KesehatanParenting

Glenn Fredly Meninggal Karena Penyakit Meningitis, Waspadai Gejalanya!

glenn fredly meninggal

Ranah hiburan Indonesia tengah dirundung duka lantaran telah kehilangan salah satu musisi berbakatnya, Glenn Fredly yang meninggal dunia, Rabu (08/04/2020) malam, akibat penyakit meningitis yang dideritanya. Sebelum menghembuskan nafas terakhirnya, Glenn Fredly sempat mendapatkan perawatan intensif di RS Setia Mitra, Jakarta Selatan.

Menurut keluarga, Glenn Fredly masuk rumah sakit pada hari senin dengan kondisi yang cukup stabil, sehingga di rawat di ruang perawatan biasa. Hanya saja, sejak pagi kemarin kondisinya mulai drop sehingga dilarikan ke ICU, hingga ia meninggal dunia Rabu malam. lalu, sebenarnya apa itu meningitis? Dan apa saja gejalanya? simak selengkapnya dalam ulasan berikut.

Sekilas mengenal meningitis dan penyebabnya

penyebab dan gejala meningitis

Meningitis atau yang juga dikenal dengan penyakit radang selaput otak, merupakan kondisi peradangan yang terjadi pada meningen (lapisan pelindung pada otak dan saraf tulang belakang). Semua golongan usia diketahui memiliki potensi dpat terjangkit penyakit ini, termasuk bayi sekalipun. Apabila tidak ditangani dengan tepat, kondisi ini dapat semakin memburuk hingga memicu komplikasi seperti kejang dan gagal ginjal. Bahkan pada kondisi terburuk, penyakit ini bisa menyebabkan kematian.

Penyebab meningitis sendiri dapat dipicu oleh banyak faktor. Mulai dari infeksi bakteri, virus, jamur atau parasit. Sehingga meningitis terbagi ke dalam beberapa jenis. Dintaranya:

  • Meningitis virus. Jenis menigitis yang disebabkan oleh virus ini, biasanya dapat pulih dengan sendirinya. Meski begitu, dalam beberapa kasus, jenis meningitis ini memerlukan perawatan medis.
  • Meningitis bakterialis. Jenis meningitis ini disebabkan oleh bakteri. Pengobatan yang dilakukan biasanya ialah pemberian antibiotik atau kortikosteroid yang disesuaikan dengan jenis bakteri yang menyerang.
  • Meningitis jamur. Jenis meningitis yang disebabkan oleh jamur ini biasanya diatasi dengan obat antijamur yang diresepkan khusus sesuai tingkat keparahan yang dialami.

Dalam beberapa kondisi tertentu, melemahnya sistem imun tubuh juga diketahui mampu menjadi pemicu meningitis. Selain itu, bberapa faktor lainnya juga bisa memicu meningitis, mulai dari infeksi kuman, penyakit kanker dan lupus, serta efek samping obat juga operasi otak.

Tanda awal dan gejala penyakit meningitis yang perlu diwaspadai

Sejatinya, meningitis terkadang sulit untuk dikenali. Hal tersebut dikarenakan penyakit ini memiliki gejala awal menyerupai flu biasa, seperti demam dan juga sakit kepala. Namun gejala meningitis yang muncul dapat berbeda-beda, tergantung pada tipe, usia juga tingkat keparahan yang pasien alami. Adapun gejala yang umumnya dialami oleh asien meningitis diatas umur 2 tahun diantaranya ialah:

  • Demam tinggi
  • Leher terasa kaku
  • Sakit kepala berat
  • Mengalami kejang
  • Sensitif terhadap cahaya
  • Menjadi sulit untuk berkonsentrasi
  • Tidur yang terlalu lelap
  • Mengalami ruam
  • Nafsu makan yang berkurang

Sedangkan gejala meningitis pada bayi atau anak-anak dibawah usia 2 tahun, beberapa tanda dan gejala yang muncul umumnya sama sdengan gejala pada penderita meningitis berusia diatas 2 tahun. Hanya saja tedapat gejala lainnya yang lebih spesifik. Diantaranya seperti bayi yang rewel atau terus menangis, serta munculnya benjolan di kepala. Saat gejala tersebut muncul, pasien sebaiknya segera mendapatkan penanganan yang tepat.

Nah itulah berbagai penyebab dan gejala penyakit meningitis yang harus kita waspadai sejak dini. Terimakasih telah menyiak informasi dari kami hingga selesai. Kami segenap tim herbaltv.co.id turut berbela sungkawa atas meninggalnya musisi kenamaan Indonesia Glenn Fredly. Semoga semua amal ibadahnya diterima di sisi Tuhan yang maha Kuasa dan keluarga yang ditinggilkan diberi kekuatan dan ketabahan. Aamiin.

Artikel Lainnya

Back to top button
Close
Close