KesehatanVideo Kesehatan

Jenis – Jenis Masker Untuk Membantu Mencegah Virus COVID-19

Herbal TV – Masker sudah menjadi barang yang cukup langka pada saat ini. Jikalau adapun, maka harganya akan sangat melambung tinggi. Hal ini terjadi karena banyak masyarakat berbondong-bondong membeli masker akibat merebaknya pandemi virus COVID-19. Selain itu, banyak juga pedagang nakal yang membeli masker besar-besaran dan menimbunnya, untuk dijual dengan harga fantastis dikemudian hari. Sebenarnya ada banyak jenis masker yang bisa dipilih, untuk membantu tubuh melindungi diri dari berbagai jenis virus dan bakteri berbahaya. Jadi, selain menggunakan masker bedah, kamu juga bisa menggunakan alternatif masker lain untuk perlindungan diri.

Nah sebenarnya apa saja sih jenis-jenis masker yang bisa digunakan sekarang ini? Mari kita simak penjelasannya dibawah ini :

  1. Masker Pitta
    Anda pasti sering melihat jenis masker ini di drama-drama Jepang dan Korea. Ya, masker jenis ini memang sangat populer dikalangan warga-warga Jepang dan Korea. Bagi kamu yang ingin melindungi diri dari virus, masker ini tidak disarankan, karena tidak memiliki fasilitas penyaringan didalamnya. Tapi, jika kamu hanya ingin melindungi diri dari debu dan polusi, maka kamu bisa mengandalkan tipe masker yang satu ini. Selain terlihat bergaya, kamu juga bisa sekaligus melindungi paru-paru dari partikel-partikel debu dijalan.
  2. Surgical Mask
    Surgical mask atau sering disebut sebagai masker bedah, merupakan jenis masker yang paling umum kita temui saat ini. Terdiri dari 3 lapisan, lapisan berwarna berguna sebagai pencegah partikel berbahaya masuk, lapisan kedua berguna untuk menyaring kembali dan lapisan ketiga berfungsi untuk menyerap. Makser yang satu ini, harganya cukup murah, namun di era merebaknya pandemi CoVID-19, harga masker inipun melonjak tinggi. Sangat sulit untuk menemukan masker ini di apotik-apotik karena sering kehabisan.
  3. N95 Mask
    Masker N95 merupakan masker respirator yang cukup populer. Masker yang satu ini diketahui mampu menyaring partikel-partikel berbahaya di udara hingga 95%. Namun, sama dengan masker bedah, masker N95 juga sudah mulai langka dipasaran.
  4. Masker N955 hingga N100
    Masker ini merupakan upgrade dari masker sebelumnya. Sesuai dengan namanya, masker ini diklaim mampu menyaring partikel udara berbahaya hingga 99% dan 100%.
  5. Masker P95
    Selain masker berinisial N, kamu juga bisa menemukan masker dengan inisial P. Makser respirator ini, selain bisa menghalau virus dan bakteri, ia juga bisa melindungi kita dari partikel minyak seperti partikel cat, partikel bensin, dll.
  6. Masker Gas
    Sepintas, bentuk dari masker ini terlihat misterius. Masker ini dibuat dengan bahan yang cenderung keras, sehingga jarang digunakan oleh masyarakat awam. Namun memang, masker jenis ini bahkan bisa melindungi kita dari racun udara berbahaya.

Artikel Lainnya

Back to top button
Close
Close