Video Kesehatan

Hanya Kebetulan ? Ini 3 Wabah Virus yang Terjadi Di Angka Tahun 20

3 Wabah Virus yang Terjadi Di Angka Tahun 20 – Virus corona yang sedang mewabah saat ini mungkin menjadi salah satu wabah virus terbesar yang terjadi di era modern ini, akan tetapi perlu untuk diketahui karena pada kenyataannya ada wabah yang serupa terjadi dimasa lampau. Dan 3 wabah virus mematikan yang sebelumnya terjadi ini hadir di angka tahun yang sama yakni 20 atau bisa dikatakan 100 tahun sekali.

Di kutip dari knowledgetime, COVID-19 atau virus corona saat ini merupakan wabah pandemik yang mematikan terbesar ke empat sejak pertama kali muncul pada tahun 1720 silam. Bila diamati virus pendemik yang terjadi dalam sejarah manusia saat ini tercatat datang setiap 100 tahun sekali, dan uniknya dialami di tahun dengan dua angka pada tahun terakhirnya adalah 20.

3 Wabah Virus yang Terjadi Di Angka Tahun 20

Lantas apa sajakah wabah virus mematikan yang pernah terjadi tersebut berikut diantaranya :

  1. Pada tahun 1720 Terjadi Wabah Marseille
    Sebuah wabah besar mematikan pernah terjadi pada tahun 1720 dan ini disebut dengan wabah penyakit pes atau dikenal juga dengan The Great Plague of Marseille. Tercatat wabah ini berhasil membunuh sekitar 100 ribu orang di Marseille, Prancis.

    Dari keterangan penyakit ini awal mulanya disebarkan oleh lalat yang terinfeksi dengan virus ini dan kemudian dibawa ke manusia.

    Meski angka kematian dari wabah ini cukup besar, namun berhasil pulih kembali dengan cepat serta aktifitas ekonomi juga pulih dalam beberapa tahun dikarenakan adanya perdagangan Hindia Barang dan Amerika Latin.
  2. Wabah Pendemik Kolera Terjadi Pada Tahun 1820
    100 tahun sejak terjadinya wabah virus Marseille, terjadi kembali wabah virus kolera pada tahun 1820. Dan penyebarannya di Asia untuk wilayah Asia Tenggara sendiri negara yang paling terdampak virus ini adalah Thailand, Indonesia, dan Filipina.

    Dicatat telah adanya sekitar 100.000 orang di Asia meninggal akibat adanya bakteri virus ini. Pandemik kali ini berawal dari adanya kualitas air minum dari danau yang mana telah terkontaminasi dengan bakteri tersebut.
  3. 1920 Wabah Pandemik Flu Spanyol
    Wabah virus flu spanyol ini merupakan wabah penyakit yang menjadi cikal bakal dari terjadinya virus flu H1N1 yang mana telah mengalami mustasi genetik, dan ini adalah wabah virus paling berbahaya dibandingkan virus normal lainnya.

    Flu Spanyol telah menginfeksi 500 juta orang dan telah membunuh sekitar 100 juta orang di dunia. Pandemik yang satu ini dikenal sebagai wabah virus terbesar yang paling mematikan dalam sejarah manusia. Bahkan untuk virus corona yang saat ini terjadi tidak ada apa apanya bila dibandingkan dengan wabah ini.
  4. Virus Corona Tahun 2020
    Tepatnya 100 tahun sejak adanya flu spanyol, sebuah virus kembali hadir di Wuhan China dengan nama virus corona. Wabah virus yang sudah menewaskan kurang lebih 3000 manusia, dan telah menginfeksi sekitar 100.000 orang diseluruh dunia. Wabah virus corona yang baru ini semakin merajalela. Untuk setiap harinya saja, jumlah orang terinfeksi telah meningkat 3 kali lipat dan dan ditambah dengan angka kematian yang terus bertambah.

Lantas apakah 3 Wabah Virus yang Terjadi Di Angka Tahun 20 terjadi secara kebetulan ? Karena jika diperhatikan wabah pandemik mematikan ini selalu terjadi 100 tahun sekali, lalu apa yang sebenarnya yang sedang terjadi ? Cukup hanya Tuhan yang tahu segalanya.

Baca juga : 6 Fakta Manfaat Pohon Kina Selain Diduga Efektif Atasi COVID-19

Artikel Lainnya

Back to top button
Close
Close