Manfaat

Menderita Hipertensi? Ini 10 Makanan Penurun Darah Tinggi Yang Cepat

Membatasi asupan garam ternyata bukanlah satu-satunya langkah penting yang bisa dilakukan guna menjaga tekanan darah tetap sehat, khususnya pada penderita tekanan darah tinggi. Selain dari pada itu, masih banyak lagi hal lainnya yang bisa dilakukan agar tekanan darah tetap terkontrol, salah satunya menerapkan pola makan sehat. Berikut akan kami informasikan berbagai jenis makanan penurun darah tinggi yang cepat dan sehat untuk dikonsumsi oleh penderita hipertensi. Selengkapnya simak dalam ulasan berikut.

makanan sehat untuk penderita hipertensi

Tekanan darah tinggi atau yang lebih familiar disebut dengan penyakit hipertensi merupakan salah satu masalah kesehatan yang sering kali muncul secara diam-diam. Bahkan sulit untuk mengetahui seseorang terkena hipertensi tanpa mengukur tekanan darah. Seseorang dapat dikatakan menderita tekanan darah tinggi apabila tekanan darah yang dimiliki melambung tinggi diatas tekanan darah normal, yakni 120/80 mg/dl.

Tak sedikit faktor yang menjadi penyebab hipertensi. Mulai dari usia, gender, ras, keturunan hingga faktor lainnya yang masih bisa dikondisikan seperti olahraga dan diet. Selain pengobatan dan pengurangan asupan garam, masih banyak lagi faktor pendorong agar tekanan darah turun atau terkontrol dengan baik pada penderita hipertensi. Salah satunya dengan memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi. Karena nyatanya ada beberapa jenis makanan sehat bagi penderita tekanan darah tinggi yang bagus dikonsumsi.

Jenis makanan penurun darah tinggi yang cepat dan sehat

makanan penurun darah tinggi

Pada dasarnya, makanan yang dapat mengontrol tekanan darah tinggi mengandung berbagai macam nutrisi seperti potasium, magnesium, serat dan juga sodium rendah. Tak sedikit para ahli yang merekomendasikan pola makan untuk penderita tekanan darah tinggi adalah DASH atau Dietary Approaches to Stop Hypertension. Prinsipnya, penderita perlu meningkatkan asupan nutrisi, mengurangi garam dan mengurangi lemak jenuh.

Dan berikut adalah berbagai aneka minuman dan makanan penurun makanan dan minuman yang sehat bagi ibu hamil sekalipun.

1. Produk olahan susu rendah lemak

Susu rendah lemak diketahui kaya akan kalsium dan rendah lemak. Perpaduan zat ini sangat baik dalam membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Apabila Anda tidak menyukai susu segar, Anda bisa menggantinya dengan olahan susu rendah lemak seperti yogurt.

2. Pisang

Siapa yang tak kenal dengan buah yang kaya akan kandungan potasium ini. Ya, pisang merupakan buah yang dapat membantu tekanan darah tetap stabil berkat kandungan yang dimilikinya. Anda bisa mengonsumsi buah ini secara langsung maupun sebagai campuran dalam oatmel untuk sarapan.

3. Buah bit

Kandungan nitrat yang terdapat didalamnya menyebabkan buat bit termasuk ke dalam buah penurun darah tinggi menurut kesehatan. Bahkan sebuah penelitian membuktikan, bahwasannya jus bit mampu menurunkan tekanan darah hanya dalam waktu sehari semalam saja.

4. Oatmeal

Gandum utuh seperti oatmeal juga merupakan makanan yang baik untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Hal tersebut karena makanan sehat ini rendah lemak, tinggi serat serta rendah natrium (geram).

5. Ikan

Sebaiknya Anda memilih ikan yang mengandung asam lemak omega-3, seperti halnya ikan salmon. Kandungan asam lemak omega-3 inilah yang memiliki peranan untuk menurunkan tekanan darah.

6. Sayuran hijau

Makanan penurun darah tinggi alami yang satu ini mampu membantu ginjal dalam mengeluarkan sodium dalam urin. Hal ini tentunya dapat membantu menurunkan tekanan darah. Adapun berbagai sayuran tersebut diantaranya adalah selada, arugula, kubis, lobak hijau, sawi, bayam dan sayuran hijau lainnya.

7. Buah beri

Jenis buah yang satu ini, terutama bluberi diketahui kaya akan senyawa alami yang bernama flavonoid. Adapun sebuah penelitian menujukkan bahwasannya mengonsumsi senyawa flavonoid mampu mencegah hipertensi dan membantu menurunkan tekanan darah. Selain bluberi, buah beri lainnya yang dapat dikonsumsi untuk menurunkan tekanan darah tinggi ialah stroberi, raspberi dan bluberi. Anda bisa mengonsumsinya secara langsung sebagai cemilan, maupun mencampurnya dengan sereal atau granola untuk sarapan di pagi hari.

8. Biji-bijian

Biji-biajan tanpa garam diketahui mengandung kalium, magnesium serta mineral yang mana dikenal mampu mengurangi tekanan darah. Anda bisa menikmati secangkir biji hunga matahari atau biji labu sebagai camilan di sela waktu makan.

9. Coklat hitam

Pada sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2015 terungkap, bahwasannya mengonsumsi 100 gr coklat hitam perhari mampu menurunkan resiko terserang penyakit kardiovaskular (CVD). Hal tersebut karena cokelat hitam sendiri mengandung 60% kakao murni dan kadar gula yang lebih rendah daripada cokelat pada umumnya. Anda bisa menambahkan cokelat hitam pada yogurt plain ataupun menikmatinya dengan berbagai buah beri.

10. Buah delima

Kandungan zat polifenol yang bersifat antioksidan didalam delima menjadi alasan, mengapa buah ini termasuk ke dalam salah satu makanan penurun darah tinggi. Zat tersebut sendiri sangat dibutuhkan tubuh guna mencegah terbentuknya radikal bebas, yang mana mampu mengganggu aliran darah. Karena jika dibiarkan, dapat menyebabkan pembuluh darah tersumbat, yang mana pada akhirnya memcu tekanan darah menjadi naik.

Pada riset yang dilaporkan dalam Clinical Nutrition membuktikan, bahwasannya jus delima mampu menurunkan tekanan sistolik hingga 21%. Dan pada penelitian yang diterbitkan dalam Phytotherapy Research juga mengungkapkan, bahwasannya 21 pasien hipertensi yang diberikan jus delima selama dua minggu mengalami penurunana tekanan darah yang cukup drastis. Sehingga ini membuktikan bahwa delima memang buah penurun tekanan darah tinggi yang baik dikonsumsi oleh penderita hipertensi.

Baca juga: 8 Cara Mengobati Tekanan Darah Tinggi Dengan Bahan Alami

Nah itulah informasi yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini terkait berbagai makanan penurun tekanan darah tinggi yang baik dikonsumsi, khususnya oleh penderita hipertensi. Namun selain apa yang telah kami paparkan diatas, ternyata masih banyak lagi makanan sehat lainnya yang mengandung nutrisi baik untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Diantaranya seperti minyak zaitun, minyak ikan, kacang pisatasio dan rempah seperti bawang putih, kayu manis yang mana khasiatnya disebut-sebut sebagai obat herbal penurun darah tinggi yang aman. Semoga bermanfaat!

Artikel Lainnya

Back to top button
Close
Close