KesehatanVideo Kesehatan

Kenali Gejala Kanker Tenggorokan Seperti Yang Diidap Ibunda Jokowi

Herbal TV – Ibunda Presiden Indonesia Joko Widodo yang bernama Sujiatmi Notomihardjo dikabarkan telah meninggal dunia pada hari Rabu, tanggal 25 Maret 2020. Berdasarkan keterangan yang diberikan oleh Presiden Joko Widodo, diketahui, mendiang memiliki riwayat penyakit kanker tenggorokan. Penyakit kanker tersebut diderita oleh Ibu Sujiatmi selama empat tahun terakhir. Segala bentuk pengobatan dan ikhtiar telah dilakukan oleh keluarga, namun memang Tuhan telah berkehendak lain. Nah sebenarnya, apa itu penyakit kanker tenggorokan? Apa saja gejala kanker tenggorokan? Mari kita simak penjelasannya berikut ini!

Apa Itu Kanker Tenggorokan?

Kanker tenggorokan adalah kanker yang menyerang sel-sel di daerah tenggorokan seperti kotak dan pita suara, tonsil, dan bagian tenggorokan lainnya. Pada dasarnya, kanker tenggorokan dibagi menjadi dua bagian, yaitu kanker faring dan kanker laring. Kanker jenis ini merupakan jenis kanker yang tidak umum jika dibandingkan dengan jenis kanker lain.

Kanker faring sendiri adalah kanker yang menyerang bagian faring di tenggorokan. Faring sendiri merupakan saluran pipa yang ada dalam tenggorokan. Jenis kanker yang menyerang bagian ini diantaranya adalah kanker nasofaring, kanker orofaring dan kanker hipofaring.
Selain kanker faring, ada juga yang disebut sebagai kanker laring. Jika kanker faring menyerang bagian faring tenggorokan, maka kanker laring menyerang bagian kotak suara seperti pita suara, dan lain sebagainya.

Gejala Kanker Tenggorokan

Adapun gejala-gejala yang mungkin muncul saat mengalami kanker tenggorokan diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Adanya perubahan pada suara yang keluar dari tenggorokan. Gejala pertama yang mungkin terjadi pada kasus kanker tenggorokan adalah berubahnya suara seseorang. Hal ini bisa dibarengi dengan sakit pada daerah tenggorokan
  • Hal lain yang mungkin terasa adalah dysphagia atau kesulitan saat menelan. Selain merasa kesulitan untuk menelan, penderita juga sering merasa harus membersihkan tenggorokannya karena terasa ada yang mengganjal.
  • Adanya benjolan yang cukup besar di area leher
  • Sering batuk-batuk, pada beberapa kasus, penderita bisa mengalami batuk berdarah
  • Berat badan turun secara drastis
  • Telinga terasa sakit dan berdengung.

Itulah beberapa gejala kanker tenggorokan yang sering dialami oleh para penderita.

Artikel Lainnya

Back to top button
Close
Close