Parenting

Jangan Panik, 5 Cara Ini Efektif Turunkan Demam Pada Bayi Di Rumah

Setiap orang pasti pernah mengalami demam. Tak hanya dewasa, demam juga bisa dialami oleh anak-anak termasuk bayi sekalipun. Jika kondisi ini terjadi pada bayi Anda, sebaiknya jangan panik terlebih dahulu. Sebelum Membawanya ke dokter, Anda bisa mencoba terlebih dahulu menurunkan demamnya dengan melakukan beberapa langkah penanganan pertama di Rumah. Seperti dengan melakukan 5 cara menurunkan demam pada bayi secara alami berikut.

demam pada bayi

Tak sedikit orang tua yang langsung merasa panik saat mendapati buah hatinya mengalami demam dengan suhu tubuh yang cukup tinggi. Anda sebaiknya tidak perlu tergesa-gesa membawanya ke dokter saat menghadapi situasi semacam tersebut. Secara medis, bayi dikatakan mengalami demam apabila suhu tubuhnya mencapai 38 derajat celcius Bahkan lebih.

Demam sendiri sejatinya merupakan suatu gejala atau pertanda bahwa tubuh si kecil tengah melawan penyakit dan menjadi bukti bahwa sistem imunitas tubuhnya bekerja dengan baik. Selain itu, demam juga dapat menyerang, apabila ia terlalu lama beraktivitas di luar ruangan saat cuaca panas. Untuk itu, Anda tidak perlu khawatir secara belebihan apabila suhu tubuh bayi panas, namun ia tetap terlihat aktif dan juga masih mau minum susu.

5 Cara efektif mengatasi demam pada bayi secara alami di rumah

Berikut adalah berbagai cara yang dipercaya ampuh untuk menurunkan panas pada bayi secara alami.

1. Turunkan demam pada bayi dengan Kompres

Langkah pertama untuk menurunkan demam pada bayi adalah dengan melakukan kompes. Saat si kecil tidur, Anda bisa kompres bagian dahi dengn lap basah. Bisa juga diletakkan pada area lipat ketiak dan juga sekitar lipat paha.

2. Berikan asuan cairan yang cukup

Saat di kecil mengalami demam, pastikan tubuhnya terhidrasi dengan baik. Caranya, berikan ia asupan cairan yang cukup, misal ASI atau susu formula. Selain itu, apabila si kecil sudah menonsumsi makanan lainnya selain ASI, pastikan asupan nutrisinya juga tercukupi.

3. Gunakan pakaian tipis

Apabila saat suhu tubuh si kecil tnggi ia mengenakan pakaian tebal, maka lepaskan. Biarkan ia menggunakan satu lapis pakaian saja dan astikan pakaian tersebut nyaman ia kenakan. Apabila ia kedinginan, pakaikanlah selimut.

4. Menjaga suhu kamar tetap sejuk

Pastikan suhu kamar Anda sejuk. Apabila terasa panas, maka gunakan penyejuk udara atau kipas angin. Hanya saja jangan terlalu kencang dan jangan diarahkan pada si kecil secara langsung.

5. Manfaatkan bawang merah

Selain menjadi bumbu dapur, bawang merah ternyata memiliki beberapa kandungan yang baik bagi kesehatan salah satunya, mampu menurunkan demam pada bayi. Adapun berbagai kandungannya diantaranya adalah minyak atsiri, sikloaliin, metilaliin, kaemferol, kuertesin dan floroglusin.

Adapun untuk cara memanfaatkannya, Anda bisa kupas 5 siung bawang merah. Setelah itu, paut kasar dan tambahkan minyak kelapa secukupnya. Balurkan parutan bawang merah tersebut ke ubun-ubun juga seluruh badan bayi.

Kondisi demam ini harus Anda waspadai!

Selain melakukan berbagai cara menurunkan demam diatas, sebaiknya si kecil segera larikan ke pusat kesehatan terdekat apabila si kecil mengalami beberapa kondisi seperti berikut:

  • Si kecil masih berusia 3 bulan dan mengalami demam higga suhu tubuhnyamencapai 38 derajat celsius bahkan lebih.
  • Bayi berusia 3-6 bulan mengalami demam dengan suhu tubuh mencapai 39 derajat celsius bahkan lebih.
  • Suhu tubuh si kecil tidak kunjung turun dan berlangsung lebih dari 5 hari.
  • Demam di sertai muntah juga diare.
  • Demam memicu dehidrasi pada bayi, yang ditandai dengan mulut dan popok kering hingga menagis tanpa keluarnya air mata.
  • Bayi mengalami ruam merah.
  • Si kecil tak kunjung berhenti menangis tak seperti biasanya.
  • Bayi alami kejang.

Nah itulah berbagai cara menurunkan demam pada bayi secara alami di rumah dari tim herbaltv.co.id. Apabila berbagai cara diatas tidak memantu menurunkan suhu tubuh sikecil dalam 24 jam, sebaiknya segera bawa si kecil ke dokter anak atau bidan terekat. Pastikan Anda tidak memberikan obat oral apapun tanpa resep dokter. Semoga bermanfaat!

Artikel Lainnya

Back to top button
Close
Close