ManfaatPilihan Editor

Tak Hanya Mengusir Jin, Ini 5 Khasiat Daun Bidara Bagi Kesehatan

Telah sejak lama, khasiat daun bidara sering dikaitkan dengan pengobatan nopn medis. Seperti menjadi pengusir jin dan lainnya. Sebetulnya jika ditunjau secara klinis, tanaman ini juga mengandung banyak sekali senyawa alami yang baik bagi kesehatan. Ingin tahu informasi selengkapnya? Sebaiknya Anda terus simak ulasan singkat dari tim herbal Tv Berikut ya.

Mengenal Daun Bidara dan kandungan nutrisi di dalamnya

khasiat daun bidara

Bidara atau widara merupakan sejenis tumbuhan semak belukar, yang biasanya tumbuh ditempat kering atau daerah dengan curah hujan sedikit. Pohonnya sediri dapat tumbuh dengan ketinggian 6-15 meter, dengan banyak cabang yang disertai duri disetiap bagian kayunya. Tumbuhan yang memiliki nama latin ziziphus mauritiana ini juga diketahui menghasilkan buah yang dapat dikonsumsi bahkan bermanfaat bagi kesehatan.

Tak hanya buah, daun bidara juga dikenal memiliki manfaat secara medis hingga mistis. Daun bidara yang umumnya memiliki bentuk bulat dan lonjong ini terdiri dari berbagai komposisi kimiawi. Diantaranya seperti flavonoid, protein, asam amilo, alkoloid, glikosida, terpenoid, saponin, serat, tanin juga senyawa felonik. Daun bidara juga memiliki khasiat luar biasa dikarenakan menunjukkan sifat antioksidan, imunostimulan, sitoprotektif, hepatoprotetor serta aktivitas farmakologis lainnya.

Manfaat dan khasiat daun bidara bagi kesehatan tubuh

manfaat daun bidara

Sejatinya, ada beberapa jenis daun bidara sesuai dengan nama negara asalnya. Diantaranya seperti daun bidara arab, daun bidara cina dan daun bidara India. Meski begitu untuk kandungan dan manfaatnya sama saja untuk kesehatan. Diantaranya seperti:

1. Khasiat daun bidara untuk kesehatan jantung

khasiat daun bidara untuk jnatung

Salah satu manfaat daun bidara bagi kesehatan yakni mampu menjaga kesehatan jantung. Seperti yang kita ketahui bersama bahwasannya penyakit jantung beragam, dengan penyebab yang beragam pula. Adapun salah satu faktor yang mempengaruhi jantung adalah pola makan. Dan salah satu makanan yang baik untuk jantung sendiri ialah daun bidara. Adapun untuk itu, Anda bisa mengonsumsi air rebusan daun bidara secara teratur.

2. Mempercepat penyembuhan luka

Khasiat dari daun bidara lainnya juga diketahui mampu mempercepat penyembuhan luka. Kandungan antiinflamasi juga antibakteri yang terdapat didalamnya mampu menyembubhkan luka seperti luka sayatan, lecet atau goresan menjadi semakin cepat. Selain itu, kandungan glikosida didalamnya juga dapat membantu menyembuhkan luka bakar sekaligus bekasnya pada kulit. Kemampuan daun bidara tersebut berasal dari kemampuannya yang dapat mempercepat regenerasi kulit.

3. Mamampu mencegah infeksi saluran pencernaan

Daun bidara diketahui memiliki kemampuan untuk mengeluarkan berbagai racun yang bersarang di pencernaan. Sehingga, mampu mencegah terjadinya infeksi pada saluran pencernaan. Selain dari pada itu berbregai resiko gangguan pencernaan juga bisa bisa iatasi dengan tanaman obat herbal ini. Adapun untuk mendapatkan manfaatnya, Anda bisa langsung meminum air rebusan daunnya, mengonsumsi buahnya ataupun mengonsumsi teh daun bidara yang kini telah banyak di jual di pasaran.

4. Khasiat daun bidara untuk menurunkan kolesterol tinggi

Manfaat daun bidara untuk menurunkan kolesterol tinggi

Manfaat daun bidara juga mampu mengikat kolesterol dalam sistem pencernaan dan membuangnya melalui feses dengan kandungan serat yang dimilikinya. Hal tersebut pada akhirnya apat memberikan dampak penurunan pada kadar kolesterol Anda. Untuk dapat merasakan khasiat yang satu ini, Anda bisa mengonsumsi air rebusan daun bidara secara teratur dan tidak berlebihan.

5. Jaga kesehatan rambut dengan daun bidara

Manfaat daun bidara untuk rambut ini juga tidak bisa disepelekan. Adapun untuk cara menggunakan daun bidara untuk merawat rambut ini bisa dilakukan dengan menjadikan air rebusan daun bidara sebagai hair tonic. Dengan begitu, rambut Anda akan menjadi lebih kuat dan terhindari dari masalah keruksakan dan kerontokan.

6. Membantu menurunkan berat badan yang efektif

Menurunkan berat badan yang efektif

Mengonsumsi daun bidara diketahui mampu memberikan rasa kenyang lebih lama juga membantu proses pembakaran lemak. Sehingga daun ini di klaim mampu menurunkan bobo berat badan Anda. Adapun untuk cara menggunakannya sendiri ialah dengan meminum teh daun bidara maupun air rebusan daun biodara yang sebelumnya sudah direndam selama semalaman.

7. Manfaat daun biadara untuk menunkan resiko diabetes

Meminum air rebusan daun bidara secara rutin juga diketahui mampu menurunkan kadar gula darah tinggi. Selain mengonsumsi air rebusan daun bidara, penderita diabetes juga diwajibkan agar mengurangi konsumsi karbohidrat dan gula guna menstabilkan kadar gula darah.

8. Mengobati wasir dengan alternatif daun bidara

Meski bukan penyakit mematikan, tetap saja wasir dapat mengganggu serta menyiksa penderitanya. Untuk mengatasinya secara alami, Anda bisa memanfaatkan daun biodara. Untuk cara penggunaannya sendiri, Anda bisa meminum air rebusannya secara rutin, juga mengaplikasikan daun biadara secara langsung pada bagian anus yang mengalami pembengkakan.

Itulah berbagai khasiat dari daun bidara. Sehingga sekarang Anda mengetahui, bahwa tak hanya untuk mengusir gangguan jin, daun bidara juga faktanya memiliki segudang kebaikan bagi kesehatan. Bahkan dalam ajaran islam, daun bidara merupakan salah satu jenis obat yang namanya disebut dalam alquran dan anjuran Rasulullah untuk pengobatan.

Selain dari pada manfaat yang telah di paparkan diatas. Ternyata masih banyak lagi manfaat daun bidara untuk kesehatan bahkan kecantikan, yang mungkin akan kami paparkan secara singkat. Diantaranya ialah baik untuk promil, mampu mengatasi ejakulasi dini, eksim, HIV, herpes, menghilangkan bakteri hingga mengatasi jerawat

Artikel Lainnya

Back to top button
Close
Close