namun untuk pengobatan keduanya tidak bisa disamakan. Hal tersebut dkarenakan dua penyakit ini memang berbeda. Untuk flu sendiri umumnya dapat sembuh dalam kurun waktu 4-9 hari. Semakin bagus daya than tubuh, maka semakin cepat pula tubuh melawan rhinovirus. Oleh karena itu, kondisi ini akan lekas membaik dengan melakukan istirahat, makan serta minum air putih yang cukup. Jika perlu, Anda juga mengonsumsi obat untuk meredakan gejala flu yang Anda alami.

Sedangkan untuk pengobatan COVID-19 kini belum bisa diatasi secara maksimal. Lantaran hingga saat ini belum ditemukan pengobatan maupun vaksin yang benar-benar efektif untuk mencegah terjadinya infeksi COVID-19. Hanya saja, apabila gejala virus corona yang dialami mirip dengan flu, maka bisa diringankan dengan obat flu. Dan berikut ada beberapa cara yang dipercaya mampu meminimalisir resiko terkena infeksi virus corona:

  • Mencuci tangan dengan air dan sabun selama 20 detik.
  • Menggunakan masker setiap beraktivitas diluar rangan maupun tempat umum.
  • Memperbanyak mengonsumsi air putih.
  • Istirahat yang cukup.
  • Tidak menyentuh mata, hidung serta mulut dengan tangan kotor.
  • Hindari kontak dengan orang yang tengah mengalami batuk dan demam.

Infeksi virus corona sendiri sejatinya bisa menimbulkan gejala ringan hingga berat yang dapat mengancam nyawa. Dan gejala virus corona yang ringan bisa mirip dengan gejala flu biasa. Maka dari itu, semoga Anda bisa lebih jeli lagi untuk bisa membedakan gejala COVID-19 dan flu biasa dengan berbekal penjelasan yang telah kami paparkan diatas. Dan apabila Anda mengalami gejala flu lebih dari satu minggu yang disertai demam, ada baiknya Anda langsung memeriksakan diri ke pusat kesahatan agar diketahui penyebab sebenarnya. Salam sehat!

Artikel Lainnya

Back to top button
Close
Close