Video Kesehatan

Glenn Fredly Meninggal, Waspada Penyebab Penyakit Meningitis

Penyebab Penyakit Meningitis – Kabar duka datang dari penyanyi terkenal tahan air Glenn Fredly, beliau belum lama ini dikabarkan meninggal dunia pada 8 April 2020 tepat diusianya yang ke 44 tahun. Pihak keluarga sendiri yang mengkonfirmasi bahwa meninggalnya musisi asal ambon, maluku tersebut itu disebabkan oleh penyakit meningitis.

Meningitis sendiri merupakan sebuah peradangan pada selaput yang mengelilingi otak dan sumsum tulang belakang. Pembengkakan yang diakibatkan oleh meningitis biasanya akan menimbulkan gejala seperti sakit kepala, kaku pada leher, serta demam. Hampir sebagian besar kasus dari penyakit meningitis ini disebabkan oleh infeksi virus, akan tetapi untuk yang disebabkan oleh infeksi bakteri, parasit dan jamur ini adalah penyebab lainnya dari kondisi ini.

Melansir dari berbagai sumber bahwa gejala dari meningitis dini bisa menyerupai flu atau influenza. Dan gejalanya ini bisa berkembang selama beberapa jam ataupun beberapa hari. Gejala maupun tanda yang mungkin terjadi pada orang yang lebih tua diantaranya :

  1. Tiba tiba mengalami demam yang tinggi
  2. Leher yang kaku
  3. Mengalami sakit kepala yang parah
  4. Mengalami sakit yang disebabkan mual dan muntah
  5. Sulit untuk berkonsentrasi dan kebingungan
  6. Mengalami Kejang
  7. Sulit bangun atau merasa kantung
  8. Adanya sensitif terhadap cahaya
  9. Tidak merasa haus dan tidak nafsu makan
  10. Adanya ruam pada kulit

Penyebab Penyakit Meningitis

Meningitis merupakan penyakit yang diakibatkan oleh bakteri yang serius dan dapat berakibat fatal dalam beberapa hari bila tanpa adanya perawatan antibiotik yang tepat. Dan untuk perawatan yang tertunda juga bisa meningkatkan adanya kerusakan pada otak secara permanen atau kematian. Infeksi virus ini merupakan penyebab yang paling umum dari penyakit meningitis, dan diikuti oleh adanya infeksi bakteri dan jamur. Karena infeksi bakteri yang satu ini bisa mengancam nyawa maka dengan mengindikasi penyebabnya sangatlah penting.

Bakteri Meningitis

Bakteri yang telah memasuki aliran darah dan melakukan perjalanan menuju otak dan sumsum tulang belakang bisa menyebablan penyakit meningitis bakteri akut. Akan tetapi, ini juga bisa terjadi pada saat bakteri langsung menyerang meninges atau selaput otak. Kondisi ini bisa disebabkan oleh infeksi telinga atau sinus, fraktur tengkorak atau telah menjalani operasi otak. Dan berikut ini beberapa diantaranya bakteri yang bisa menyebabkan meningitis bakteri akut :

  • Neisseria Meningitidis (Meningococcus).
    Bakteri yang satu ini merupakan penyebab utama dari meningitis bakteri. Bakteri yang umumnya menyebabkan infeksi saluran pernapasan atas namun juga bisa menyebabkan meningitis meningokokus pada saat mereka telah memasuki aliran darah. Ini juga merupakan infeksi yang sangat menular yang bisa menyerang remaja dan dewasa.
  • Treptococcus Pneumoniae (Pneumococcus).
    Bakteri ini juga adalah penyebab utama dari meningitis bakteri pada bayi, anak kecil dan orang dewasa. Ini lebih sering untuk menyebabkan infeksi pneumonia atau penyakit sinus. Dan vaksin bisa diberikan guna mencegah dari infeksi ini .
  • Haemophilus Influenzae (Haemophilus).
    Bakteri Haemophilus influenzae tipe B (Hib) sempat menjadi salah satu penyebab utama dari meningitis bakteri yang terjadi pada anak anak. Tetapi dengan adanya vaksin Hib yang baru, maka berhasil mengurangi jumlah kasus meningitis untuk jenis yang satu ini.
  • Listeria Monocytogenes (Listeria).
    Bakteri yang satu ini bisa kita temukan pada keju yang mana tidak dipasteurisasi. Untuk perempuan hamil, bayi baru lahir, dan orang dewasa yang lebih tua serta untuk orang dengan sistem kekebalan tubuhnya lemak sangatlah rentang untuk terkena bakteri ini. Bakteri listeria ini bisa melewati penghalang dari plasenta, dan infeksi yang terjadi pada akhir kehamilan bisa berakibat fatal pada bayi.

Baca Juga : Glenn Fredly Meninggal Karena Penyakit Meningitis, Waspadai Gejalanya!

Artikel Lainnya

Back to top button
Close
Close